5 Aktivitas Bonding yang Bisa Papa Lakukan Bersama si Kecil di Rumah

Keterlibatan Papa sangat berarti bagi ikatan dengan si Kecil dan Mama juga lho

11 Mei 2020

5 Aktivitas Bonding Bisa Papa Lakukan Bersama si Kecil Rumah
Freepik/prostooleh

Selama ini kita mungkin lebih sering mendengar pentingnya bonding antara Mama dan si Kecil. Ibu dianggap sebagai sekolah pertama bagi anak. Lantas, bagaimana dengan Papa?

Peranan Papa tak kalah penting dalam tumbuh kembang anak. Bagaimana pun juga, anak perlu mendapatkan waktu berkualitas yang seimbang antara Mama dan Papanya, yang nantinya akan dikenang sebagai saat-saat yang berkesan di masa dewasanya. 

Inilah momen atau aktivitas bonding berharga nan sederhana yang bisa Papa lakukan bersama si Kecil di rumah. 

1. Waktu makan

1. Waktu makan
Freepik/mario_sbytova

Biasanya, waktu makan adalah teritori Mama karena Mama lah yang menyusui si Kecil. Tetapi Papa juga bisa terlibat lho, Ma. Misalnya dengan membantu bayi bersendawa seusai menyusu atau menepuk-nepuk punggungnya agar terasa nyaman. Di awal-awal, mungkin Papa akan panik melihat bayi yang gumoh. Tak masalah kok, Ma. Jadikan kesempatan ini untuk mengajari Papa bagaimana cara menangani bila bayi gumoh atau muntah. 

Tak hanya membuat bayi jadi lebih dekat dengan sang Papa, tetapi ini adalah waktu di mana keluarga kecil Mama bisa melakukan 'ritual' bersama-sama.

Editors' Picks

2. Waktu mandi

2. Waktu mandi
poplyft.com

Mandi adalah kegiatan harian yang mungkin terasa sepele bagi sebagian orangtua. Tetapi, jangan salah, Ma. Si Kecil sebetulnya sangat suka saat tubuhnya dipijat dan tersentuh hangatnya air saat mandi. 

Waktu mandi juga dapat menjadi momen yang menyenangkan sebagai satu keluarga. Papa bisa berperan menyeka tubuh bayi, sementara Mama mencuci rambutnya. Semakin sering Papa terlibat dalam memandikan bayi, maka kepercayaan dirinya akan semakin tumbuh dan semakin luwes.

3. Mengeloni anak

3. Mengeloni anak
Freepik/Iyash

Malam hari bersama bayi baru lahir bisa menjadi waktu yang menantang bagi para orangtua baru. Menyusui, mengganti popok, hingga menidurkan bayi. Semuanya mungkin terlihat mudah, tapi ketika dijalani nyatanya cukup menantang. 

Di waktu inilah Mama perlu melibatkan Papa, meski hanya untuk mengeloni si Kecil. Biarkan Papa menidurkan bayi sambil memeluknya, dan menikmati momen ini. Mama pun punya waktu ekstra untuk beristirahat.

4. Libatkan Papa dalam rutinitas pagi

4. Libatkan Papa dalam rutinitas pagi
Freepik/bristekjegor

Rutinitas pagi tiap keluarga pastilah berbeda. Sejak si Kecil lahir, Mama bisa berbagi tugas rutinitas pagi dengan Papa. Misalnya, Mama memandikan, Papa mengganti popok dan pakaiannya. 

Meski hanya sebentar, momen merawat bayi di pagi hari sangat berarti lho bagi Papa sebelum ia pergi beraktivitas. Mungkin Papa masih belum bisa seluwes Mama dalam menangani kebutuhan si Kecil, tetapi jadilah kreatif. Mama dan Papa pasti dapat menggabungkan beberapa rutinitas harian beriringan dengan kualitas ikatan yang terjalin dengan si Kecil.

5. Biarkan Papa dan si Kecil memiliki ritualnya sendiri

5. Biarkan Papa si Kecil memiliki ritual sendiri
Freepik/Freepic.diller

Sebagai seorang ibu, mungkin Mama punya hasrat untuk mengendalikan segala sesuatu. Tetapi, cobalah untuk menahan diri sejenak, Ma. Biarkan Papa dan si Kecil memiliki ritualnya sendiri. Mama bisa membiarkan Papa membacakan dongeng sebelum tidur, atau bermain di taman sore hari. Beri mereka waktu untuk menemukan hal-hal hebat untuk dilakukan bersama-sama tanpa kita terlibat di dalamnya. 

Itulah lima aktivitas yang dapat meningkatkan bonding antara Papa dan si Kecil. Keterlibatan sosok Papa dalam kehidupan seorang anak sangatlah penting untuk menumbuhkan rasa cinta, sayang, dan perasaan berharga. Semoga menginspirasi ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.