Punya Anak Kelima, Zaskia Adya Mecca Enggan Pakai Babysitter

Memilih babysitter tentu tidak mudah

25 Januari 2021

Pu Anak Kelima, Zaskia Adya Mecca Enggan Pakai Babysitter
Instagram.com/zaskiadyamecca

Bagi Mama yang bekerja, tentu tidak mudah untuk membagi waktu bekerja dan mengurus bayi. Oleh karena itu, mau tidak mau, si Kecil terkadang harus dititipkan pada orang lain atau dijaga oleh babysitter

Apabila bayi masih memiliki kakek atau nenek, Mama mungkin bisa minta tolong untuk mengawasi si Kecil selama Mama bekerja. Namun, kondisi berbeda harus dihadapi Mama yang tinggal jauh dari nenek atau kakek bayi. Mama pun perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pengasuh anak. 

Memilih pengasuh anak tentu tidak mudah karena banyak hal yang perlu dipikirkan. Pengalaman tersebut juga dialami selebriti Zaskia Adya Mecca. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Zaskia menceritakan kebimbangannya antara memakai babysitter atau mengurus sendiri anak kelimanya. 

Seperti apa cerita Zaskia Adya Mecca tentang pertimbangannya memakai babysitter untuk mengurus anaknya? Berikut cerita Zaskia yang dirangkum Popmama.com dari unggahan di akun Instagramnya. 

1. Masih ragu pakai jasa babysitter

1. Masih ragu pakai jasa babysitter
Instagram.com/zaskiadyamecca

Seperti diketahui, Zaskia baru saja melahirkan anak kelima pada 3 Juli 2020 lalu. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu diberi nama Bhaj Kama Bramantyo. Kesibukan Zaskia pun bertambah setelah Kama lahir. 

Zaskia harus mengurus kelima anaknya sembari bekerja sebagai influencer, entrepreneur, dan artis. Walaupun sibuk, Zaskia mengaku masih ragu untuk memakai jasa babysitter karena dia terbiasa mengurus keempat anak sebelumnya sendiri. 

“Untuk Kama jujur masih maju mundur mau cari bantuan buat jagain... yang bilang “anak 5 tapi banyak yang bantuin enak aja” harus tau di rumahku ada 3 orang yang kerja,” kata Zaskia.

Editors' Picks

2. Pekerjaan rumah dibantu asisten rumah tangga

2. Pekerjaan rumah dibantu asisten rumah tangga
Instagram.com/zaskiadyamecca

Zaskia mengatakan, semua pekerjaan rumah selama ini dibantu oleh asisten rumah tangga. Sehingga dia masih bisa mengurus anak-anaknya dan pekerjaan. Zaskia mengaku saling bekerja sama dan membagi tugas ketika mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, belanja, mengawasi anak ketika sekolah online, dan membersihkan rumah. 

Saat ini, Zaskia telah memiliki tiga asisten rumah tangga. Menurutnya, bisa saja dia menambah asisten rumah tangga atau babysitter untuk meringankan pekerjaannya. Namun, dia khawatir rumahnya akan terlalu ramai. 

“Kenapa “kita” ?! Karna kupun ikut turun tangan kerjain semua.. Kita saling bantu. Bisa aja ku nambah orang kerja, tapi entah kenapa kok takut keramean,” ujar Zaskia. 

3. Keluarga tak setuju pakai babysitter

3. Keluarga tak setuju pakai babysitter
instagram.com/zaskiadyamecca

Alasan lainnya Zaskia tidak memakai jasa babysitter untuk mengurus anaknya yang menginjak usia enam bulan adalah pihak keluarga tidak menyetujuinya. 

“Semua ga setuju dan kayanya masih bisa terhandle walau di masa-masa krisis kaya tadi ku harus kerja, Kama cranky karena ga biasa dipegang orang lain, mbadi maiti ga bisa ikut karena nemenin empat anak lain sekolah online bener-bener bikin emosi campur aduk. Belum lagi banyak yang wasap juga tlf aku untuk urusan kantor-kerjaan-postingan atau sekadar tegur sapa,” curhat Zaskia. 

Oleh karena itu, Zaskia berpesan agar orang-orang yang menghubunginya memaklumi kondisi ketika dia terlambat membalas pesan. Sebab, dia masih memiliki kesibukan lainnya. Terpenting adalah selalu berpikir positif atas kesibukan orang lain. 

4. Bagaimana tips memilih babysitter?

4. Bagaimana tips memilih babysitter
Pexels.com/Daria Shevtsova

Seperti dijelaskan Zaskia, memilih seorang babysiter memang membutuhkan banyak pertimbangan. Bagi Mama yang ingin menggunakan jasa babysitter, jangan lupa untuk meminta rekomendasi dari orang terpercaya agar bisa menjaga dan mengawasi bayi dengan baik. 

Mama bisa pergi ke yayasan penyalur pengasuh anak untuk mencari babysitter. Setelah mendapatkan rekomendasi babysitter, jangan lupa untuk memerhatikan penampilan dan riwayat pekerjaannya. Pengalaman bekerja perlu diketahui agar Mama lebih yakin untuk mempekerjakannya. 

Terakhir, lakukan tes kesehatan terhadap calon babysitter agar mereka tidak menularkan penyakit tertentu kepada si Kecil. 

Demikian cerita Zaskia Adya Mecca yang enggan pakai babysitter untuk anak kelimanya. Memilih babysitter memang membutuhkan banyak pertimbangan, sehingga Mama sebaiknya mendiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan agar tidak berdampak negatif pada tumbuh kembang si Kecil. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.