11 Merek Susu Formula Bebas Laktosa untuk Bayi

Bayi tetap bisa minum susu formula meski alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, Ma

9 Agustus 2022

11 Merek Susu Formula Bebas Laktosa Bayi
Freepik/atlascompany

Bila bayi mama menunjukkan gejala-gejala seperti diare atau kembung, Mama mungkin berpikir kalau bayi tidak cocok atau alergi terhadap susu. Gejala-gejala yang muncul belum tentu merupakan reaksi alergi. Bayi mama mungkin mengalami intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa terjadi ketika bayi mengalami kesulitan mencerna laktosa, yang merupakan gula alami yang ditemukan dalam susu.

Bayi yang mengalami intoleransi laktosa biasanya menunjukkan gejala-gejala berikut:

  • Sakit perut dan kembung,
  • Diare,
  • Sembelit,
  • Kelelahan,
  • Muncul eksim,
  • Bisul di area mulut.

Bila ini terjadi pada si Kecil, Mama tentu bingung. Apa yang harus diberikan pada bayi? Padahal ASI dan susu formula adalah makanan utama si Kecil selama 6 bulan pertama.

Nah, Mama jangan khawatir. Ada beberapa produk susu laktosa yang kaya gizi dan aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. Kali ini Popmama.com akan mengulas soal merek susu formula bebas laktosa untuk bayi. Penting untuk diingat, diskusikan dulu dengan dokter mengenai susu yang sesuai dengan kondisi bayi. Semoga membantu ya, Ma!

1. Bebelove Gold Soya

1. Bebelove Gold Soya
Tokopedia.com

Bebelove Gold Soya tak hanya bebas laktosa sehingga aman untuk pencernaan. Susu formula ini juga mengandung soya yang tinggi serat.

Gabungan keduanya membuat Bebelove Gold Soya aman sekaligus menyehatkan untuk pencernaan bayi. Susu ini juga mengandung minyak ikan, zat besi, dan taurin yang baik untuk meningkatkan daya ingat.

Total ada 13 vitamin dan 9 mineral yang dapat mendukung pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang.

Harga: mulai dari Rp140.000 (700 gram)

2. Enfamil A+ LactoFree

2. Enfamil A+ LactoFree
Shopee

Enfamil A+ Lactofree Care adalah susu yang diformulasikan khusus untuk bayi berusia 0-12 bulan yang tidak bisa mencerna susu sapi dengan baik.

Dengan kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, asam folat dan mineralnya, susu ini dapat mendukung pertumbuhan bayi di usia emasnya. Jadi bayi pun bisa tetap mendapatkan nutrisi meski dalam kondisi intoleransi laktosa.

Harga: Rp208.200 (400 gram)

3. Lactogen Lactose Free

3. Lactogen Lactose Free
Bormadago.com

Lactogen Lactose Free merupakan susu formula bebas laktosa yang diperuntukkan untuk bayi berusia 0-12 bulan. Susu ini akan mencegah diare atau gangguan pencernaan pada bayi akibat laktosa.

Tak hanya itu, Lactogen Lactose Free juga mengandung minyak ikan yang baik untuk perkembangan otak bayi, serta berbagai mineral dan vitamin yang baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi, Ma.

Harga: Rp88.000 (400 gram)

4. Morinaga NL-33 Non Lactose

4. Morinaga NL-33 Non Lactose
Shopee.com

Jika bayi mengalami diare parah setelah mengonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi, maka Morinaga NL-33 Non Lactose bisa menjadi alternatif yang baik untuk si Kecil dari usia 0-12 bulan.

Ketidakmampuan mencerna laktosa akan memicu gangguan pencernaan. Maka mengonsumsi susu bebas laktosa dapat menjadi solusi agar bayi tetap mendapatkan gizi yang cukup selama masa pertumbuhannya.

Harga: Rp92.000 (350 gram)

Editors' Picks

5. Morinaga BMT Soya

5. Morinaga BMT Soya
JD.ID

Morinaga BMT Soya merupakan susu formula bayi yang dikeluarkan Morinaga di Indonesia. BMT diformulasikan khusus untuk bayi usia 0-6 bulan.

Susu ini terbuat dari protein kedelai, sehingga aman untuk bayi yang intoleransi terhadap laktosa atau protein susu sapi atau yang menderita galaktosemia.

Namun sebelum memutuskan untuk memberikan susu ini, diskusikan dulu dengan dokter, ya, Ma.

