7 Rekomendasi Merek Air Purifier HEPA Filter yang Ampuh Melawan Virus

Mama bisa mendapatkan udara bersih yang bebas dari segala macam virus dan bakteri penyebab penyakit

9 September 2021

7 Rekomendasi Merek Air Purifier HEPA Filter Ampuh Melawan Virus
amazon.com

Di masa pandemi Covid-19 ini, virus dapat bertebaran di mana saja termasuk di rumah.

Oleh karena itu, penting untuk meletakkan pembersih udara atau air purifier di dalam rumah. Hal ini agar kita mendapatkan udara bersih yang bebas dari segala macam virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berdasarkan keterangan CDC (Centers for Disease Control) Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengklaim bahwa, air purifier yang dilengkapi dengan HEPA Filter mampu mengurangi konsentrasi partikel aerosol Covid-19 secara keseluruhan hingga lebih dari 80 persen dalam waktu 30 menit.

Selain ampuh melawan virus, air purifieryang dilengkapi dengan HEPA Filter juga menghadirkan berbagai manfaat lainnya. Seperti, menyaring asap rokok, aroma tak sedap, bahkan polutan di dalam ruangan. 

Nah Ma, berikut beberapa rekomendasi merek air purifier berkualitas terbaik dengan harga yang bervariasi. Simak rangkuman dari Popmama.com berdasarkan berbagai sumber. 

Disimak ya!

1. Air purifier Daikin tidak bising saat membersihkan udara

1. Air purifier Daikin tidak bising saat membersihkan udara
daikin.co.id

Apabila Mama ingin segera menghirup udara bersih setelah tiba di rumah, maka air purifier Daikin MC55UVM6 bisa menjadi pilihan tersendiri.

Merek ini telah dilengkapi dengan fitur HEPA filter, sehingga dapat menangkap 99,97 persen partikel halus yang bertebaran di udara. Perangkat ini dapat menghilangkan virus, bakteri, aroma tak sedap dan alergen.

Merek air purifier ini mempunyai jangkauan penyaringan sebesar 41 meter persegi. Daya listrik yang diperlukan berkisar di antara 8 sampai 37 watt.

Sementara untuk tingkat kebisingannya berada di angka 19 sampai 53 desibel, dengan kata lain perangkat ini tidak menimbulkan suara yang mengganggu saat beroperasi. Pembersih udara ini bisa Mama beli dengan harga Rp 3.650.900.

2. Air purifier LG dilengkapi fitur penyaringan udara berlapis

2. Air purifier LG dilengkapi fitur penyaringan udara berlapis
Lg.com

LG PuriCare 360° Air Purifier telah dilengkapi dengan sistem penyaringan udara Safe Plus Filter dan Ionizer. Lewat fitur ini, perangkat akan melakukan proses penyaringan udara berlapis.

Tak hanya bisa membersihkan partikel debu mikro dan allergen saja, arom atak sedap dalam ruangan juga bisa dihilangkan dengan adanya deodorization filter.

Selain itu, sistem penyaringan yang memadukan H13 Grade HEPA Filter dan Ionizer, air purifier merek ini mampu memberikan perlindungan dengan mengeliminasi bakteri dan virus secara efektif.

Pembersih udara ini juga telah dilengkapi dengan smart indicator yang fungsinya untuk memberikan informasi mengenai kualitas udara dalam ruangan. 

Saat perangkat diaktifkan, smart indicator akan menampilkan cahaya lampu dengan warna yang berbeda setelah mendeteksi kualitas udara. Air purifier merek ini dibanderol dengan harga Rp 16.990.000.

Editors' Picks

3. Air Purifier Panasonic baik untuk kesehatan dan kesegaran kulit

3. Air Purifier Panasonic baik kesehatan kesegaran kulit
Panasonic.com

Air Purifier Panasonic F-PXF35A dilengkapi dengan teknologi nanoe dan HEPA filter yang efektif menghilangkan berbagai macam virus, bakteri, bau tak sedap serta alergen. 

Perangkat ini mampu membunuh 99 persen bakteri dan virus yang bertebaran di udara, serta menghambat pertumbuhan jamur. Jika Mama membelinya, air purifier ini juga bekerja dengan baik untuk mengurangi bau rokok sebesar 90 persen setelah dua jam.

Selain itu, pembersih udara dari Panasonic juga tidak akan membuat kulit kita kering. Teknologi nanoe dapat membantu menjaga kelembapan kulit. 

Air purifier merek ini juga cakupan areanya mencapai 42 meter persegi, sehingga cukup untuk membersihkan satu ruangan besar. Sedangkan dayanya hanya membutuhkan 20 watt dan bergaransi 1 tahun.

