5 Fakta Kelahiran Anak Kelima Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo

Sempat alami halusinasi pasca caesar

8 Juli 2020

5 Fakta Kelahiran Anak Kelima Zaskia Adya Mecca Hanung Bramantyo
Instagram.com/zaskiadyamecca

Pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo mengabarkan berita bahagia. Pasalnya, Zaskia telah melahirkan anak kelimanya pada Jumat (3/7/2020) di Yogyakarta.

Tepat pukul 06.11 WIB, buah hati Zaskia dan Hanung lahir di Rumah Sakit Jogjakarta International Hospital (JIH), Yogyakarta.

Kehamilan dan kelahiran kali ini dilewati saat masa pandemi Covid-19 sehingga menciptakan pengalaman yang berkesan bagi Zaskia. 

Berikut Popmama.com rangkum beberapa fakta mengenai kelahiran anak kelima Zaskia yang dilansir dari laman IDNTimes: 

1. Nama anak kelima berasal dari bahasa Sanskerta

1. Nama anak kelima berasal dari bahasa Sanskerta
Instagram.com/zaskiadyamecca

Anak kelima Hanung dan Zaskia ini diberi nama "Bhaj Kama Bramantyo". Sama seperti kakak-kakaknya, Kana, Kala, Kaba, dan Kata, nama si Kecil juga berinisial 'K'. 

Hanung selalu memberikan nama anak-anaknya dengan bahasa Sanskerta, begitu juga dengan anak kelimanya, Kama. "Bhaj" dalam bahasa Sanskerta berarti pengikut, bisa dimaknai sebagai pengikut Tuhan. Sementara "Kama" berarti cinta atau kasih sayang.

Apabila digabungkan, arti nama anak kelima Hanung dan Zaskia adalah pengikut Tuhan yang penuh cinta dari keluarga Bramantyo. 

Editors' Picks

2. Didampingi orang tersayang saat bersalin

2. Didampingi orang tersayang saat bersalin
Instagram.com/bhajkama

Sehari jelang persalinan, Zaskia mendapat kejutan. Ia kedatangan ibunda dan adik bungsunya, Alwin Kamil. Didampingi orang-orang tersayang, Zaskia melahirkan bayi laki-laki melalui operasi caesar. 

Momen bahagia ini Zaskia bagikan melalui akun Instagram miliknya @zaskiadyamecca. Ia mengunggah foto persalinan dengan menuliskan, "Alhamdulillah semua proses berjalan lancar, alhamdulillah didampingi 4 orang terpenting dalam hidupku, @hanungbramantyo @blessingseven, uti dan niwa."

3. Sempat alami halusinasi pasca persalinan

3. Sempat alami halusinasi pasca persalinan
Instagram.com/bhajkama

Setelah menjalani persalinan secara caesar, Zaskia sempat mengalami halusinasi dan tidak mengenali keluarganya.

Ia membagikan cerita ini melalui Instagram, "Lahiran kali ini cukup punya cerita yang campur aduk! Aku sempat halusinasi kebingungan aku kenapa, di mana, ngapain, enggak ngenalin Mama, Uti juga HB (Hanung Bramantyo)," tulis Zaskia.

"Mama sampai nangis panik, tapi alhamdulillah sudah terlewati semua. Tinggal di @bhajkama saja sekarang PR-nya. Bismillah ya, terus membaik," jelasnya.

Namun, kakak kandung dari artis Haikal Kamil tersebut tidak menjelaskan kronologis halusinasi yang ia alami secara rinci, tetapi Zaskia memastikan bahwa kondisinya telah berangsur membaik. 

4. Bayi Zaskia alami gangguan pernapasan

4. Bayi Zaskia alami gangguan pernapasan
Instagram.com/bhajkama

Zaskia cukup aktif membagikan pengalaman sejak masa kehamilan hingga pasca persalinan. Melalui media sosial Instagram, ia mengungkapkan kesedihan karena berpisah sementara dari bayinya setelah melahirkan.

"Baru pertama kali setelah melahirkan terpisah sama baby-nya," tulis Zaskia Adya Mecca pada Sabtu (4/7/2020). Zaskia Adya Mecca menceritakan bahwa putranya, Bhaj Kama Bramantyo harus menggunakan alat bantu napas sehingga belum bisa berada di sisinya.

Anak kelimanya, Bhaj Kama, dikatakan Zaskia mengalami TTN (Transient Tachypnea of Newborn) atau gangguan pernapasan pada bayi yang baru lahir.

"Tadi ketemu cuma ketika imd sebentar. Sekarang, dia harus pasang alat bantu napas minimal 48 jam sedangkan ku pasca caesar belum bisa bangun dari kasur buat samper dan nemenin @bhajkama, ya Allah berat banget rasanya," tulis Zaskia melanjutkan.

5. Bersyukur telah melewati masa sulit

5. Bersyukur telah melewati masa sulit
Instagram.com/zaskiadyamecca

Setelah melewati persalinan caesar yang cukup penuh dengan lika liku hingga sempat terpisah karena anak kelimanya alami TTN, Zaskia dan Hanung akhirnya bisa membawa buah hati mereka pulang ke rumah.

Kabar bahagia tersebut Zaskia umumkan melalui akun Instagramnya. Ia mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan juga sang suami, Hanung. 

"Makasih abi yang nemenin dan tegang bareng dari sebelum operasi, masa-masa halu ia (Zaskia), ketika sedih @bhajkama TTN sehingga harus pakai alat bantu napas, lalu Kama stabil, masuk penyinaran karena bilirubin tinggi, begadang kurang tidur sampe pusing di 4 hari pertama sampai ia menggigil hebat malem2 karena ASI kepenuhan (mastitis).. InsyaAllah drama serem udah lewat, kita mulai penyesuaian hidup dengan kehadiran #bhajkama iniii.. Selamat datang sayaaaangg..." tulis Zaskia pada Selasa (7/7/2020).

Itulah 5 fakta mengenai persalinan anak kelima Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Semoga Kama dapat tumbuh sehat dan menjadi putra yang membanggakan bagi keluarga. Amin!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.