Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Tips Mengasuh Bayi Baru Lahir tanpa ART

Mengasuh si Kecil sendiri, lakukan tips berikut yuk, Ma!

6 Mei 2021

Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Tips Mengasuh Bayi Baru Lahir tanpa ART
Freepik/wayhomestudio

Usai melahirkan, mengurus dan merawat bayi baru lahir tentu menjadi hal yang cukup campur aduk ya, Ma? Satu sisi merasa senang karena dapat bertemu buah hati, satu sisi bingung harus berbuat apa saja dalam merawatnya.

Hal ini akan semakin membuat Mama bingung ketika harus mengurus si Kecil tanpa bantuan pengasuh atau ART. Sebab, pekerjaan mama di rumah tak semata hanya merawat si Kecil saja, tetapi akan ada banyak pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan.

Menjelang Lebaran mungkin Mama menjadi salah satu yang ditinggal mudik oleh ART.

Jika Papa sibuk bekerja dan tak ada keluarga atau ART yang membantu di rumah, tentu saja ini akan memberikan rasa was-was pada Mama dalam mengurus si Kecil sendirian. Tetapi, Mama harus yakin dapat melakukannya seorang diri tanpa bantuan ART sekalipun.

Dilansir dari Sleeping Should Be Easy, berikut Popmama.com telah merangkum lima tips yang bisa Mama lakukan dalam mengasuh bayi yang baru lahir tanpa bantuan ART. Disimak agar tidak mudah panik yuk, Ma!

1. Buat kegiatan harian

1. Buat kegiatan harian
Freepik/Kbza

Langkah mudah yang bisa Mama lakukan adalah dengan menyusun daftar kegiatan harian yang akan dilakukan bersama si Kecil. Mulai dari mempersiapkan kebutuhan mandi, berjemur, serta mempersiapkan peralatan untuk mengajaknya berjalan santai di sekitar rumah.

Dengan menentukan kegiatan harian, maka Mama akan lebih mudah dalam mengasuh si Kecil sambil mengurus pekerjaan rumah lainnya. Sehingga sudah ada waktu yang ditetapkan sebelumnya.

Editors' Picks

2. Siapkan sesuai dengan yang sudah direncanakan

2. Siapkan sesuai sudah direncanakan
Pexels/Burst

Selain menyusun daftar kegiatan yang akan dilakukan dalam sehari, Mama juga bisa melakukan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya. Misalnya menyiapkan makanan atau camilan yang bisa Mama makan sambil mengasuh si Kecil.

Sebab, banyak orangtua yang melewatkan jam makannya demi menjaga buah hati. Padahal, orangtua juga tetap perlu memerhatikan kesehatannya dengan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Selain itu, Mama juga bisa mempersiapkan tas atau box yang berisi perlengkapan bayi seperti popok, pakaian ganti, alat pumping, serta kebutuhan penting lainnya. Ini untuk mempermudah Mama agar keperluan si Kecil lebih tersusun ketika sedang dibutuhkan.

3. Manfaatkan barang bayi yang ada

3. Manfaatkan barang bayi ada
Unsplash/Steven Abraham

Jika Mama perlu mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, Mama bisa memanfaatkan barang bayi seperti ayunan, gendongan bayi, atau box bayi untuk meletakan si Kecil saat beristirahat. Mama juga bisa memanfaatkan barang bayi lainnya untuk membantu memudahkan pekerjaan mama dalam mengasuh bayi sekaligus mengurus kebutuhan rumah.

4. Memastikan jam tidur si Kecil

4. Memastikan jam tidur si Kecil
Freepik/Jcomp

Perlu diketahui, bayi baru lahir umumnya tertidur hingga 20 jam per hari. Meski cukup lama, namun durasi tidur biasanya berkisar antara 20 menit sampai 4 jam saja, Ma. Tentu saja hal ini membuat Mama harus banyak waktu untuk memastikan jam tidurnya.

Untuk memastikan jam tidur si Kecil agar lebih maksimal dan tanpa drama, Mama bisa meletakan si Kecil pada alas yang rata dan tidak terlalu lembut. Baringkan juga pada posisi terlentang guna menghindari SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Dikarenakan harus mengasuh tanpa ART, Mama juga perlu memastikan pakaian yang digunakan si Kecil cukup nyaman dengan tidak menutupi bagian kepalanya. Serta memastikan juga ruangan memiliki suhu yang sejuk dengan ventilasi dan penerangan yang cukup untuk kenyamanan si Kecil.

5. Belajar membiasakan diri

5. Belajar membiasakan diri
Freepik/jcomp

Meskipun di awal kelahiran si Kecil akan terasa membingungkan dan sedikit kewalahan karena tak ada bantuan pengasuh atau ART, namun perlahan dengan membiasakan diri maka Mama pun bisa menjalaninya.

Dimulai dengan keberanian dan rasa percaya diri, maka ini dapat menjadi nilai plus bagi Mama dalam membangun bonding dengan si Kecil sejak ia dilahirkan. Jadi meski tanpa bantuan pengasuh atau ART, saat tumbuh besar nanti anak akan selalu merasa dekat dengan Mama.

Jika kebiasaan mengasuh bayi tanpa bantuan ART ini berlanjut terus menerus, bukan tak mungkin si Kecil akan memiliki kelekatan kuat dengan Mama sampai dewasa kelak.

Itulah tips yang bisa Mama lakukan dalam mengasuh bayi baru lahir tanpa ART. Jika sudah merasa lelah, istirahat dan tenangkan diri sebelum kembali mengurus si Kecil. Pastikan juga Mama tetap bahagia agar tidak berdampak pada tumbuh kembang anak mama.

Tetap semangat dalam menjalani peran sebagai seorang mama tanpa bantuan pengasuh atau ART di rumah. Jangan sungkan untuk meminta bantuan Papa maupun keluarga lain dalam mengasuh si Kecil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.