Harganya dibandrol cukup murah untuk kelasnya, yaitu Rp 2.501.800

4. Air purifier Philips dapat memurnikan udara dalam waktu kurang dari 6 menit

4. Air purifier Philips dapat memurnikan udara dalam waktu kurang dari 6 menit
Philips.co.id

Air Purifier Philips 3000i Series AC3033/10 dapat menyalurkan udara bersih ke setiap sudut ruangan dengan luas hingga 135 m². Dalam waktu kurang dari 6 menit, virus, allergen serta polutan bisa hilang. 

Air purifier ini juga sudah dilengkapi tiga lapis penyaringan, yaitu NanoProtect HEPA, filter karbon aktif, dan prafilter yang efektif menangkap 99,97 persen partikel halus berukuran 0,003 mikron.

Ini artinya, kita bisa aman dari PM 2,5 bakteri, serbuk sari, debu, bulu hewan, gas serta polutan lainnya. Pembersih udara ini juga telah diuji untuk virus corona.

Selain itu, dengan aplikasi Clean Home+, Mama bisa melakukan pembersihan dari jarak jauh. Perangkat ini bisa kita dapatkan dengan harga Rp 7.299.000.
 

5. Air purifier Samsung dapat menyaring bulu hewan peliharaan

5. Air purifier Samsung dapat menyaring bulu hewan peliharaan
samsung.com

Samsung Air Purifier AX60R dapat menjaga kualitas udara di rumah tetap bersih. Dilengkapi dengan sistem pemurnian berlapis yang terdiri dari tiga bagian, yakni pra-filter yang dapat menyaring partikel debu besar, seperti serbuk sari dan bulu hewan peliharaan.

Kemudian, filter deodorisasi yang dapat menghilangkan gas berbahaya seperti karbon monoksida dan bau tidak sedap seperti bau makanan dan kamar mandi. Terakhir, fitur HEPA filter yang dapat menangkap hingga 99,97 persen dari partikel asap rokok seperti debu yang berukuran 0,3 mikron.

Dari semua filter ini, hanya pra-filter yang dapat dicuci. Filter deodorisasi dan filter HEPA tidak dapat dicuci, jadi harus diganti secara berkala. Samsung Air Purifier ini juga telah dibekali dengan indikator kualitas udara.

Apabila kualitas udara dianggap baik, maka indikator akan berwarna biru. Jika buruk, indikator berubah menjadi merah.

Pembersih udara ini juga mampu membersihkan ruangan hingga mencapai luas 60m persegi. Selain itu, Mama dapat melakukan pembersihan jarak jauh dengan aplikasi SmartThings.

Perangkat Samsung yang satu ini memiliki harga sebesar Rp 3.299.000.

6. Air purifier Sharp dilengkapi fitur untuk menangkap nyamuk

6. Air purifier Sharp dilengkapi fitur menangkap nyamuk
id.sharp

Selain bisa membersihkan udara, air purifier berikut ini punya fitur penangkap nyamuk. 

Sharp FP-JM40Y-B with Mosquito Catcher dibekali dengan lampu UV yang mampu menarik perhatian nyamuk. Saat nyamuk mendekat, ia langsung terhisap ke dalam air purifier. Pada bagian dalamnya, terdapat filter dengan lapisan lem agar nyamuk dapat menempel di bagian tersebut.

Selain itu, pembersih udara merek Sharp telah dibekali dengan Plasmacluster HD 7000 dan fitur HEPA yang mampu menangkap debu, bakteri, dan virus dengan baik.

Air purifier ini dapat membersihkan dalam ruangan yang luasnya mencapai 30 meter persegi. Mama bisa membeli perangkat tersebut dengan harga Rp 3.250.000.

7. Air purifier Xiaomi memurnikan udara secara efektif di ruangan yang luas

7. Air purifier Xiaomi memurnikan udara secara efektif ruangan luas
mi.co.id

Xiaomi Mi Air Purifier 3C hadir untuk memberikan udara yang bersih sepanjang hari. Pembersih udara ini telah dilengkapi dengan fitur HEPA dan Clean Air Delivery Rate, sehingga bisa memasok udara bersih sebanyak 320 meter kubik per jam tanpa mengeluarkan suara bising.

Ditambah dengan adanya sistem sirkulasi tiga dimensi 360º, perangkat ini dapat memurnikan udara ke dalam ruangan seluas 106 meter persegi. Pada bagian depannya terdapat layar LED untuk menampilkan informasi kadar partikel PM2.5, status Wi-Fi serta mode pengoperasian.

Selain lewat aplikasi Mi Home, perangkat ini juga bisa dioperasikan dnegan Google Assistant atau Alexa. Mama bisa mendapatkan air purifier ini dengan harga sekitar Rp1.600.000. 

Nah Ma, itulah beberapa rekomendasi air purifier yang bisa menghilangkan virus beserta harganya. Yuk, gunakan produk terbaik untuk keluarga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.