5 Cara Memantau Pasangan yang Dicurigai Selingkuh

Mengungkap sebuah perselingkuhan memang membutuhkan usaha serta energi ekstra ya, Ma

1 Desember 2021

5 Cara Memantau Pasangan Dicurigai Selingkuh
Unsplash/Solenfeyissa

Perselingkuhan termasuk pengkhianatan dalam sebuah hubungan percintaan. Perselingkuhan tidak hanya menghancurkan komitmen, tetapi juga meninggalkan trauma yang mendalam pada korban. 

Tak jarang, korban tetap merasa curiga pada pasangannya. Kecurigaan tersebut memang normal terjadi, apalagi jika pasangan menunjukkan gelagat-gelagat yang mencurigakan. Contohnya, pasangan sering keluar rumah karena alasan urusan kantor atau pasangan mulai memperhatikan penampilannya ketika bermain bersama teman-temannya. 

Apabila Mama mulai curiga pada perilaku pasangan, maka cobalah untuk mencari tahu penyebabnya dengan terus memantau pasangan. Berikut Popmama.com telah merangkum lima cara memantau pasangan yang dicurigai melakukan perselingkuhan

1. Cek pesan di ponsel

1. Cek pesan ponsel
Unsplash/Alexbemore

Mengecek ponsel pasangan mungkin dianggap melanggar privasi dalam hubungan asmara. Namun, Mama bisa melakukannya untuk menjawab kecurigaan terhadap pasangan. 

Apabila Mama tidak ingin mengecek pesan di ponselnya secara langsung, cobalah untuk mengecek notifikasinya saja. Mama bisa mengetahui apakah ada pesan yang mencurigakan atau tidak dari notifikasi tersebut. 

Editors' Picks

2. Cek media sosial

2. Cek media sosial
Unsplash/Erik_lucatero

Cara kedua yang bisa dilakukan, yakni memantau media sosial pasangan. Mama bisa menemukan 1-2 petunjuk penting dari media sosial pasangan, mulai dari teman-temannya hingga aktivitas pasangan di media sosial. 

Cobalah untuk memperhatikan aktivitas pasangan di media sosial, apakah dia sering memberikan likes atau komentar pada akun tertentu atau tidak. Mama pun bisa mengecek pesan di media sosialnya, apakah ada yang mencurigakan atau tidak. 

3. Perhatikan perubahan perilaku

3. Perhatikan perubahan perilaku
Unsplash/Zetsir

Pasangan yang selingkuh di belakang mama akan menunjukkan perubahan perilaku yang signifikan. Contohnya, pasangan suka menggunakan parfum ketika keluar rumah, padahal sebelumnya dia tidak memperhatikan penampilannya. 

Contoh lainnya, yakni pasangan mulai jarang menghabiskan waktu bersama Mama. Dia selalu keluar rumah saat weekend dengan alasan urusan kantor. Perubahan-perubahan seperti itu patut untuk dicurigai, terutama jika dilakukan berulang kali dalam kurun waktu tertentu. 

4. Perhatikan bahasa tubuh

4. Perhatikan bahasa tubuh
Unsplash/Brucemars

Cara selanjutnya, yakni perhatikan bahasa tubuh pasangan. Sebab, seseorang yang menyembunyikan sesuatu atau berbohong di belakang Mama akan mudah diketahui dari bahasa tubuhnya. 

Pasangan umumnya tidak ingin menatap mata mama ketika sedang berbincang. Tak hanya itu, pasangan akan berbicara dengan nada tinggi untuk menyembunyikan kebohongannya. 

5. Tanya langsung

5. Ta langsung
Unsplash/Quangchien6041

Ketika Mama sudah melakukan empat cara di atas, namun tidak menemukan petunjuk yang jelas, maka Mama perlu mengungkapkan kecurigaan itu pada pasangan. Daripada terus menggali informasi secara sembunyi-sembunyi, Mama bisa langsung menanyakan pada pasangan apakah dia berselingkuh atau tidak. 

Ungkapkan kecurigaan Mama dan bukti-bukti yang dikumpulkan selama ini. Apabila pasangan masih menyangkal soal perselingkuhannya, maka Mama perlu mencari tahu lebih lanjut dengan menggali informasi dari teman-temannya. 

Sebaliknya, apabila pasangan mampu membuktikan dirinya tidak selingkuh, maka Mama perlu menghargai hal tersebut dan mulai percaya pada pasangan. 

Itulah lima cara memantau pasangan yang dicurigai selingkuh. Mengungkap perselingkuhan memang tidak mudah, sebab Mama perlu menggali informasi lengkap dan mengumpulkan bukti-bukti. Apabila kecurigaan Mama terbukti salah, jangan ragu untuk minta maaf pada pasangan dan berjanji untuk mempercayainya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.