Nilai Gizi Berlimpah, Ini Macam Ikan Laut Terbaik untuk MPASI

Ikan termasuk sumber protein terbaik untuk bayi

7 Juli 2021

Nilai Gizi Berlimpah, Ini Macam Ikan Laut Terbaik MPASI
Pixabay/Pasja1000

Memasuki masa MPASI, Mama harus lebih bijak dalam memberikan asupan makanan untuk si Kecil. Pastikan Mama memenuhi semua kebutuhan gizinya. Salah satu zat gizi yang dibutuhkan adalah protein.

Banyak sekali sumber protein yang bisa Mama berikan ke dalam MPASI. Salah satu sumber protein adalah ikan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan penglihatan, sistem saraf, dan perkembangan otak bayi.

Pada umumnya, terdapat dua jenis ikan, yaitu ikan air laut dan ikan air tawar. Ikan air laut, memiliki rasa lebih gurih dan tekstur dagingnya lebih lembut. Sedangkan ikan air tawar, rasanya memiliki khas bau tanah dan teskturnya lebih padat. 

Lalu, apa saja ikan laut untuk bayi yang bisa Mama berikan? Popmama.com akan memberikan informasinya dari berbagai sumber. 

Yuk, disimak Ma! 

1. Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3

1. Ikan tuna kaya akan asam lemak omega-3
Unsplash/David Todd McCarty

Di dalam ikan tuna, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mendukung perkembangan saraf otak si Kecil. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan vitamin B yang dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak untuk menghasilkan energi dapat berlangsung cepat. 

Tidak sampai situ, ikan tuna juga membantu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi karena mengandung kalsium dan vitamin D.

2. Ikan kembung membantu perkembangan otak

2. Ikan kembung membantu perkembangan otak
Unsplash/ Richard Bell

Berkat kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan kembung, dapat membantu perkembangan otak anak. Bahkan, asam lemak omega-3 di dalam ikan kembung lebih banyak dibandingkan ikan salmon. 

Selain mengandung omega-3 dan DHA, ikan kembung juga mengandung vitamin seperti vitamin B12, vitamin D, dan fosfor dalam jumlah yang tinggi. 

Editors' Picks

3. Ikan bawal kaya akan mineral dan fosfor

3. Ikan bawal kaya akan mineral fosfor
Freepik/dashu83

Ikan bawal juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu mencerdaskan otak si Kecil. Tidak sampai situ, ikan bawal juga memiliki banyak kandungan mineral dan fosfor untuk memperkuat tulang dan gigi bayi. 

4. Ikan gabus mengandung tinggi protein

4. Ikan gabus mengandung tinggi protein
kkp.go.id

Ikan gabus dikenal memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut, sehingga sangat cocok sekali dimasukkan dalam menu MPASI bayi. Ikan gabus mengandung protein yang tinggi dibandingkan sumber protein yang ada di dalam ikan-ikan lainnya. 

Selain itu, ikan gabus juga mengandung kalsium, fosfor, dan kalium untuk tumbuh kembang si Kecil. 

5. ikan bandeng membantu meningkatkan kecerdasan

5. ikan bandeng membantu meningkatkan kecerdasan
Blibli.com

Ikan bandeng dikenal dengan ikan yang memiliki banyak duri. Namun, kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan bandeng juga sangat banyak. Terdapat protein, asam lemak omega-3 dan pastinya kandungan DHA yang tinggi dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasaran otak si Kecil. 

6. Ikan tongkol mempunyai nilai gizi yang berlimpah

6. Ikan tongkol mempunyai nilai gizi berlimpah
Bukalapak.com

Siapa sangka, ikan tongkol juga dapat diolah menjadi MPASI. Ikan tongkol adalah ikan yang sangat mudah sekali ditemukan di pasaran. Namun, nilai gizinya juga tidak kalah dengan ikan-ikan lainnya, justru ikan tersebut dikenal karena nilai gizinya yang berlimpah.

Ikan tongkol kaya akan protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Pastinya juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. 

Itulah keenam ikan laut untuk MPASI. Mama dapat berkreasi dari ikan-ikan tersebut untuk masuk ke dalam menu makanan si Kecil. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.