6 Rekomendasi Merek Bubur Oatmeal untuk MPASI Bayi

Wajib dicoba nih, Ma

26 Maret 2021

6 Rekomendasi Merek Bubur Oatmeal MPASI Bayi
freepik.com/freepik

Ingin memberikan MPASI yang sehat tapi waktu Mama terbatas? Kadang Mama harus mengurus pekerjaan lain atau dalam kondisi kurang fit, sehingga tidak bisa maksimal menyiapkan MPASI untuk si kecil. Jangan merasa bersalah dulu, Ma. Mama bisa menyajikan bubur oatmeal instan yang siap dalam hitungan menit.

Oatmeal bisa menjadi pengganti nasi di menu makanan pendamping ASI atau MPASI, dan bisa melancarkan pencernaan bayi. Ini karena kandungan serat di dalam oatmeal dapat menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga bayi terhindar dari sembelit atau konstipasi.

Manfaat oatmeal berikutnya adalah membantu pertumbuhan tulang. Di dalam oat, mengandung berbagai mineral yang sangat tinggi, salah satunya kalsium. Ini menjadi mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang bayi karena ia masih dalam masa pertumbuhan yang perlu diperhatikan.

Namun, oatmel sebaiknya diberikan setelah bayi berusia delapan bulan. Untuk lebih memastikannya lagi, Mama bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Berikut beberapa rekomendasi merek oat untuk bayi yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama:

1. Bobs Redmill Instant Rolled Oat

1. Bobs Redmill Instant Rolled Oat
Bukalapak.com

Tanpa pengawet, gula, dan gluten, maka oatmeal ini aman untuk MPASI bayi di bawah satu tahun. Teksturnya sangat lembut dan mudah dicerna bayi. Untuk menambah cita rasa, Mama bisa tambahkan pisang yang sangat disukai si Kecil.

Untuk mengolahnya, tambahkan air mendidih atau masukkan ke dalam microwave selama satu hingga dua menit. Diamkan minimal satu menit lagi dan sarapan sehat si Kecil sudah siap disantap. Harga oatmealini berkisar Rp. 70 ribuan.

2. Cerelac Oat and Prunes

2. Cerelac Oat and Prunes
Bukalapak.com

Bubur bayi ini bisa diberikan untuk bayi usia delapan bulan ke atas. Rasanya lebih unik dibandingkan bubur bayi lainnya, karena rasa manisnya bercampur dengan rasa sedikit asam, namun bisa ditoleransi oleh bayi.

Rasa manisnya pas, dan teksturnya lumer di mulut bayi, meski tetap ada bagian yang sedikit kasar dan kenyal. Ini fungsinya untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Bubur ini juga tidak mengandung pengawet dan penguat rasa. Harga oatmealini sekitar Rp. 15-20 ribuan saja lho, Ma. Cukup murah, kan?

Editors' Picks

3. Health Paradise Organic Instant Baby Oat

3. Health Paradise Organic Instant Baby Oat

Terbuat dari 100 persen oat organik, oatmeal ini sudah melalui proses pemotongan, pre-cooked, dikeringkan, dikukus, dan kemudian dipipihkan untuk membantu Mama memasak dengan cepat.

Mengolahnya pun sama seperti oatmeal instan lainnya. Oat organik ini memiliki tekstur kental sekaligus empuk dan tidak terlalu lengket, sehingga menjadi salah satu pilihan oatmeal instan terbaik terutama untuk bayi. Dengan harga Rp. 105 ribuan Mama sudah bisa mendapatkan oatmealini.

4. Happy Baby Bellies Oatmeal Cereal Organic

4. Happy Baby Bellies Oatmeal Cereal Organic
Bukalapak.com

Bubur oatmeal instan organik ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk si Kecil, terutama bayi dengan alergi tertentu. Produk ini vegan, serta bebas susu, kacang kedelai, gluten, dan gandum.

Penyajiannya sangat praktis, tapi tetap bergizi tinggi. Produk ini mengandung probiotik untuk kesehatan pencernaan bayi, DHA dan kolin untuk pertumbuhan jaringan otak dan kesehatan mata, serta zat besi untuk mendukung kecerdasan bayi. Oatmealini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 110 ribuan.

5. Heinz Creamy Oat Porridge

5. Heinz Creamy Oat Porridge
Bukalapak.com

Jika Mama ingin memberi bubur oatmeal instan yang kaya rasa, produk dari Heinz ini pilihannya. Produk ini terbuat dari paduan enam macam gandum dan diperkaya dengan prebiotik, vitamin, dan mineral penting untuk pertumbuhan bayi. Di dalamnya juga terkandung kalsium yang mendukung pertumbuhan tulang dan zat besi untuk perkembangan kognitif bayi.

Bubur ini mengandung gluten dan susu, tanpa tambahan garam dan gula, namun mengandung gula bawaan dari susu, sereal, dan buah (untuk variasi rasa lain).

Cara memasaknya mudah, tinggal seduh dengan air mendidih. Rasa creamy kaya susu pasti disukai anak. Sebagai variasi, Mama juga bisa memilih variasi lain, yaitu Oat & Apple Porridge dan Blueberry Oat Porridge. Harga oatmealini hanya sekitar Rp. 60 ribuan saja lho, Ma.

6. Promina Sweet Cereal Chocolate Avocado

6. Promina Sweet Cereal Chocolate Avocado
Bukalapak.com

Bubur bayi untuk usia sembilan bulan ini punya rasa yang gurih manis dan teksturnya yang sedikit kasar akan membuat bayi terus mengunyahnya. Sekilas rasanya mirip dengan jus alpukat, namun lebih lembut dan dominan rasa cokelat dan serealnya.

Sereal ini diperkaya dengan omega 6 untuk meningkatkan perkembangan sel otak bayi dan prebiotik FOS untuk kesehatan saluran cernanya. Mama sudah bisa mendapatkan oatmealini dengan harga Rp. 30 ribuan saja.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi merek oat untuk bayi. Pilih salah satu oatmeal MPASI ini yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil ya, Ma. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.