8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Jangan sampai ada yang terlewat ya, Ma!

21 November 2021

8 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Perlu Dibeli
freepik/valeria_aksakova
satu set pakaian bayi

Sejak masa kehamilan, sebagian besar orangtua sudah mempertimbangkan apa saja yang harus dibeli untuk keperluan si Kecil. Bahkan, beberapa perlengkapan sudah dibeli jauh sebelum si Kecil lahir.

Saat mampir ke toko perlengkapan bayi, Mama mungkin tergiur dengan perlengkapan bayi yang lucu-lucu hingga muncul rasa ingin memborong segala perlengkapan bayi. Padahal, belum tentu barang-barang tersebut akan digunakan semua.

Jadi, alangkah baiknya Mama bijak dalam membeli perlengkapan bayi. Utamakan membeli perlengkapan dari segi fungsi dan kualitas dibandingkan dengan rupa dan penampilan yang lucu. 

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai perlengkapan bayi baru lahir yang perlu Mama beli. Dicatat ya, Ma!

1. Popok

1. Popok
Freepik

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan untuk mengganti popok bayi sesering mungkin, sekitar 2-3 jam sekali, terutama pada bayi yang baru lahir karena akan lebih sering buang air kecil.

Oleh karena itu, pastikan Mama membeli cukup popok bayi untuk persediaan. 

Jika Mama memilih untuk membeli popok sekali pakai, pilihlah popok dengan ukuran yang cocok untuk bayi yang baru lahir.

Jika Mama lebih memilih popok kain, pastikan pilih yang terbuat dari bahan kain yang berkualitas dan mudah menyerap sehingga mencegah bayi mengalami ruam popok. 

Selain itu, siapkan juga perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok, seperti tisu basah khusus bayi, krim popok jika perlu, dan perlak atau alas kedap air.

2. Pakaian

2. Pakaian
Pexels/Sarah Chai

Perlengkapan selanjutnya yang perlu Mama beli untuk si Kecil adalah pakaian. Setidaknya, Mama perlu membeli delapan setelan baju dan celana yang nyaman untuk bayi.

Selain itu, Mama juga perlu membeli sweater atau jaket dengan kancing di depan yang akan sangat berguna saat cuaca sedang dingin.

Mama juga bisa membeli topi yang berbahan lembut dan nyaman untuk bayi. Selain itu, penting juga untuk membeli setelan all-in-one yang menutupi kaki bayi, sehingga Mama tidak lagi memerlukan kaus kaki.

Namun, Mama tetap perlu membeli kaus kaki untuk membuat Si Kecil tetap merasa aman dan nyaman di cuaca dingin.

Mama juga perlu membeli sarung tangan untuk mencegah bayi menggaruk dirinya sendiri dan melukai wajahnya.

3. Perlengkapan untuk menyusui

3. Perlengkapan menyusui
Freepik/JoaquinCorbalan

Salah satu aktivitas yang akan sering Mama lakukan saat baru saja kehadiran si Kecil yang baru lahir adalah menyusui.

Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk membeli perlengkapan menyusui agar Mama dan si Kecil bisa merasa nyaman.

Jika Mama menyusui langsung dari payudara, Mama mungkin akan membutuhkan baju dan bra menyusui.

Mama juga bisa membeli bantal menyusui agar Mama tidak merasa sakit pada bagian punggung saat menyusui.

Selain itu, Mama juga mungkin memerlukan perengkapan menyusui lainnya, seperti pompa ASI, botol, dot, sikat botol, dan alat sterilisasi.

Editors' Picks

4. Perlengkapan untuk menjaga udara di sekitar bayi

4. Perlengkapan menjaga udara sekitar bayi
Freepik/rawpixel.com

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan demi kesehatan bayi adalah kualitas udara di sekitar bayi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Mama membeli alat untuk menjaga kondisi udara tetap baik, salah satunya adalah humidifier.

Sebagian orangtua mungkin tidak mempertimbangkan humidifier untuk dimasukan ke daftar perlengkapan bayi yang diperlukan.

