Ini Jam Tidur Bayi 3 Bulan yang Ideal, Mama Wajib Tahu!

Ma, cari tahu yuk jam tidur bayi 3 bulan yang ideal!

18 Mei 2022

Ini Jam Tidur Bayi 3 Bulan Ideal, Mama Wajib Tahu
Pexels/Quezia Andrade

Jam tidur bayi yang baru lahir hingga usia 6 atau 12 bulan memang belum teratur, untuk itu penting bagi Mama membuat jadwal yang teratur bagi si Kecil agar terbiasa, termasuk jika bayi mama berusia 3 bulan. 

Mengetahui jam tidur yang ideal bagi si Kecil, itu memungkinkan mereka akan mendapat kenyamanan saat beristirahat. Selain itu, hal ini juga bisa memudahkan Mama dalam mengasuh si Kecil.

Nah, kali ini Popmama.com akan bahas mengenai jam tidur bayi 3 bulan yang ideal. Yuk, langsung disimak!

1. Waktu tidur si Kecil pada siang hari

1. Waktu tidur si Kecil siang hari
Pexels/Rene Asmussen

Bayi 3 bulan biasanya memiliki rentang jam tidur sekitar 13-14 jam setiap harinya. Bayi di usia ini akan memulai hari lebih awal lho, Ma! Karena mereka akan bangun di pagi hari sekitar jam 6 pagi. 

Di siang hari, si Kecil yang berusia 3 bulan akan tidur sebanyak 2-3 kali dengan total waktu tidur 4-8 jam. Di usia ini juga jam tidur mereka akan sama setiap hari. Jadi Mama sudah belajar untuk mulai terbiasa dengan jadwal si Kecil.

Mama juga bisa meletakkan si Kecil di tempat tidur atau box bayi saat ia sudah mengantuk. Meletakan bayi di tempat tidur saat mereka mengantuk bisa membantunya untuk belajar tidur sendiri lho, Ma!

Editors' Picks

2.  Waktu tidur si Kecil pada malam hari

2.  Waktu tidur si Kecil malam hari
Pexels/Casey Clausen

Lalu bagaimana jadwal tidur si Kecil di malam hari? Perlu Mama ketahui bahwa di malam hari, bayi 3 bulan akan tidur lebih awal dari usia sebelumnya. 

Mereka akan mulai tidur sekitar jam 9 malam, dan durasi tidurnya juga akan lebih lama lho, Ma. Sesekali terbangun sekitar 1 sampai dua kali untuk menyusu adalah hal yang wajar untuk mereka. 

Tidur terlama bagi bayi usia 3 bulan tanpa menyusu atau gangguan lainnya di tengah malam biasanya mencapai 5-8 jam. Namun terkadang ada momen di mana si Kecil akan terbangun hanya untuk bermain dengan Mama dan ingin dipeluk. 

3. Pentingnya mengatur jam tidur pada bayi

3. Penting mengatur jam tidur bayi
Pexels/Ryutaro Tsukata

Mengatur atau membuat jadwal tidur pada bayi memang penting agar mereka terbiasa tidur tepat waktu sejak kecil. Namun perlu diingat, bahwa ternyata banyak ahli yang merekomendasikan untuk membuat jadwal tidur ketika usia si Kecil sudah memasuki usia 4 hingga 6 bulan. 

4. Tips menidurkan bayi 3 bulan

4. Tips menidurkan bayi 3 bulan
Pexels/SHAHBAZ AKRAM

Mama tidak perlu khawatir ketika mengalami kendala dalam menidurkan si Kecil di usia 3 bulan. Mereka memang masih muda untuk memiliki siklus tidur yang teratur, namun tetap ada banyak cara yang bisa dilakukan lho!

  • Tetap pada rutinitas

Kalau Mama belum memiliki rutinitas yang bisa dilakukan sebelum menidurkan si Kecil, maka Mama bisa mulai dengan cara memandikan bayi dulu sebelum tidur, mendengarkan musik pengantar tidur. Agar si Kecil tahu bahwa itu waktunya mereka tidur.

  • Amati kecenderungan tidur pada si kecil

Si Kecil bisa saja sudah memiliki waktu tidur yang mereka sukai. Nah, Mama usahakan untuk memulai rutinitasnya sekitar 30 menit sebelum waktu tidurnya. 

  • Cobalah untuk menidurkan si Kecil saat mengantuk

Meletakan bayi di tempat tidur saat mereka mengantuk namun belum ingin tidur bisa membantunya untuk belajar tidur sendiri lho, Ma!

  • Bermain dengan si Kecil saat siang hari

Mengajak si Kecil bermain pada siang hari bisa mengajarkan mereka untuk belajar membedakan siang dan malam. Sebagian besar waktu siang mereka diisi dengan tidur, jadi ada baiknya ketika bangun Mama aja mereka untuk bermain ya, Ma!

  • Tempatkan si Kecil untuk tidur di tempat yang sama

Terkadang si Kecil akan tertidur saat bepergian, tetapi Mama bisa coba untuk memberikannya tempat agar ia paham itu adalah tempat tidurnya. 

5. Gangguan tidur bayi usia 3 bulan

5. Gangguan tidur bayi usia 3 bulan
Pexels/Marina Abrosimova

Masalah tidur bisa dialami siapa saja termasuk bayi usia 3 bulan. Meskipun Mama telah membuat jadwal yang rutin, kemungkinan hal-hal yang bisa mengganggu tidur si Kecil tetap ada. Di bawah ini beberapa masalah tidur bayi usia 3 bulan yang sering terjadi. 

  • Si Kecil tidak akan kembali tidur ketika Mama memasuki kamarnya untuk memberi makan atau mengganti popoknya
  • Bayi yang berusaha tidur sendiri juga akan membuatnya lama tertidur. Ketika Mama mengayun si kecil atau memegangnya saat terbangun di malam hari, itu justru membuat si Kecil sulit untuk tidur kembali. 
  • Kondisi lapar, popok tidak nyaman, atau badan terasa tidak enak juga bisa menyebabkan si Kecil sulit untuk tidur. 
  • Lebih sering terbangun di malam hari dan kesulitan tidur mungkin mengindikasikan regresi tidur. Meskipun regresi tidur dapat terjadi kapan saja, regresi pertama sering terjadi antara 3 dan 4 bulan. 
  • Sakit gigi pada si Kecil juga bisa menjadi gangguan untuk mereka.

Intinya? Jangan khawatir jika si Kecil yang berusia 3 bulan belum mengikuti jadwal tidur ya, Ma. Membangun kebiasaan sehat membutuhkan waktu, tetapi strategi ini akan membantu Mama untuk bisa menidurkan si Kecil lebih baik ke depannya. 

Itulah informasi mengenai jam tidur bayi 3 bulan yang bisa Mama pelajari. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk