Ini Jam Tidur Bayi 2 Bulan yang Ideal, Mama Wajib Tahu!

Ma, jam tidur bayi bervariasi sesuai dengan usianya

8 November 2021

Ini Jam Tidur Bayi 2 Bulan Ideal, Mama Wajib Tahu
Freepik/v.ivash

Kebutuhan tidur bayi bervarisi sesuai dengan usianya. Semakin bertambah usianya, kebutuhan tidur bayi juga berangsur-angsur berkurang.

Untuk itu, Mama perlu tahu waktu tidur bayi yang ideal sesuai dengan usianya. Dengan mengetahui waktu tidur yang ideal, Mama dapat memastikan bahwa si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas secara spesifik mengenai jam tidur bayi dua bulan. Langsung saja disimak yuk, Ma!

1. Rentang waktu tidur siang bayi

1. Rentang waktu tidur siang bayi
Freepik/user8377136

Apakah si Kecil tampaknya seperti ingin tidur terus menerus? Jangan khawatir, Ma! Bayi yang baru lahir hingga usia dua bulan membutuhkan total waktu tidur 14 hingga 18 jam sehari. 

Sepanjang hari, bayi akan banyak tidur siang hingga 8 jam sehari. Siklus tidur siang bayi adalah 1 sampai 2 jam terbangun dan 1 sampai 2 jam tertidur.

Saat menginjak usia dua bulan, jika tidur siang bayi lebih dari 1,5 hingga 2 jam, Mama boleh membangunkannya untuk menyusu. Tidur siang yang terlalu lama membuat bayi lebih sedikit minum ASI di siang hari, sehingga ia akan lebih lapar di malam hari.

Editors' Picks

2. Rentang waktu tidur malam bayi

2. Rentang waktu tidur malam bayi
Freepik/freepic.diller

Lamanya tidur bayi di malam hari bergantung pada berapa lama bayi akan menyusu. Bayi akan mulai tidur pada sekitar jam 10 malam. Si Kecil akan tertidur lelap sepanjang malam, diselingi dengan menyusu sesekali. Tidur nyenyak bayi biasanya mencapai 4 jam pada usia satu bulan dan 4 hingga 8 jam pada usia 2 bulan.

3. Cara menciptakan suasana tidur yang nyaman untuk si Kecil

3. Cara menciptakan suasana tidur nyaman si Kecil
Freepik/freepic.diller

Mendapatkan tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional bayi. Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam membangun kebiasaan tidur yang baik adalah lingkungan dan suasana tidur yang nyaman.

Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman sehingga si Kecil dapat tidur dengan nyenyak. 

Untuk menciptakan lingkungan dan suasana tidur yang nyaman, Mama bisa mewarnai kamar tidur bayi dengan warna yang soft. Selain itu, hindari meletakkan mainan yang mencolok di kamar bayi, karena dapat mengganggu fokusnya saat ingin tertidur. 

Selain itu, pilihlah perlengkapan tidur bayi yang aman dan nyaman. Mama juga bisa menggunakan humidifier dengan suara yang lembut agar bayi dapat tertidur dengan nyenyak.

4. Tips mengatur tidur bayi usia 2 bulan

4. Tips mengatur tidur bayi usia 2 bulan
Freepik/jcomp

Bayi cenderung tidak memiliki siklus tidur yang teratur hingga usianya menginjak sekitar 6 bulan. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Mama lakukan untuk membangun kebiasaan tidur sehat si Kecil. Berikut adalah tips mengatur tidur bayi usia 2 bulan, dilansir dari What to Expect:

  • Bermain bersama di siang hari

Bayi yang berusia 2 bulan masih akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur siang. Tapi, Mama bisa bermain dengannya di siang hari untuk membantu bayi beradaptasi dengan perbedaan antara siang dan malam.

  • Buatlah rutinitas sebelum tidur 

Mama bisa membuat rutinitas sebelum tidur di malam hari misalnya seperti mengenakan piyama, mendengarkan lagu pengantar tidur dan membacakan dongeng. Cara ini dapat membantu memberi sinyal kepada bayi bahwa sudah waktunya ia untuk tidur.

Untuk tidur siang, Mama juga bisa membuat rutinitas yang lebih sederhana seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan.

  • Letakkan bayi di tempat tidur saat dia mengantuk

Jika Mama masih menggendong atau mengayun bayi hingga ia tertidur, cobalah untuk menidurkannya di tempat tidur saat ia mengantuk tetapi masih terjaga. Cara ini akan membantu mengajarkan bayi cara tidur sendiri.

  • Jaga lingkungan tidur bayi tetap tenang di malam hari

Agar bayi dapat tertidur dengan nyenyak, pastikan Mama menjaga ruangan tidur bayi tetap tenang dan gelap saat Mama memberi ASI atau mengganti popok bayi di malam hari. Cara ini dapat membantu bayi dapat kembali tidur dengan mudah.

5. Masalah tidur bayi yang sering terjadi saat usia 2 bulan

5. Masalah tidur bayi sering terjadi saat usia 2 bulan
Freepik/sergei_stock1977

Meskipun Mama sudah membuat jadwal tidur si Kecil sedemikian rupa, tetapi tidak menutup kemungkinan bayi akan mengalami masalah tidur.

Berikut adalah beberapa masalah tidur bayi usia 2 bulan yang mungkin Mama hadapi:

  • Sering terjaga

Sebagian besar bayi berusia 2 bulan masih perlu menyusu satu atau dua kali dalam semalam. Untuk meminimalkan terbangun di malam hari, Mama bisa tingkatkan porsi menyusu si Kecil sebelum tidur dan pastikan bayi mendapatkan cukup ASI di siang hari.

  • Tidur terlalu cepat di malam hari

Jika bayi tertidur terlalu cepat di malam hari, coba perhatikan rutinitasnya di siang hari. Bisa jadi bayi menghabiskan terlalu banyak waktu untuk terjaga di siang hari, sehingga membuatnya sangat kelelahan di malam hari.

Nah, itulah informasi seputar jam tidur bayi dua bulan. Jika bayi belum memiliki jadwal tidur yang pasti, Mama tidak perlu khawatir.

Bayi yang berusia 2 bulan masih belajar banyak hal baru, termasuk waktu tidurnya. Mama bisa melakukan yang terbaik untuk membangun pola tidur yang baik pada bayi usia dua bulan agar ke depannya bayi memiliki tidur yang berkualitas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk