Manfaat Kabocha untuk Bayi, Bisa Membuat Tidur Lebih Nyaman

Yuk Ma, simak kabocha sebagai MPASI yang kaya akan nutrisi

30 Maret 2021

Manfaat Kabocha Bayi, Bisa Membuat Tidur Lebih Nyaman
Pexels/meru-bi

Bayi mulai mengonsumsi asupan nutrisi selain ASI setelah berusia genap enam bulan. Hal ini karena kebutuhan asupan nutrisi dan gizi bayi semakin meningkat. Pada tahap ini Mama akan mulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada si Kecil. Kendati demikian Mama harus memerhatikan makanan apa yang sesuai untuk diberikan kepada si Kecil.

Salah satu jenis bahan makanan yang bisa Mama berikan kepada si Kecil adalah kabocha. Kabocha merupakan labu kuning khas Jepang yang memiliki kandungan nutrisi dan baik untuk bayi.

Berikut Popmama.com telah merangkum manfaat kabocha untuk bayi.

1. Menjaga kesehatan mata

1. Menjaga kesehatan mata
Pexels/ekaterina

Kabocha memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A akan membantu si Kecil dalam perkembangan penglihatannya.

Kesehatan panca indera pada si Kecil butuh perhatian yang ekstra, Ma. Bayi masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan saraf maupun motorik, sehingga asupan yang diberikan tidak boleh sembarangan karena akan sangat berpengaruh pada perkembangannya.

Editors' Picks

2. Kaya akan vitamin C

2. Kaya akan vitamin C
Pexels/karolina-grabowska

Memberikan kabocha sebagai MPASI sangat direkomendasikan, karena kabocha memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri berguna untuk menjaga metabolisme serta kekebalan tubuh si Kecil.

Saat menjadikan kabocha sebagai MPASI, Mama harus memerhatikan tekstur dari kabocha itu sendiri. Karena kabocha adalah jenis makanan berserat jadi Mama perlu mengelola kabocha menjadi tekstur yang selembut mungkin.

3. Mengurangi risiko kanker

3. Mengurangi risiko kanker
Pexels/oila-danilevich

Kabocha memiliki kandungan beta karoten yang mampu menekan risiko tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh, Ma. Kanker merupakan penyakit mematikan yang memang tidak mengenal usia. Dengan memberikan kabocha sebagai MPASI, Mama dapat meminimalkan risiko penyakit kanker pada si Kecil.

Selain itu, beta karoten yang ada di dalam kabocha juga bisa meminimalkan efek buruk dari polusi udara yang menjadi permasalahan di sekitar kita.

4. Membuat tidur bayi lebih nyaman

4. Membuat tidur bayi lebih nyaman
Pexels/polina-tankilevitch

Selain vitamin, kabocha juga mengandung asam amino yang berguna untuk membuat bayi lebih nyaman saat tidur. Saat berusia enam bulan, bayi biasanya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dan cukup.

Menjaga kualitas tidur si Kecil diperlukan karena saat sedang terlelap otak bayi tetap bekerja dan menyimpan memori yang terjadi untuk perkembangannya.

5. Memberikan cukup nutrisi pada bayi

5. Memberikan cukup nutrisi bayi
Pexels/andrea-piacquadio

Untuk menjaga nutrisi si Kecil, Mama dapat memberikan MPASI kabocha secara rutin. Bayi masih berada dalam masa pertumbuhan, sehingga nutrisi yang diperlukan sangat tinggi dan perlu terpenuhi.

Kabocha sebagai MPASI berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi. Kabocha memiliki berbagai macam nutrisi yaitu berupa vitamin, mineral, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Itulah informasi mengenai manfaat kabocha untuk bayi. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama mencari makanan yang bernutrisi untuk MPASI ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.