3 Langkah Utama Membuat MPASI Lezat Berbahan Dasar Brokoli

Buat makanan pendamping ASI dari brokoli yuk, Ma!

17 Agustus 2019

3 Langkah Utama Membuat MPASI Lezat Berbahan Dasar Brokoli
Freepik/Photoroyalty

Saat si Kecil sudah melewati usia 6 bulan Mama perlu untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Salah satu bahan yang bisa Mama olah untuk menyajikan makanan pendamping si Kecil adalah brokoli. Brokoli mudah ditemukan dan harganya tidak terlalu mahal. Lagipula, brokoli mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, dan kalsium. Nutrisi itu semua dapat membantu untuk memperkuat tulang dan gigi si Kecil.

Tapi, bagaimana ya mengolah brokoli agar bisa dikonsumsi anak mama? Berikut Popmama.com kali ini membahas langkah-langkah untuk membuat MPASI dari brokoli.

1. Pilihlah brokoli yang masih segar dan kualitasnya bagus

1. Pilihlah brokoli masih segar kualitas bagus
Pixabay/RitaE

Pastikan Mama memilih brokoli yang masih bagus agar kandungan nutrisinya maksimal. Berikut adalah cara memilih brokoli yang segar dan bagus:

  1. Pilihlah brokoli yang kering. Biasanya, di sela-sela kuntum brokoli terdapat air. Brokoli yang basah lebih cepat mengalami proses pembusukan sehingga tidak lagi baik dikonsumsi.
  2. Perhatikan warna kuntum pada brokoli. Pilih kuntum yang masih padat dan yang warnanya masih hijau pekat. Jika pada kuntum brokoli terdapat kuntum yang kehitaman atau kuning sebaiknya jangan dibeli ya, Ma. Bercak hitam dan kuning pada kuntum brokoli terjadi disebabkan kotoran dan tanda layu.
  3. Tekan batang brokoli saat memilihnya. Jika batangnya masih keras, dapat dipastikan brokoli masih segar dan baik untuk diolah menjadi MPASI si Kecil.

2. Mempersiapkan brokoli untuk dijadikan makanan pendamping ASI

2. Mempersiapkan brokoli dijadikan makanan pendamping ASI
Freepik/Narong27

Mengolah makanan untuk si Kecil harus dilakukan dengan hati-hati karena pencernaanya masih sangat sensitif.

Bagian brokoli yang bisa diolah menjadi MPASI adalah kuntumnya. Mama harus teliti dalam membersihkan kuntum brokoli karena hama tanaman terutama ulat sering bersembunyi di sana.

Untuk mengolahnya, ini langkah yang harus Mama lakukan:

  1. Potong-potong terlebih dahulu kuntum brokoli sehingga lebih mudah Mama teliti kebersihannya.
  2. Rendam potongan brokoli ke dalam air bersih yang dicampur garam. Air garam berfungsi untuk membersihkan bakteri dan ulat yang menempel pada sayuran brokoli.
  3. Selesai Mama merendam brokoli dengan air garam, cuci kembali dengan air bersih mengalir.

Editors' Picks

3. Kreasikan brokoli dengan sayur dan buah

3. Kreasikan brokoli sayur buah
Freepik/Vladislav_chusov

Brokoli bercita rasa langu. Rasanya tawar dan berbau sayur yang kuat jika tidak ditambahkan sayur atau buah lain yang rasanya manis atau gurih alami. Untungnya, brokoli cocok ditambahkan dengan sayuran apa pun.

Kali ini Popmama.com berikan resep bubur brokoli yang dicampur buncis dan apel. Ini bahan yang harus Mama siapkan dan cara membuatnya:

Bahan:

  1. 100 gram kuntum brokoli segar,
  2. 100 gram buncis segar, 
  3. 1 buah apel dipotong kecil. 

Cara Membuat:

  1. Kupas buah apel yang sudah dicuci bersih. Buang biji apel dan potong buah menjadi ukuran kecil.
  2. Ambil brokoli dan buncis secukupnya potong halus.
  3. Kukus 3 bahan dasar tersebut sampai matang dan lunak.
  4. Setelah matang, masukan bahan tersebut ke dalam blender. Blender sampai halus tambahkan air matang jika bubur terlalu pekat.
  5. Sajikan bubur brokoli yang lezat kepada si Bayi. Sisa bubur yang belum dimakan, bisa Mama simpan di wadah dengan tutup dan simpan di freezer. 

Manfaat Brokoli sebagai MPASI Bayi

Manfaat Brokoli sebagai MPASI Bayi
Freepik/User6624752

Brokoli sebagai makanan pendamping ASI juga banyak manfaatnya.

Di dalam brokoli terdapat kandungan kaempferol dan isothiocynates zat ini merupakan anti inflamasi yang alami. Jika si Kecil memiliki alergi, anti inflamasi yang ada pada brokoli bisa mengurangi gejala alerginya.

Selain itu makanan ini juga tinggi akan serat sehingga akan memperlancar saluran cerna si Kecil.

Sekarang Mama bisa memberikan makanan pendamping ASI yang terbuat dari brokoli, selain memenuhi nutrisi si Kecil makanan ini juga akan menyehatkannya.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;