5 Manfaat Membaca Buku untuk Bayi, Coba Sekarang Yuk!

Membacakan buku pada bayi punya manfaat jangka panjang, lho

25 Januari 2020

5 Manfaat Membaca Buku Bayi, Coba Sekarang Yuk
Freepik

Mama pernah membacakan buku untuk bayi?

Sebagian besar orang tua boleh jadi menganggap membacakan buku untuk bayi bukan sesuatu yang lazim. Anggapan bahwa bayi belum bisa bicara dan belum mengerti membuat orangtua menunda mengenalkan buku pada bayi.

Padahal, membacakan buku pada bayi merupakan langkah pertama untuk mengenalkan buku dan membangun kebiasaan gemar membaca. Selain itu, membaca bukan sekadar pengisi aktivitas bayi sehari-hari.

Ada banyak manfaat jangka panjang dari membaca sejak dini yang bisa Mama rasakan kelak saat anak tumbuh besar. Berikut Popmama.comrangkum 5 manfaat membaca buku untuk bayi.

1. Membantu perkembangan bahasa si Kecil

1. Membantu perkembangan bahasa si Kecil
timesofmalta.com

Saat Mama membacakan suatu buku, bayi terpapar pada suara dasar, pola dan ritme suara ketika berbicara, perbendaharaan kata, makna suatu kata, dan bagaimana konteks penggunaan kata tersebut.

Jika diuraikan satu persatu memang terdengar abstrak, tetapi setiap kata dan intonasi yang Mama ucapkan akan terekam dalam ingatan bayi. Ini bagus untuk menstimulasi keterampilan berbahasanya kelak.

Editors' Picks

2. Melatih memusatkan perhatian dalam satu waktu

2. Melatih memusatkan perhatian dalam satu waktu
abcnews.com

Fokus dan memusatkan perhatian itu bisa dilatih, Ma. Salah satu cara mudah melatihnya adalah dengan membacakan buku.

Mendengarkan dan mengingat menjadi keterampilan penting dalam memusatkan perhatian. Mama bisa menggunakan suara berbeda untuk karakter cerita agar anak mudah tertarik mendengarkan.

Kemudian, membaca buku juga merupakan upaya Mama membantu si Kecil belajar aturan dasar komunikasi, yaitu mendengarkan saat orang lain berbicara. Dengan terbiasa membaca, bayi juga berlatih menyimak apa perkataan orang lain, merekam, dan mengingat apa yang diucapkan.

3. Mengembangkan kemampuan memahami informasi

3. Mengembangkan kemampuan memahami informasi
Pixabay.com/StockSnap

Pada awal membaca buku, bayi boleh jadi belum bisa mengikuti cerita atau dialog. Itulah mengapa buku khusus bayi biasanya hanya berupa gambar dalam satu halaman penuh dengan beberapa kata atau kalimat pendek.

Secara bertahap, kemampuan si Kecil memahami informasi pun meningkat. Ia belajar menghubungkan gambar, peristiwa, tindakan, dan objek dengan kata-kata yang tertulis dalam buku sebagai deskripsinya.

Lebih lanjut, informasi yang diperoleh lewat buku akan membantu bayi memetakan lingkungan. Misalnya, buku tentang benda menolong anak mengenali apa nama benda tersebut dan bagaimana wujud aslinya dari benda serupa yang ia temui di rumah.

4. Mempererat kedekatan Mama dan bayi

4. Mempererat kedekatan Mama bayi
Freepik/Prostooleh

Buku bisa menjadi sarana untuk mempererat kedekatan Mama dan bayi, selain bermain dengan menggunakan mainan sederhana. Kebersamaan yang dirasakan saat Mama membacakan buku untuk bayi memberinya perasaan aman, rasa diperhatikan, dan dicintai.

Bayi juga belajar bagaimana emosi manusia melalui ekspresi dan intonasi suara Mama saat membaca buku. Bahkan, suara Mama bisa membuat bayi lebih tenang.

Perasaan aman dan dicintai ini perlu untuk membangun rasa percaya bayi kepada orang tuanya. Pada tahap perkembangan selanjutnya, bayi akan belajar bahwa meski sesekali Mama tidak ada di dekatnya, ia tetap dilindungi dan disayangi, serta Mama pasti akan kembali.

5. Menumbuhkan kecintaan anak pada membaca

5. Menumbuhkan kecintaan anak membaca
Pixabay.com/szymonpacek
Wah, Si Kecil ternyata jenius nih, Ma!

Beberapa studi menunjukkan anak yang dibacakan buku sejak dini memiliki perbendaharaan kata lebih banyak daripada anak seusianya. Maka, menjadikan kebiasaan ini sebagai rutinitas sehari-hari keluarga akan mengajari anak bahwa membaca itu menyenangkan.

Membaca bukanlah sekadar tugas sekolah yang harus diselesaikan. Dengan gemar membaca, anak akan lebih mudah melalui masa sekolahnya kelak.

Demikian 5 manfaat membaca buku untuk bayi. Sebagai permulaan, Mama bisa memilih buku khusus bayi yang menampilkan lebih banyak gambar berukuran penuh satu halaman. Tidak perlu saklek mengikuti apa yang ada di buku, Mama bisa berimprovisasi sendiri membuat cerita berdasarkan gambar dalam buku tersebut. Seru!

Sudah membaca buku bersama si Kecil hari ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.