Harga: Rp 109.900 (300 gram)

6. Nestle NAN Lactose-Free

6. Nestle NAN Lactose-Free
Blibli.com

NAN Lactose-Free merupakan produk susu formula yang mengandung protein bebas laktosa (gula) untuk bayi yang terindikasi intoleransi laktosa.

NAN Lactose-Free mengandung OPTIPRO HA Protein Hypoallergenic yang berguna untuk mengurangi reaksi alergi dan probiotik Bifidus BL untuk mempertahankan fungsi saluran pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi.

Susu ini diformulasikan khusus untuk bayi usia 0-12 bulan sebagai susu formula lanjutan untuk masa pertumbuhan berikutnya.

Harga Rp 145.000 (400 gram)

7. Nutramigen LGG

7. Nutramigen LGG
Shopee

Nutramigen LGG adalah formula hipoalergenik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi yang alergi terhadap molekul protein utuh dalam susu sapi dan formula kedelai maupun dalam makanan lain. Nutramigen LGG tidak mengandung laktosa.

Protein dalam Nutramigen LGG terhidrolisa ekstensif menjadi molekul berukuran sangat kecil sehingga sangat kecil kemungkinannya memicu reaksi alergi.

Nutramigen LGG mengandung zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi dan dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber nutrisi sampai usia 6 bulan. Setelah konsultasi dengan dokter, penggunaan Nutramigen LGG dapat dilanjutkan setelah bayi berusia 6 bulan dengan tambahan makanan pendamping.

Harga Rp 383.000 (400 gram)

8. Nutribaby Royal Soya

8. Nutribaby Royal Soya
Tokopedia.com

Susu formula dari Nutribaby Royal ini diperkaya dengan isolat protein kedelai untuk bayi berumur 0-6 bulan. Susu ini cocok untuk bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau menderita galaktosemia.

Susu ini memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti prebiotik FOS & GOS, kolin, omega 3 & 6, zat besi, protein tinggi, kalsium tinggi, serta 12 vitamin dan 9 mineral baik bagi si Kecil.

Harga Rp 141.750 (350 gram)

9. Nutribaby Royal Pepti Junior

9. Nutribaby Royal Pepti Junior
Shopee

Nutribaby Royal Pepti Junior merupakan susu formula bayi untuk bayi usia 0-12 bulan. Susu ini ditujukan untuk sindroma malabsorbsi dan alergi protein susu sapi. Susu ini mengandung Protein Terhidrolisat Ekstensif, bebas Laktosa, dan mengandung MCT (Trigliserida Rantai Sedang). Penggunaan susu ini harus dibawah pengawasan tenaga medis.

Harga Rp 248.000 (400 gram)

10. Nutricia Bebelove FL

10. Nutricia Bebelove FL
Elevania

Nutricia Bebelove FL bisa dikonsumsi bayi berusia 0-12 bulan yang memiliki kondisi intoleransi laktosa. Susu bebas laktosa ini juga mengandung DHA dan AA yang baik untuk kesehatan mata, otak, dan jantung bayi.

Selain untuk bayi yang memiliki intoleransi laktosa, susu ini juga dapat dikonsumsi untuk si Kecil yang memiliki alergi susu sapi.

Harga: Rp113.500 (400 gram)

11. SGM Ananda Soya

11. SGM Ananda Soya
Goapotik.com

SGM Ananda Soya merupakan susu formula untuk bayi usia 0-6  bulan yang memiliki intoleransi laktosa. Susu ini dapat melengkapi nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil dalam masa pertumbuhan.

Susu ini mengandung:

  • Maltodekstrin,
  • Campuran minyak nabati (mengandung antioksidan di alpha tokoferol dan askorbil palmitat),
  • Isolat protein kedelai,
  • FOS-Inulin,
  • 8 Mineral,
  • DHA (mengandung antioksidan tokoferol dan natrium askorbat),
  • Premiks vitamin,
  • L-metionin,
  • Kolin Klorida,
  • L-Karnitin,

Harga: Rp 33.000 (200 gram)

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan, namun ada bayi yang memiliki intoleransi laktosa. Agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, Mama dapat memberikan susu bebas laktosa. Namun, diskusikan dulu dengan dokter mengenai susu yang tepat untuk bayi Mama.

Itu 11 merek susu bebas laktosa untuk bayi. Semoga bermanfaat, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk