10 Kasus Bayi Positif Covid-19 di Tahun 2020, Mama Harus Terus Waspada

Bayi lahir positif Covid-19 tak selalu karena Mama juga positif.

31 Desember 2020

10 Kasus Bayi Positif Covid-19 Tahun 2020, Mama Harus Terus Waspada
Freepik/alexandrgrant

Tak terelakkan, pandemi Covid-19 bisa menimpa siapa saja, termasuk bayi mungil, bahkan yang baru saja lahir.

Jika orang dewasa saja penuh perjuangan melawan gejala Covid-19 yang menyerang saat mereka didiagnosis positif, begitu juga dengan bayi. Beberapa bayi yang masih berusia hitungan bulan bahkan ada yang meninggal karena virus ini.

Mama yang sedang hamil, akan melahirkan, dan punya bayi sangat rentan terhadap virus ini. Sepanjang pandemi Covid-19 dimulai, Maret hingga Desember 2020 ini, ada beberapa kasus bayi positif yang berhasil dirangkum Popmama.com. Berikut ini 10 kasus bayi positif Covid-19 di tahun 2020 yang sempat menjadi pembicaraan, untuk sekadar mengingatkan bahwa kita semua masih perlu menjaga kesehatan di situasi sekarang ini. 

1. Bayi 3 bulan didiagnosis positif Covid-19 di Bogor

1. Bayi 3 bulan didiagnosis positif Covid-19 Bogor
IDN Times/ ANTARA FOTO/Handout via REUTERS

Kabar pertama datang dari Bogor, April 2020. Bayi berusia tiga bulan yang tinggal di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, didiagnosis positif Covid-19 setelah menjalani tes swab tenggorokan di RS Husada, Cibinong. Sebelumya, bayi ini mengalami demam, dan orangtuanya langsung membawanya ke rumah sakit.

Tak ada penjelasan detail bagaimana bayi ini bisa tertular virus corona. Pihak orangtua dan orang-orang yang berada di lingkungannya pun harus menjalani rapid test sebagai tindakan pencegahan.

2. 2 bayi PDP Covid-19 di Yogyakarta meninggal

2. 2 bayi PDP Covid-19 Yogyakarta meninggal
Pixabay/cynthia_groth

Dua bayi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Yogyakarta meninggal dunia. Masing-masing adalah PDP berusia 10 hari warga Sleman yang meninggal tanggal 13 April 2020. Satu lagi merupakan PDP berusia satu tahun warga Sleman meninggal tanggal 15 April.

Meski hasil tes belum keluar dan belum dinyatakan positif Covid-19, bayi berusia 10 hari tersebut sempat dirawat di RS PKU Muhammadiyah, Yogyakarta. Sementara bayi laki-laki yang berusia satu tahun dirawat di RS Pratama, Yogyakarta.

Bayi berusia 10 hari itu memiliki penyakit bawaan, meningitis, dan tidak ada riwayat pergi ke luar daerah. Meski demikian, dia tetap dimasukkan dalam daftar PDP karena ada gejala pneumonia. Sedangkan bayi yang berusia satu tahun dikategorikan PDP karena pernah kontak dengan orangtuanya yang bekerja di Klaten, dan ditemukan gejala klinis Covid-19 pada bayi tersebut.

3. Bayi 5 bulan positif Covid-19 di NTB meninggal

3. Bayi 5 bulan positif Covid-19 NTB meninggal
Unsplash/Omar Lopez

Bayi perempuan berusia lima bulan asal Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), meninggal dunia setelah terdaftar sebagai pasien positif Covid-19 nomor 338 di RSUD dr R Soedjono, Selong. Saat dibawa ke rumah sakit, dikabarkan bayi tersebut mengalami pneumonia berat. Ia meninggal dunia saat menjalani perawatan hari pertama (28/4/2020).

Bayi ini tidak pernah melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19 sebelumnya. Dia juga tidak melakukan perjalanan ke daerah yang rawan. Petugas medis masih menyelidiki penyebab sang Bayi terpapar virus corona, sementara jenazahnya telah dimakamkan dengan standar protokol Covid-19.

4. 2 bayi berusia 14 Hari di Sumatera Selatan positif Covid-19

4. 2 bayi berusia 14 Hari Sumatera Selatan positif Covid-19
Freepik/KamranAydinov

Masuk ke bulan Mei, ada lagi kabar tentang dua bayi positif Covid-19, yang kali ini datang dari Sumatera Selatan. Selain mereka, ada tujuh anak lainnya yang juga terjangkit virus corona di saat bersamaan. Diduga bahwa bayi 14 hari ini terpapar dari ibunya yang sudah lebih dulu dinyatakan positif.

Editors' Picks

5. Bayi usia 50 Hari di Cirebon positif Covid-19

5. Bayi usia 50 Hari Cirebon positif Covid-19
Pixabay/one_life

Bayi berusia 50 hari di Cirebon, Jawa Barat dinyatakan positif Covid-19. Diketahui, bayi ini terkena virus Covid-19 setelah dibawa menghadiri hajatan. Pada Sabtu (6/6/2020) bayi berusia 50 hari tersebut terdaftar sebagai kasus ke-14 di Cirebon. 

Dari keterangan yang disampaikan, awalnya si Bayi mengalami gejala seperti suhu tubuh tinggi hingga 38 derajat, batuk, sesak napas dan diare. Kemudian, bayi tersebut dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan. Ketika dilakukan rapid test, diketahui kalau bayi tersebut menunjukkan hasil reaktif. Setelah melakukan tes swab akhirnya dipastikan bahwa bayi tersebut positif Covid-19.

6. Bayi kembar baru lahir positif Covid-19

6. Bayi kembar baru lahir positif Covid-19
Pixabay/juanluis

Bukan di Indonesia, kabar yang ini datang dari Meksiko pada pertengahan tahun 2020. Bayi kembar tiga yang baru dilahirkan seorang mama di sana ini terdiagnonis positif Covid-19. Yang mengejutkan adalah, orangtua dari bayi kembar tersebut justru dinyatakan negatif virus corona. 

Dua bayi yang dilahirkan prematur tersebut berjenis kelamin laki-laki, sementara satu lainnya perempuan. Kasus ini bikin heboh, baik di Meksiko maupun dunia internasional, mengingat kasus positif Covid-19 yang terjadi pada bayi baru lahir sangat jarang terjadi saat itu.

7. Bayi baru lahir di Nganjuk terkonfirmasi positif Covid-19

7. Bayi baru lahir Nganjuk terkonfirmasi positif Covid-19
Unsplash/Nyana Stoica

Seorang bayi perempuan yang baru lahir di Nganjuk, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19. Bayi ini termasuk satu dari 12 kasus Covid-19 di Nganjuk dalam bulan Oktober lalu. Bayi ini diketahui tertular virus corona dari sang Mama. 

    8. Bayi usia satu hari di Kabupaten Bogor meninggal dengan status PDP Covid-19

    8. Bayi usia satu hari Kabupaten Bogor meninggal status PDP Covid-19
    Unsplash/Jonathan Borba

    Seorang bayi dengan status PDP di Kabupaten Bogor meninggal dunia pada usianya yang baru satu hari pada Mei 2020 lalu. Saat kabar tersebut diumumkan, total kasus bayi meninggal di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah mencapai lima orang. 

    9. Bayi 4 bulan di Parepare terkena virus Corona setelah ayah pergi makan-makan

    9. Bayi 4 bulan Parepare terkena virus Corona setelah ayah pergi makan-makan
    Unsplash/Jonathan Borba

    Masih di bulan Mei, seorang bayi berusia empat bulan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan juga terkena virus corona. Diduga bayi ini tertular virus corona dari ayahnya yang juga positif setelah acara makan-makan bersama keluarga. Bayi yang menjadi transmisi lokal penularan Covid-19 itu menjalani isolasi di RSUD Andi Makassar saat dinyatakan positif.

    10. Bayi suspek Covid-19 di Medan berjuang hidup setelah Mama dan kembarannya meninggal

    10. Bayi suspek Covid-19 Medan berjuang hidup setelah Mama kembaran meninggal
    Unsplash/Brytny.com

    Kabar terakhir datang dari Medan pada September lalu, seorang bayi perempuan bertahan hidup setelah ditetapkan dengan status suspek Covid-19. Sebelumnya, sang Ibu telah lebih dulu meninggal pasca persalinan. Beberapa hari kemudian, bayi laki-laki kembarannya yang juga menjadi suspek Covid-19 pun meninggal dunia.

    Nah, itulah 10 kasus bayi positif Covid-19 yang paling banyak dibicarakan di tahun 2020. Semoga informasi ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa pandemi belum berakhir. Sehat selalu ya, Ma.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.