5 Ide Kegiatan Sederhana untuk Stimulasi Perkembangan Bayi 0 – 6 Bulan

Memilih kegiatan untuk menstimulasi perkembangan si Kecil tidak harus yang merepotkan kok, Ma

12 Mei 2020

5 Ide Kegiatan Sederhana Stimulasi Perkembangan Bayi 0 – 6 Bulan
freepik.com

Pada enam bulan pertama kehidupan si Kecil, kegiatan yang Mama lakukan bersamanya bisa sangat memengaruhi tumbuh kembangnya. Kegiatan sederhana yang menyenangkan, seperti mengoceh dan bercanda dengan si Kecil, ternyata juga bisa jadi kegiatan yang menstimulasi perkembangannya.

Robert Myers, Ph.D., seorang psikolog anak dari University of California, Irvine School of Medicine mengatakan bahwa menstimulasi otak anak selama masa 6 bulan pertamanya dengan menciptakan situasi yang membiarkan anak mengeksplor lingkungan bisa membantunya beradaptasi dengan baik.

Lebih lanjut Robert Myers menjelaskan, kegiatan stimulasi yang dilakukan anak bersama orangtua juga akan meningkatkan ikatan batin yang kuat. Sehingga orangtua bisa mengenal dan memerhatikan pertumbuhan anak lebih baik. Memilih kegiatan untuk menstimulasi perkembangan si Kecil usia 0 – 6 bulan tidak harus yang merepotkan kok, Ma.

Berikut ini Popmama.com merangkum kegiatan sederhana yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil untuk menstimulasi perkembangannya.

1. Berbicara dan bernyanyi

1. Berbicara bernyanyi
freepik.com

Ajak si Kecil ngobrol dengan intonasi dan ekspresi suara yang berbeda-beda. Mama juga bisa bernyanyi untuk mengenalkan si Kecil pada beragam nada suara. Perhatikan reaksi dan ekspresi si Kecil pada intonasi suara yang berbeda. Kegiatan ini akan membantu perkembangan indera pendengaran, bahasa, dan juga pengaturan emosinya.

Editors' Picks

2. Melacak benda dan berkaca

2. Melacak benda berkaca
freepik.com

Mama bisa menggerakkan mainan warna-warni di depan wajah si Kecil ke kiri dan kanan secara perlahan. Biarkan mata si Kecil mengikuti arah mainan yang Mama gerakkan.

Selain itu Mama juga bisa memperlihatkan bayangan si Kecil dan Mama di cermin dan mengajak si Kecil berbicara. Kegiatan ini bisa menstimulasi perkembangan penglihatan dan juga perkembangan emosinya.

3. Mengikuti gerakan sederhana

3. Mengikuti gerakan sederhana
unsplash.com

Perhatikan berapa banyak gerakan yang bisa diikuti oleh si Kecil. Mama bisa melakukan gerakan sederhana seperti membuka dan menutup telapak tangan, bertepuk tangan, atau melambaikan tangan. Kegiatan sederhana ini bisa melatih ingatannya dan juga melatih respon si Kecil saat berkomunikasi.

4. Menari

4. Menari
unsplash.com

Mama bisa menari bersama si Kecil dengan mendekapnya dalam pelukan Mama dan bergerak lembut mengikuti irama musik. Kegiatan ini selain merangsang pendengaran si Kecil, juga akan menguatkan ikatan batin Mama dan si Kecil, serta menstimulasi perkembangan emosionalnya.

5. Pijat

5. Pijat
freepik.com

Pijat si Kecil dengan lembut mulai dari jemari kakinya, bagian dada, area tulang belakang dari leher hingga bokong. Kemudian akhiri pijatan panjang dari bahu sampai kakinya kembali. Selain dapat merangsang indra peraba si Kecil, momen pijat ini juga bisa menguatkan ikatan emosional antara Mama dan si Kecil.

Itulah beberapa kegiatan sederhana yang bisa membantu menstimulasi perkembangan si Kecil pada usia 0 – 6 bulan. Sangat bisa dilakukan bersama si Kecil di rumah kan, Ma? Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.