7 Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik dan Anti Tersedak

Merek-merek botol susu ini jadi pilihan banyak ibu-ibu karena tawarkan beragam kelebihan

26 November 2020

7 Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Anti Tersedak
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Banyak botol susu dan dot dengan berbagai model dan merek yang dijual di Indonesia. Botol susu dan dot tersebut dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan bayi menyusu dengan botol.

Pilihlah botol susu yang sesuai dengan usia bayi. Selain itu Mama juga bisa memilih botol susu dengan memerhatikan bahan botol dan cara dot pada botol tersebut mengalirkan susunya. Pastikan Mama hanya memilih botol susu yang tidak menyebabkan bayi tersedak. Beberapa botol susu juga dapat mencegah terjadinya kolik.

Berikut Popmama.com berikan rekomendasi tujuh merek botol susu anti kolik dan anti tersedak:

1. Comotomo Baby Bottle

1. Comotomo Baby Bottle
comotomo.com

Tekstur botol terbuat dari silikon lembut yang aman untuk dipegang bayi. Botol ini tetap aman jika terjatuh dan nyaman dipegang oleh bayi yang mulai belajar memegang botol sendiri.

Material yang tahan panas, sehingga mudah mensterilkan produk ini dengan berbagai cara, mulai dari direbus, menggunakan sterilizer hingga microwave.

2. Dr Brown’s Natural Flow - Glass Wide-Neck Bottle

2. Dr Brown’s Natural Flow - Glass Wide-Neck Bottle
DrBrownsBaby

Dr Brown’s memiliki fitur dan teknologi internal vent system atau sistem ventilasi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Sistem ventilasi ini untuk mencegah gelembung udara tertelan oleh bayi.  Mama bisa memilih menggunakan atau tidak sistem ini. Tapi mencegah gelembung udara tertelan berarti mengurangi risiko bayi mengalami kembung dan kolik.

Botol susu ini juga memiliki efek vakum untuk memastikan semua nutrisi penting dalam ASI ataupun susu formula tetap dipertahankan.

Editors' Picks

3. Mam Anti-Colic 5oz – Baby Bottle

3. Mam Anti-Colic 5oz – Baby Bottle
walmartcanada

Botol ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu panas dan bisa disterilkan menggunakan microwave dalam waktu tiga menit.

Desain dot menyerupai puting susu mama. Bagian dasarnya dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk memastikan tekanan dalam botol tetap seimbang.

4. Medela Calma

4. Medela Calma
momendeavors

Medela Calma memiliki teknologi berbeda dengan botol susu lainnya.

Susu baru akan mengalir ke luar ketika bayi mengisap dengan cara yang tepat, seperti ketika mengisap payudara mama. Artinya, bayi dapat mengatur sendiri ketika ingin mengisap susu, bernapas, dan berhenti sejenak. Hal ini akan mampu mencegah bayi dari risiko tersedak.

5. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

5. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle
savymommy

Bagian dotnya terbuat dari silikon berkualitas dan didesain dengan warna menyerupai kulit. Botol terbuat dari material yang awet dan tahan terhadap jamur.

Bagian dasar botol dilengkapi dengan bantalan antiselip yang memudahkan saat menuangkan air panas ketika menyiapkan susu.

    6. Philips Avent Natural Baby Bottle

    6. Philips Avent Natural Baby Bottle
    amazon.com

    Dotnya didesain semirip mungkin dengan payudara mama, sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan lentur.

    Kelenturan dot botol ini akan mempermudah proses pelekatan ketika bayi sedang menyusu sehingga mengurangi kemungkinan udara masuk ke saluran cerna bayi.

    Desainnya juga ergonomis sehingga nyaman digenggam sendiri oleh bayi.

    7. Pigeon Nursing Bottle - Edisi Batik

    7. Pigeon Nursing Bottle - Edisi Batik
    Pigeon Indonesia

    Pigeon jadi salah satu produk dot yang banyak digemari. Mereknya sudah memiliki nama dan dikenal luas. Harganya yang terjangkau serta kualitas yang baik jadi alasan banyak mama menyukai produk botol susu ini.

    Pigeon Nursing Bottle terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang bebas BPA. Keunggulannya yakni fitur peristaltic nipple yang memungkinkan lidah bayi bergerak halus secara alami seperti ketika mengisap ASI dari puting payudara mama. Sehingga bayi tidak mudah tersedak.

    Pigeon Nursing Bottle tersedia dengan motif batik yang berkolaborasi dengan Iwet Ramadhan. Terdapat empat motif batik yaitu Padma, Bangau, Kupu-kupu, dan Awan. Selain melestarikan budaya Indonesia, Mama juga bisa mendongeng dengan menceritakan motif batik botol susu pada si Kecil.

    Nah itulah rekomendasi botol susu anti kolik dan anti tersedak yang bisa Mama pilih. Botol-botol susu tersebut bisa membantu Mama yang tidak bisa menyusui langsung dari payudara.

    Semoga bermanfaat ya, Ma.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.