Jenguk Bayi Jadi Klaster Baru Usai 5 Anggota Keluarga Positif Covid-19

Tak perlu bertemu langsung, ada cara yang bisa dilakukan untuk menjenguk kerabat pasca persalinan

6 Oktober 2020

Jenguk Bayi Jadi Klaster Baru Usai 5 Anggota Keluarga Positif Covid-19
Pixabay/cynthia_groth

Penyebaran Covid-19 masih terus meningkat seiring berjalannya waktu. Berdasarkan data yang dirilis Pemprov DKI Jakarta dalam situs corona.jakarta.go.id hingga hari Senin (5/10/2020) pukul 23.00 WIB tercatat sebanyak 307.120 kasus terkonfirmasi Covid-19 secara nasional. 

Ada sekitar 63.274 orang masih dirawat, 232.593 orang dinyatakan sembuh dan 11.253 orang lainnya meninggal dunia. Data kasus terkonfirmasi Covid-19 ini telah diumumkan secara resmi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 

Semakin bertambahnya angka kasus positif, sekarang terdapat klaster baru yakni klaster jenguk bayi di Ponogoro, Jawa Timur. 

Kasus terungkap ketika sang Mama yang melahirkan di bidan sepekan lalu ini mulai panik karena bayinya mengalami diare. Demi kesehatan, keluarga mereka pun dilakukan serangkaian tes untuk mengetahui positif Covid-19 atau tidak. 

Usai menjalani tes, sang Mama dari bayi tersebut dinyatakan positif Covid-19. Sekitar lima anggota keluarga lainnya termasuk bidan yang membantu proses persalinan pun terkonfirmasi positif. Sementara itu, hasil dari si Kecil masih terus ditunggu. 

Munculnya klaster baru tersebut terjadi setelah sejumlah tetangga dan kerabat terdekat sempat berusaha untuk menjenguk bayi yang baru lahir tersebut. Sebelumnya tidak ada yang mengetahui bahwa keluarga yang mereka kunjungi ternyata positif Covid-19. 

Di tengah pandemi yang masih terus terjadi sampai sekarang, tak jarang ada sebagian orang terkesan acuh terhadap kesehatan dirinya sendiri serta orang lain. Padahal konsep berpikir yang salah ini mampu meningkatkan penyebaran virus menjadi lebih cepat dari hari ke hari. 

Sebelum klaster menjenguk bayi baru lahir menjadi semakin banyak serta meningkatkan penyebaran virus, kali ini Popmama.com akan berbagi tips terkait melakukan silaturahmi dengan teman atau keluarga pasca persalinan tanpa harus bertemu secara langsung. 

Pergunakan teknologi yang ada agar tetap bisa sama-sama menjaga kesehatan dari paparan Covid-19 yuk, Ma! 

Editors' Picks

1. Memberikan hadiah tanpa perlu berkunjung secara langsung

1. Memberikan hadiah tanpa perlu berkunjung secara langsung
Pixabay/Pexels

Selama pandemi Covid-19, setiap orang perlu fokus untuk menjaga kesehatan. Ketika ingin menjaga silaturahmi saat teman atau keluarga terdekat baru saja melahirkan, ada baiknya untuk mencari cara lain agar tidak perlu bertemu secara langsung. 

Mama masih tetap bisa menjaga silaturahmi dengan cara mengirimkan paket hadiah. Carilah referensi terkait ide kado yang memang cocok diberikan untuk bayi baru lahir. 

Memilih hadiah untuk bayi baru lahir memang susah-susah gampang, namun alangkah baiknya untuk mencari barang yang memang bermanfaat. Jika bingung, bisa juga memilih hadiah untuk sang Mama. 

Ada alternatif pilihan yang bisa dibeli, seperti pompa ASI elektrik, daster menyusui, tas bayi atau paket perawatan kulit pasca persalinan. 

2. Menggunakan telepon dan video call bisa menjadi cara untuk tetap menjaga silaturahmi

2. Menggunakan telepon video call bisa menjadi cara tetap menjaga silaturahmi
Unsplash/Gabriel Benois

Selain memberikan hadiah tanpa perlu bertatap muka secara langsung, Mama bisa menggunakan teknologi untuk tetap menjaga silaturahmi. Di situasi seperti sekarang, komunikasi jarak jauh setidaknya dapat memudahkan silaturahmi sekaligus menjaga kesehatan masing-masing.

Jika teman atau keluarga terdekat baru saja melahirkan di tengah pandemi, alangkah baiknya melakukan komunikasi jarak jauh. Telepon atau video call bisa dilakukan untuk mengobati rasa rindu saat tidak bisa bertemu langsung. 

Video call pun bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi mulai dari Zoom, WhatsApp, atau Skype. Aplikasi tersebut bisa dipakai untuk memberikan ucapan selamat atas kelahiran anak dari teman atau keluarga terdekat, walau tidak bertemu secara langsung. 

3. Membuat unggahan ucapan melalui media sosial 

3. Membuat unggahan ucapan melalui media sosial 
Unsplash/Tim Bennett

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga menjaga silaturahmi di tengah pandemi Covid-19, yakni dengan mengunggah ucapan melalui media sosial. 

Saat ini, cara tersebut sering sekali dilakukan apalagi dengan berbagai fitur yang sudah semakin canggih. Setidaknya media sosial bisa mendekatkan yang jauh, walau sedang tidak bertemu secara langsung. 

Itulah berita mengenai klaster baru yakni klaster jenguk bayi. Dan beberapa alternatif yang bisa diterapkan dalam menjaga silaturahmi, terutama ketika ada teman atau keluarga terdekat yang baru saja melahirkan. Tanpa perlu berkunjung secara langsung untuk menjaga kesehatan masing-masing, beberapa cara di atas setidaknya bisa menjadi solusi terbaik. 

Yuk Ma, sama-sama menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain hingga pandemi Covid-19 ini berakhir!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.