Padahal, humidifier sangat berguna terutama saat cuaca sedang panas menyengat. Humidifier dapat membantu si Kecil bernapas lebih mudah dan menjaga kulitnya agar tidak kering. 

Namun, pastikan Mama memilih humidifier yang suaranya cukup lembut demi ketenangan si Kecil. Humidifier yang mengeluarkan suara berisik justru bisa mengganggu waktu tidur bayi.

5. Perlengkapan tidur

5. Perlengkapan tidur
Freepik/wuttichai1983

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Namun, Mama perlu memahami bahwa bayi yang baru lahir lebih dianjurkan untuk memiliki area tidur sendiri.

Apabila Mama membiarkan si Kecil tidur di atas kasur bersama Mama dan Papa, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, seperti tertindih dan terjatuh.

Jadi, pastikan Mama memilih perlengkapan tidur tersendiri yang nyaman untuk si Kecil.

Mama bisa memulainya dengan membeli tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan kasur nyaman dan memiliki pembatas yang kokoh dan aman.

Selanjutnya, Mama bisa membeli seprai yang nyaman dan bisa dicuci untuk melapisi kasur bayi. Tak lupa juga Mama perlu membeli selimut untuk memastikan si Kecil tetap hangat.

6. Perlengkapan mandi

6. Perlengkapan mandi
Pexels/RODNAE Productions

Penting bagi Mama untuk selalu menjaga kebersihan si Kecil. Namun, Mama harus berhati-hati dalam memilih perlengkapan mandi untuk bayi, karena bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi.

Oleh karena itu, pastikan Mama membeli perlengkapan mandi bayi yang terbuat dari bahan yang lembut. Mama bisa membeli sabun cair dan sampo yang memang dikhususkan untuk bayi. 

Selain itu, jangan lupa untuk persiapkan handuk dan beberapa perawatan kulit bayi seperti body lotion, baby oil, minyak telon, bedak, tisu basah, dan alas kedap air atau perlak.

Jangan lupa juga untuk membeli bak mandi yang nyaman dan tidak licin, sehingga aman untuk bayi.

7. Perlengkapan bepergian

7. Perlengkapan bepergian
Freepik/Prostooleh

Saat si Kecil baru lahir, Mama mungkin fokus untuk membeli perlengkapan yang digunakkan di rumah.

Nah, alangkah baiknya Mama juga menyiapkan perlengkapan bayi untuk bepergian yang suatu saat akan dibutuhkan ketika ingin mengajak si Kecil keluar. 

Mama bisa membeli beberapa perlengkapan bepergian, seperti stroller atu gendongan. 

Tak hanya itu, Mama juga mungkin perlu membeli diaper bag untuk menyimpan segala keperluan bayi agar tidak tercampur dengan barang-barang Mama. 

Jangan lupa juga untuk membeli kain penutup menyusui atau nursing apron yang berfungsi untuk menutupi bagian payudara mama saat menyusui si Kecil di tempat umum, karena tidak semua tempat umum menyediakan ruang khusus menyusui.

Dengan begitu, Mama tetap bisa menyusui si Kecil dan tetap merasa aman dan nyaman saat melakukannya.

8. Perlengkapan kesehatan

8. Perlengkapan kesehatan
Pexels/ Polina Tankilevitch

Perlengkapan yang tak kalah penting untuk Mama beli adalah perlengkapan kesehatan untuk bayi.  Kesehatan si Kecil merupakan prioritas yang utama.

Oleh karena itu, pastikan Mama menyiapkan perlengkapan kesehatannya dengan baik.

Mama bisa menyiapkan beberapa perlengkapan kesehatan, seperti termometer dan kotak P3K.

Perlengkapan ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk saat si Kecil sakit atau terluka.

Namun, meskipun sudah diberikan pertolongan pertama, Mama tetap dianjurkan untuk membawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan selanjutnya.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa perlengkapan bayi yang perlu Mama beli. Pastikan Mama membeli perlengkapan yang memang benar-benar bermanfaat untuk bayi.

Selain itu, utamakan segi kualitas dan fungsi daripada desainnya yang lucu dan menggemaskan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.