TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ulat Buah Termakan saat Hamil, Apakah Berbahaya? Ini Faktanya!

Sering kali ibu hamil baru menyadarinya saat ulat buah sudah terkunyah atau bahkan tertelan

freepik/bristekjegor

Apakah Mama pernah tanpa sengaja memakan ulat kecil yang ternyata berada di dalam buah? Mungkin hal tersebut baru bisa Mama sadari ketika ulat kecil tersebut sudah dalam keadaan terkunyah atau bahkan tertelan. 

Geli dan kaget sudah pasti dirasakan oleh Mama. Setelah itu, mungkin akan muncul rasa khawatir dan memikirkan dampak buruk apa yang terjadi, terlebih jika Mama sedang dalam keadaan mengandung.

Ibu hamil pasti akan langsung mengkhawatirkan janin di dalam kandungan. Lantas, apakah berbahaya jika ulat buah tidak sengaja termakan oleh ibu hamil?

Untuk pembahasan selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkumnya khusus untuk Mama. 

1. Ulat Buah Termakan saat Hamil, Apakah Berbahaya?

freepik/pvproductions

Jika ibu hamil tidak sengaja menelan ulat yang terdapat dalam buah, tidak perlu khawatir, ya! Berdasarkan Food and Drug Administration (FDA), ulat buah terbilang aman jika tidak sengaja dikonsumsi.

Tak hanya ulat buah, FDA juga mengungkapkan sejumlah hewan lainnya yang masuk kategori aman jika tidak sengaja termakan dalam jumlah sedikit. Di antaranya adalah lalat buah, tungau, kumbang kacang, kutu daun, dan bahkan belatung.

2. Sistem pencernaan manusia memiliki sistem pertahanan yang baik

Freepik/pch.vector

Menurut FDA, Mama bahkan bisa saja tanpa sengaja memakan belatung yang biasanya terdapat pada makanan kalengan. Sebut saja pada jamur kemasan kalengan, terdapat kurang lebih 20 belatung pada tiap 100 gram jamur yang dikeringkan.

Para ahli juga mengatakan, sistem pencernaan manusia itu memiliki pertahanan yang baik. Jadi, setiap makanan yang ke dalam tubuh akan diolah dan diseleksi dengan baik oleh tubuh.

3. Jika mengalami alergi, segera berkonsultasi ke dokter!

Freepik/freepik

Asam lambung pada lambung bertugas membasmi bibit penyakit. Karena memiliki kadar keasaman yang tinggi, dapat membuat hewan kecil seperti ulat buah yang tak sengaja termakan itu akan lebih dulu mati.

Kendati begitu, tak jarang ditemukan alergi yang timbul pada ibu hamil akibat tidak sengaja memakan hewan kecil. Gejala alergi dapat berupa pusing, gatal-gatal, dan mual.

Bila ibu hamil mengalami hal serupa, segera mengunjungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Jika memang berniat untuk minum obat alergi, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter karena ditakutkan ada kandungan yang tidak cocok untuk janin maupun ibu hamil.

Nah, itu dia pembahasan seputar ulat buah yang tak sengaja termakan oleh ibu hamil. Semoga kehamilan Mama dalam keadaan sehat selalu, ya!

Baca juga:

The Latest