6 Rekomendasi Balsam Bayi untuk Batuk Berdahak

Batuk berdahak akan membuat bayi merasa tidak nyaman, jadi Mama harus sigap mengatasinya

16 Oktober 2021

6 Rekomendasi Balsam Bayi Batuk Berdahak
Freepik/Odua

Bayi sangat rentan terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya belum sempurna seperti orang dewasa. Salah satu penyakit yang kerap dialami bayi adalah batuk berdahak. 

Batuk berdahak merupakan kondisi yang cenderung tidak berbahaya. Meski begitu, batuk berdahak dapat membuat bayi merasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, Mama perlu sigap dalam mengatasi batuk berdahak pada bayi.

Ada banyak obat-obatan yang dapat meredakan batuk pada bayi. Namun, bayi yang masih berusia dibawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan yang tidak dalam pengawasan dokter.

Sebab itu, sebaiknya Mama menggunakan obat lain yang lebih aman untuk meredakan batuk berdahak pada bayi.

Salah satu cara untuk meredakan batuk berdahak pada si Kecil adalah memberikan balsam khusus bayi.

Kali ini Popmama.com akan mengulas tentang rekomendasi balsam yang dapat meredakan batuk berdahak pada bayi. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak yuk, Ma.

1. Balsam Telon Tresnojoyo

1. Balsam Telon Tresnojoyo
Shopee.co.id

Balsam Telon Tresnojoyo merupakan balsam yang sudah tidak asing lagi di kalangan Mama karena  sudah sejak lama diproduksi oleh Tresno Joyo. Selain dapat  mencegah dan mengobati masuk angin dan perut kembung,  balsam ini juga dapat meredakan gejala batuk berdahak pada bayi.

Balsam ini bisa digunakan pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Memiliki tekstur seperti krim, balsam ini tidak menimbulkan lengket di kulit.Produk ini memiliki ukuran 20 gr dan bisa dibeli di e-commerce dengan kisaran harga Rp 10.000.

2. Bambi Baby Telon Balm

2. Bambi Baby Telon Balm
Dok. Bambi

Bambi Baby Telon Balm adalah balsam khusus bayi yang terbuat dari bahan alami untuk membantu melembabkan dan melembutkan kulit bayi dari cuaca dingin. Balsam ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak lengket, serta mudah meresap ketika digunakan. 

Balsam ini juga dapat meredakan batuk berdahak pada bayi. Cara penggunaannya cukup oleskan pada punggung dan dada bayi untuk memberikan kehangatan.

Balsam ini juga sudah lolos uji hypoallergenic sudah teruji klinis sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. Balsam ini tersedia dalam kemasan tube berukuran 50 ml. Mama bisa mendapatkan balsam ini di e-commerce dengan kisaran harga Rp 76.300.

Editors' Picks

3. Brauer Baby and Child Chest Rub

3. Brauer Baby and Child Chest Rub
www.chemistdiscountcentre.com

Brauer Baby and Child Chest Rub merupakan balsam bayi yang mengandung essential oil yang secara tradisional digunakan untuk meredakan gejala batuk. Produk ini sudah dipercaya sejak lama sebagai obat herbal untuk meredakan gejala flu dan batuk bagi si Kecil.

Balsam ini tidak mengandung bahan parafin dan paraben yang dapat merusak sel kulit. Oleh karena itu, produk ini cukup aman untuk digunakan dan bayi dan dapat terhindar dari iritasi.

Balsam ini tersedia dalam ukuran 300 gr dan dapat ditemukan di e-commerce dengan kisaran harga Rp 500.000.

4. Heritage Vapor Soove

4. Heritage Vapor Soove
productnation.co

Batuk berdahak dapat membuat bayi merasa sangat tidak nyaman. Batuk berdahak juga dapat mengganggu kualitas tidur bayi, sehingga ia akan lebih mudah merasa kelelahan.

Heritage Vapor Soove merupakan balsam bayi yang terbuat dari campuran eucalyptus, lavender, menthol, dan thyme. Bahan alami ini dapat memberikan efek penenang sehingga bayi yang mengalami batuk berdahak dapat merasakan efek relaksasi yang membuatnya merasa nyaman.

Balsam ini dapat meredakan batuk berdahak dengan cara mengoleskan secukupnya  pada bagian leher, dada, dan punggung bayi. Mama bisa mendapatkan balsam ini di e-commerce dengan kisaran harga Rp 90.000 dengan ukuran 30 gr.

5. Transpulmin Baby Balsam

5. Transpulmin Baby Balsam
Shopee.co.id

Transpulmin Baby Balsam merupakan balsam yang dapat digunakan untuk bayi di bawah usia 2 tahun. Balsam ini dapat meredakan banyak sekali masalah kesehatan bayi, termasuk batuk berdahak. 

Produk ini mengandung eucalyptus dan menthol yang memiliki aroma menenangkan dan memberikan efek hangat dan relaksasi ke tubuh. Balsam ini dapat dibeli di e-commerce dengan kisaran harga Rp 52.000 dengan ukuran 10 gr.

6. Vicks Baby Balsam

6. Vicks Baby Balsam
Bukalapak.com

Vicks BabyRub Soothing Ointment merupakan balsam bayi yang memiliki aroma eucalyptus, rosemary, dan lavender yang memberikan sensasi menenangkan pada bayi. Balsam ini cocok untuk meredakan batuk berdahak pada bayi karena dapat memberikan efek rileksasi.

Produk ini juga mengandung ekstrak lidah yang bagus untuk kulit. Balsam ini memiliki ukuran 50 gr dengan kisaran harga Rp 150.000 yang bisa Mama beli di e-commerce.

Nah itulah beberapa rekomendasi balsam bayi yang dapat meredakan batuk berdahak. Cara penggunaannya cukup oleskan pada punggung dan dada bayi agar memberikan sensasi hangat dan relaksasi. Jika batuk berdahak tak kunjung sembuh, segera konsultasikan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.