Ma, Ini 5 Cara Menenangkan Bayi yang Kelelahan

1 Mei 2019

Ma, Ini 5 Cara Menenangkan Bayi Kelelahan
Freepik/phduet

Bayi kelelahan terkadang bisa membuat Mama pening dan frustasi. Biasanya bayi menjadi rewel dan sulit untuk dibuat tenang. Rasanya, segala upaya yang dilakukan Mama sia-sia dan bayi tetap menangis.

Beberapa memerlukan waktu istirahat yang berbeda-beda. Bisa jadi, bayi Mama membutuhkan jumlah istirahat lebih banyak dari bayi lainnya.

Jika Mama merasa bayi mulai lelah, ada beberapa hal yang dapat Mama lakukan untuk membantunya menjadi tenang dan mau beristirahat.

Tetapi sebelum membahas cara menenangkan bayi yang kelelahan, penting untuk mengetahui bagaimana dan mengapa bayi menjadi kelelahan. Dengan mengetahui penyebabnya, dapat membantu Mama mengatasi masalah dengan lebih baik.

Penyebab Bayi Menjadi Kelelahan

Penyebab Bayi Menjadi Kelelahan
Freepk/proostoleh

Pencegahan adalah solusi terbaik dan mengetahui apa penyebab bayi Mama menjadi terlalu lelah merupakan langkah awal yang baik.

Berikut beberapa alasan mengapa bayi Mama menjadi kelelahan:

  • Stimulasi berlebih

Sebagai orang dewasa, kita biasanya menghindari hal-hal yang mengganggu kita: lampu yang terlalu terang, suara yang terlalu berisik atau HP yang tak berhenti berbunyi. Hal-hal itu bisa membuat kita sulit untuk beristirahat. Lain halnya dengan bayi, mereka tidak bisa menghindari hal ini dan sistem sensorik bayi lebih sensitif. Jika bayi Mama terpapar stimulasi yang berlebihan, ini mungkin akan membuatnya lelah dan sulit beristirahat.

Istirahat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi ya, Ma. Sehingga ketenangan saat beristirahat perlu dijaga.

  • Tidak menyadari tanda-tanda bayi mengantuk

Mungkin perlu beberapa saat sebelum Mama menyadari bahwa bayi lelah dan mulai mengantuk. Jika bayi mengantuk, itu tidak berarti bayi akan tertidur sendiri tanpa bantuan Mama, biasanya bayi memberikan tanda bahwa energinya sudah habis. Mama harus memperhatikan tanda-tanda ini agar dapat segera meletakkannya di tempat tidur dan beristirahat.

  • Istirahat terganggu

Istirahat sangat penting untuk bayi. Pastikan saat bayi tidur, ia terbebas dari gangguan suara-suara. Jangan gendong bayi saat ia tidur, meski dalam keadaan tidur bayi Mama terlihat sangat lucu. Ini dapat mengganggu kualitas tidurnya dan menyebabkan bayi masih merasa lelah saat terbangun.

  • Konsumsi energi

Tubuh dan otak bayi secara konstan bekerja pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Produksi sel dan jaringan pada bayi lebih tinggi dan cepat bila dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga sebagian besar energi bayi digunakan dalam proses ini dan membuatnya mudah lelah dan mengantuk.

Mengganggu tidurnya akan membuatnya lelah dan dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Tentu Mama tidak ingin melakukan hal yang dapat membuat bayi kesayangan lelah dan mengganggu pertumbuhannya. Tetapi jika itu terjadi, jangan khawatir, Popmama.com memiliki tips bagaimana menenangkan bayi yang kelelahan.

1. Membungkus bayi dengan bedong

1. Membungkus bayi bedong
Pixabay/smpratt90

Membungkus bayi dapat membuatnya tenang dan aman. Bedong juga dapat melindungi bayi dari gerakan-gerakan yang dapat membuatnya terbangun.

Perhatikan cara membungkus bayi ya Ma, terlalu ketat juga tidak baik untuk bayi.

Editors' Picks

3. Memijat tubuhnya dengan minyak pijat bayi

3. Memijat tubuh minyak pijat bayi
Freepik/Peoplecreations

Tidak hanya orang dewasa yang suka dipijat ketika tubuhnya lelah, bayi juga. Gosok punggung yang lembut dengan minyak gosok atau krim dapat memberikan rasa nyaman bagi bayi yang sudah kelelahan.

Memijat bayi juga sangat baik untuk kesehatan bayi, selain itu dapat mempererat bonding antara Mama dan bayi.

4. Mendekap dan menggendong bayi

4. Mendekap menggendong bayi
Javi_indy / Freepik

Saat lelah, bayi mungkin hanya perlu dipeluk atau didekap saja. Dekapan mama akan membuatnya nyaman dan terlindungi. Ia juga butuh istirahat, namun tidur sendiri terlalu sulit baginya. Jadi, menggendong bayi dan berjalan-jalan dengannya mungkin merupakan hal yang ia butuhkan untuk membantunya tertidur.

Saat digendong, bayi merasa aman dan hangat karena berada dalam pelukan Mama. Gerakan berjalan-jalan juga dapat membuatnya lebih tenang dan kemudian tertidur.

5. Diayun-ayun atau dibuai

5. Diayun-ayun atau dibuai
Pricearea.com

Cara lain untuk menenangkan bayi yang lelah adalah dengan menggunakan ayunan bayi. Ayunan memungkinkan bayi menjadi rileks dan tertidur.

Tidak perlu membeli ayunan khusus, Mama dapat menyediakan kain gendong dan memasangnya di kusen pintu.

6. Memainkan musik untuk tidur

6. Memainkan musik tidur
Unsplash/Travis Yewell

Beberapa musik dapat membantu dalam perkembangan otak bayi dan menenangkan bayi Mama yang lelah.

Ketika bayi mulai terlihat lelah, bawa bayi ke kamar dan pasang musik pengantar tidur. Dijamin dalam beberapa saat bayi Mama langsung terlelap.

7. Meletakkan bayi di car seat sejenak

7. Meletakkan bayi car seat sejenak
Pixabay/Tammydz

Jika Mama memiliki car seat untuk bayi dan mudah dilepas, Mama dapat meletakkan bayi di car seat tersebut. Mama akan merasa takjub melihat betapa cepatnya bayi tertidur.

Hanya perlu waktu 5 menit untuk berkendara singkat dan membuat bayi tertidur.  

Setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda-beda ya, Ma. Ada beberapa bayi yang membutuhkan waktu lama untuk tidur. Jangan putus asa. Yang harus Mama lakukan adalah terus bereksperimen untuk mencari cara yang pas bagi bayi Mama.

Selamat mencoba.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.