Bolehkah Membersihkan Hidung Bayi dengan Cotton Bud?

Salah satu bagian tubuh bayi yang harus rutin dibersihkan adalah hidung.

6 Mei 2021

Bolehkah Membersihkan Hidung Bayi Cotton Bud
Unsplash/Sharon McCutcheon

Sebagai orangtua, Mama tentu ingin merawat si Kecil dengan baik sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Merawat bayi memang tidak mudah karena dibutuhkan keahlian khusus, terutama menjaga kebersihan tubuh si Kecil. 

Salah satu bagian tubuh bayi yang harus rutin dibersihkan adalah hidung. Apabila hidung kotor, maka pernapasan bayi juga bisa terganggu. Tak seperti orang dewasa, bayi belum bisa membersihkan hidungnya sendiri, terutama ketika ada lendir atau kotoran di hidungnya. 

Oleh karena itu, Mama perlu membantu bayi untuk membersihkan kotoran di hidungnya. Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membersihkan hidung bayi di antaranya menggunakan nasal spray atau cotton bud

Lantas, bolehkah menggunakan cotton buduntuk membersihkan hidung bayi? Bagaimana cara penggunaan cotton budyang tepat? Berikut rangkuman ulasannya dari Popmama.com

Kapan Harus Membersihkan Hidung Bayi?

Kapan Harus Membersihkan Hidung Bayi
Pexels/Laura Garcia

Sama seperti orang dewasa, Mama tak perlu setiap hari membersihkan hidung bayi. Mama hanya perlu membersihkan hidung si Kecil ketika ada kotoran atau lendir. Sebab, kotoran atau lendir tersebut bisa menghambat pernapasan si Kecil. 

Mama bisa mengetahui adanya kotoran di hidung bayi dengan memeriksanya secara langsung atau melihat tingkah si Kecil. Sebab, bayi umumnya akan rewel apabila merasa banyak kotoran di hidungnya. Cara paling mudah adalah memeriksa kebersihan hidung bayi secara berkala setiap hari. 

Editors' Picks

Penggunaan Cotton Bud untuk Bayi

Penggunaan Cotton Bud Bayi
Pexels/Karolina Grabowska

Cotton bud sebenarnya boleh digunakan untuk membersihkan hidung bayi. Cotton bud memang salah satu alat yang bisa dimasukkan ke hidung bayi yang masih sangat kecil. 

Meski begitu, Mama perlu ekstra hati-hati jika menggunakan cotton bud. Jangan sampai memasukkan cotton bud terlalu dalam ke dalam hidung bayi hingga membuat si Kecil merasa kesakitan. Pastikan pula kebersihan cotton bud sebelum memasukkannya ke hidung bayi. 

Bahaya Penggunaan Cotton Bud

Bahaya Penggunaan Cotton Bud
Freepik

Telah disinggung sebelumnya bahwa Mama perlu hati-hati saat menggunakan cotton bud untuk membersihkan hidung bayi. Dilansir dari Raising Children Australia, memasukkan benda asing, termasuk cotton bud, terlalu dalam ke hidung bayi bisa melukai selaput hidung. 

Selain itu, memasukkan cotton bud terlalu dalam juga dapat menyebabkan perdarahan di hidung bayi. Untuk membersihkan lendir, Mama sebaiknya tidak menggunakan cotton bud. Mama dapat menyeka lembut di sekitar lubang hidung untuk membersihkan lendir. 

Tips Membersihkan Hidung Bayi

Tips Membersihkan Hidung Bayi
Freepik/jcomp

Meski cotton bud boleh digunakan, ada beberapa cara untuk membersihkan hidung bayi dengan aman seperti dilansir dari Firstcry Parenting. Pertama, gunakan air biasa untuk membersihkan hidung, sebaiknya jangan gunakan sabun karena bayi biasanya masih sensitif terhadap sabun. 

Kemudian untuk membersihkan lendir, Mama dapat menggunakan sudut kain atau kapas bayi yang telah dibasahi air. Terpenting adalah menenangkan si Kecil saat Mama membersihkan hidungnya. Mama bisa menyanyikan lagu untuk menenangkan bayi atau mengusap lembut bagian dagu dan leher bayi. 

Dilansir dari Healthline, Mama juga dapat menggunakan humidifier untuk mengencerkan lendir di hidung bayi, lalu menggunakan uap air hangat atau cotton bud untuk mengeluarkan lendir dari hidung. 

Jika Mama masih ragu dan takut untuk membersihkan hidung bayi, Mama bisa meminta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman atau membawanya ke dokter. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.