Berapa Lama Jam Tidur Bayi 1 Bulan? Cari Tahu di Sini, Ma

Ma, ini jam tidur bayi satu bulan yang ideal

9 November 2021

Berapa Lama Jam Tidur Bayi 1 Bulan Cari Tahu Sini, Ma
Pexels/Marcin Jozwiak

Menidurkan bayi baru lahir bisa jadi tantangan tersendiri bagi Mama. Terkadang sebagian Mama mendapat kesulitan untuk menentukan kapan si Kecil harus tidur. Ini karena jam tidur bayi berbeda dengan jam tidur orang dewasa.

Seiring bertambahnya usia, jam tidur pada si Kecil pun akan berubah, namun penting untuk tetap menerapkan jadwal tidur sejak dini agar si Kecil terbiasa tidur tepat waktu. Hal ini nantinya akan memudahkan Mama di masa depan untuk mengetahui jam tidur si Kecil. 

Di bawah ini Popmama.com merangkum jam tidur bayi satu bulan beserta tips menidurkannya, Ma.

1. Waktu tidur si Kecil pada siang hari

1. Waktu tidur si Kecil siang hari
Pexels/SHAHBAZ AKRAM

Jam tidur bayi berbeda-beda sesuai dengan usianya. Jika si Kecil berusia satu bulan, maka jumlah jam tidurnya adalah sekitar 14 hingga 18 jam dalam sehari.

Untuk pembagian jam tidur siang atau malamnya tergantung pada bayi, karena setiap bayi memiliki karakter yang berbeda dalam hal ini. Bayi di usia ini biasanya menghabiskan waktu 8 jam sehari untuk tidur siangnya.

Editors' Picks

2.  Waktu tidur si Kecil pada malam hari

2.  Waktu tidur si Kecil malam hari
Pexels/Quezia Andrade
joker with card

Dilansir dari laman happiestbaby.com, pada malam hari, bayi usia satu bulan akan mulai tidur pada pukul 10 malam. Untuk menyiasati agar si Kecil tidak mudah terbangun saat tidur malam hari, Mama bisa membangunkannya ketika tidur siang untuk menyusu. 

Untuk waktu tidur malam tidak bisa dipastikan, ini tergantung pada bagaimana kondisi si Kecil. Jika ia merasa lapar, maka ia akan sering terbangun. Pada malam hari, bayi akan tidur dengan nyenyak sekitar 4 jam.

3. Pentingnya mengatur jam tidur pada bayi

3. Penting mengatur jam tidur bayi
Pexels/Pixabay

Sangat penting untuk mengatur jam tidur si Kecil, Ma. Tujuannya agar ia memiliki kebiasaan tidur yang teratur. Membuat jadwal tidur bayi juga dapat membantu Anda mengatur dan membiasakan si kecil tidur di waktu-waktu tertentu.

4. Tips membuat si Kecil tidur sesuai jadwalnya

4. Tips membuat si Kecil tidur sesuai jadwalnya
Pexels/Kelvin octa

Meskipun si Kecil belum memiliki siklus tidur yang teratur, namun ada berbagai cara yang bisa Mama lakukan agar si Kecil tidur sesuai dengan jadwalnya.

  • Memulai waktu tidur lebih awal

Bayi baru lahir hingga usia satu bulan mungkin tidak bisa mengikuti jadwal tidurnya, tapi Mama bisa menyiasatinya dengan jadwal menyusu lebih awal agar ia cepat tidur.

  • Kenali pola tidur si Kecil

Mama bisa membuat catatan sebagai pengingat kapan si Kecil biasanya mulai tidur, sehingga Mama bisa menjadwalkan waktu tidur yang sesuai untuk si Kecil. 

  • Belajar untuk lebih fleksibel

Ikuti kegiatan bayi, biasanya mereka suka melakukan sesuatu yang tidak terencana. Mama bisa mencoba untuk menyesuaikan jadwal tidur si Kecil dengan tetap berpegang pada rutinitas alami si kecil. Terlalu dipaksakan juga dikhawatirkan akan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk si Kecil. 

  • Peka terhadap isyarat si Kecil ketika mengantuk

Biasanya ketika bayi mulai mengantuk, ia akan menggosok matanya, sedikit rewel dan menguap. Jika Mama menemui kondisi seperti ini, turunkan bayi dan letakan di kasurnya, agar si Kecil juga belajar untuk tertidur tanpa bantuan Mama. 

  • Menambah kegiatan sebelum tidur

Jika Mama melihat bahwa sudah waktunya bayi tidur namun si Kecil belum tidur, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyusuinya sambil memeluk, kemudian pijat dengan lembut tubuhnya agar memberi efek mengantuk pada si Kecil. 

  • Sesuaikan dengan kebutuhan si Kecil

Ma, jam tidur pada anak tidak bisa diprediksi karena jam tersebut akan terus berubah seiring waktu. Tidak apa-apa melakukan sedikit kesalahan, namun dengan begitu Mama jadi mengetahui apa yang cocok untuk si Kecil. 

5. Hal-hal yang bisa mengganggu tidur si Kecil

5. Hal-hal bisa mengganggu tidur si Kecil
Pexels/Sarah Chai

Jam tidur bayi yang belum teratur bisa semakin menantang untuk Mama ketika ada beberapa hal yang mengganggu tidur si Kecil. Adapun hal-hal yang menganggu tidur si Kecil adalah sebagai berikut:

  • Lapar

Bayi baru lahir biasanya sering merasa lapar dan terbangun di malam hari. Tentu ini akan mengubah waktu jam tidurnya. Bayi akan terbangun biasanya 2-3 jam sekali.

  • Terlalu banyak tidur siang

Terlalu banyak tidur siang hingga melewatkan jam makannya ataupun minum ASI membuat ia merasa kelaparan di malam hari, dan bisa mengganggu pola tidurnya.

  • Suara berisik

Bayi mudah sekali terganggu dengan suara yang didengarnya. Itulah mengapa saat bayi tidur Mama sangat hati-hati sekali menjaga kondisi di sekitar yang dapat mengganggu tidurnya. 

  • Suhu kamar yang tidak nyaman untuk si Kecil

Meskipun sudah mengantuk, kondisi kamar yang kurang nyaman juga bisa membuatnya terbangun dan menangis.

Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk memastikan agar ruangan si Kecil aman dan nyaman. Pastikan juga suhu ruangannya tetap stabil, tidak terlalu panas atau dingin. Mama juga bisa mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat untuk si Kecil.

Itulah tadi penjelasan mengenai jam tidur bayi satu bulan beserta tips cara mengatur jadwalnya untuk Mama bisa pelajari. Semoga informasi ini dapat membantu Mama.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk