Kegiatan untuk Mendukung Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Selain menyenangkan, kegiatan ini juga tidak memerlukan banyak mainan lho, Ma

28 September 2021

Kegiatan Mendukung Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan
Pixabay/katerinakucherenko

Menyaksikan buah hati tumbuh dan berkembang merupakan hal yang membanggakan bagi setiap orangtua. Melihat anak belajar mengangkat kepala, merangkak, berbicara, hingga berjalan merupakan sejarah penting yang akan dikenang orangtua hingga anak tumbuh dewasa nanti. 

Agar dapat tumbuh dengan optimal, orangtua harus mengetahui tahapan perkembangan anak sesuai dengan usianya. Dengan begitu, orangtua bisa membantu mengembangkan kemampuan anak dengan memberikan kegiatan yang sesuai dengan usianya.  

Pada usia 10 bulan bayi biasanya sudah memiliki keterampilan sosial dan emosional, misalnya berperilaku manja dengan orang dewasa yang sudah akrab. Bayi juga sudah mulai mengembangkan kemampuan bahasanya, seperti memahami kata "tidak", membuat suara berulang, mencontoh suara dan gerakan, hingga menggunakan jari untuk menunjuk. 

Selain itu, masih banyak lagi kemampuan yang mulai berkembang saat bayi menginjak usia 10 bulan, seperti kemampuan kognitif dan motorik kasar. Oleh karena itu, penting bagi orangtua mendampingi anak untuk melakukan kegiatan yang mendukung perkembangannya agar lebih optimal.

Kali ini Popmama.com akan mengulas tentang kegiatan yang dapat dilakukan untuk perkembangan bayi usia 10 bulan, dilansir dari what to expect. Mama bisa lakukan ini dengan si Kecil agar ia dapat mengembangkan kemampuannya dengan optimal. Langsung saja simak rangkuman berikut ini ya, Ma!

1. Bermain musik dengan alat dapur

1. Bermain musik alat dapur
Freepik/rawpixel.com

Mengenalkan musik pada bayi memiliki banyak sekali manfaat lho, Ma. Salah satu manfaatnya adalah membantu anak untuk mengeksplorasi nada dan ritme yang nantinya dapat membuat anak berpikir secara matematis.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan motorik dan sensorik anak. Anak akan belajar memahami bagaimana cara menggunakan alat yang sudah Mama berikan hingga menghasilkan bunyi yang ia inginkan. Anak juga dapat belajar membedakan suara sambil belajar bernyanyi dan berbicara. 

Cukup letakan mangkuk plastik, toples, atau barang lain yang tidak mudah pecah di lantai. Kemudian berikan sendok kayu dan biarkan ia memukul mangkuk hingga menghasilkan bunyi yang berbeda. Cukup mudah dan menyenangkan kan, Ma.

Editors' Picks

2. Menghitung sereal kering

2. Menghitung sereal kering
Freepik/shurkin_son

Kegiatan selanjutnya yang dapat mendukung perkembangan bayi adalah menghitung sereal kering atau biskuit. Mama bisa meletakan sereal di atas meja makannya, kemudian biarkan ia bermain sambil ajari cara berhitung dengan sereal tersebut. Meskipun bayi 10 bulan belum mengenal angka, namun cara ini merupakan langkah awal agar anak terbiasa dengan matematika.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu melatih keterampilan motorik halus bayi. Ia akan menguasai keterampilan menggenggam dan menjepit serta menjelajahi tekstur, bentuk, dan ukuran.

3. Menebak benda di bawah gelas

3. Menebak benda bawah gelas
Freepik/freepik

Tempatkan satu set gelas plastik di atas meja, susun menjadi satu baris. Kemudian letakan barang yang kecil di dalam salah satu gelas. Kemudian acak posisi gelas dan minta bayi untuk menebak gelas mana yang terdapat benda di dalamnya.

Di awal permainan mungkin bayi akan sedikit kesulitan sehingga Mama perlu membantunya. Jika bayi berhasil menebak, berikan apresiasi dengan bertepuk tangan sambil katakan hore! Melalui permainan ini, Mama membantu bayi untuk mengembangkan keterampilan kognitifnya.

4. Main lempar tangkap

4. Main lempar tangkap
Freepik/cookie_studio

Kegiatan lempar tangkap merupakan kegiatan yang sangat sederhana namun memiliki manfaat yang baik untuk kemampuan anak. Kegiatan ini membantu memperkuat keterampilan motorik kasar dan halus, serta koordinasi anak. Mama bisa menggunakan bola yang lembut dan ringan agar aman dimainkan bayi. 

5. Membuka hadiah

5. Membuka hadiah
Freepik/gpointstudio

Letakan mainan (tidak harus yang baru) di dalam kotak dus kosong, kemudian bungkus dengan kertas warna-warni. Tunjukan kepada bayi bagaimana cara membukanya, lalu biarkan ia membukanya sendiri. 

Berikan apresiasi ketika bayi berhasil membuka kotak hadiah tersebut. Kegiatan ini tidak hanya membantu keterampilan motorik halus, tetapi juga keterampilan bahasa yang berasal dari apresiasi positif dari Mama. 

Nah itulah kegiatan yang dapat mendukung kemampuan bayi usia 10 bulan. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak agar ia memiliki keterampilan sosial-emosional, kognitif, bahasa dan serta keterampilan fisik yang membantu mereka mengembangkan otot dan koordinasi. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.