Pilih yang Cocok Ma, Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Bayi

Jangan khawatir Ma kalau si Kecil rewel, obat ini bisa dicoba

28 Juli 2021

Pilih Cocok Ma, Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Bayi
Unsplash/Katie Smith

Ketika si Kecil sakit maka akan timbul kekhawatiran bagi setiap Mama. Terlebih bayi mungkin akan rewel karena merasa tidak nyaman di tenggorokan dan hidungnya. 

Pilek merupakan infeksi akibat rhinovirus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Sementara, batuk pada bayi adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan kuman dari saluran pernapasan. Bayi dan anak-anak memang paling rentan terserang batuk dan pilek karena sistem imunnya yang masih belum sempurna.

Namun, harus diperhatikan tidak semua obat batuk dan pilek dapat dikonsumsi oleh bayi. Ada beberapa kandungan obat batuk yang disarankan tidak diberikan kepada bayi, dan biasanya kandungan ini ada pada obat generik. Kandungan tersebut adalah dekongestan, ekspektoran, antihistamin, dan antitusif. 

Lalu apa saja obat batuk dan pilek bayi yang aman untuk dikonsumsi? Kali ini Popmama.com akan memberikan rekomendasinya. 
 

1. Anacetine

1. Anacetine
Tokopedia.com

Obat pertama yang akan direkomendasikan adalah Anacetine. Obat berjenis sirup ini adalah obat yang digunakan untuk meringankan demam, sakit kepala, dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Obat ini merupakan obat bebas terbatas yang mengandung zat aktif paracetamol, guaifenesin, dan chlorpheniramine maleate.

Salah satu efek samping obat ini adalah membuat ngantuk. Bagi bayi usia dibawah 1 tahun : 3 x sehari ½ sendok takar (2,5 ml). Untuk mendapatkannya, Mama perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 9.000 - 19.000. 
 

Editors' Picks

2. Cessa Essential Oil

2. Cessa Essential Oil
Tokopedia.com

Mungkin obat yang satu ini tidak untuk diminum, namun termasuk dalam obat luar, yakni Cessa Essential Oil. Obat ini cocok untuk Mama yang tidak ingin memberikan obat yang diminum karena khawatir dengan efek sampingnya. 

Cessa Cough & Flu Essential Oil diracik dari 100 persen bahan alami, berasal dari tumbuhan yang diekstraksi esensi atau manfaat terbaik dari tumbuhan tersebut dan diracik dengan berbagai kandungan bahan alami yang sangat aman untuk bayi. 

Mama cukup mengoleskannya pada si Kecil kemudian memberikan pijatan lembut. Aroma dan kehangatannya membantu meredakan gejala batuk dan pilek. 

Jika Mama ingin mencobanya, bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 27.000. 
 

3. Olbas for Children Inhalant

3. Olbas for Children Inhalant
Tokopedia.com

Obat luar lainnya adalah Olbas Oil Children. Obat ini dibuat dari kombinasi minyak tumbuhan yang menghasilkan aroma alami, yang dapat mengatasi hidung tersumbat saat bayi mengalami pilek atau flu. 

Namun, obat ini dikhususkan untuk bayi berusia tiga bulan ke atas. Untuk menggunakan oil ini caranya cukup mudah, dengan cara meneteskan Olbas Oil ke tisu atau kain kemudian dekatkan pada hidung si Kecil, dan biarkan bayi menghirupnya. Pastikan jangan mengenai kulitnya.

Harga obat ini dimulai dari harga Rp 100.000
 

4. Uni Baby's Cough Syrup

4. Uni Baby's Cough Syrup
Tokopedia.com

Obat batuk Uni Baby's ini cocok digunakan untuk bayi yang sudah berusia enam bulan. Obat ini efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak, demam, dan juga flu pada bayi. 

Rasa sirup yang manis dan memiliki aroma yang enak membuat si Kecil menyukainya. Untuk bayi yang berusia 6-12 bulan, sebaiknya obat batuk bayi ini diberikan 1/2 sendok takar (2,5 ml-5 ml) sebanyak 3-4 kali/hari. 

Untuk mendapatkan obat ini, Mama hanya perlu membelinya seharga mulai dari Rp 15.000. 
 

5. Tempra Drop

5. Tempra Drop
Tokopedia.com

Tempra drop adalah obat tetes oral untuk usia 0-2 tahun dengan kandungan paracetamol di dalamnya. 

Fungsi paracetamol di dalam obat ini membantu menurunkan demam, serta demam yang menyertai flu ataupun gejala batuk pada bayi. 

Obat ini bisa ditemukan di apotek terdekat dengan kisaran harga Rp 50.000. 

Itulah lima rekomendasi obat batuk pilek bayi. Selalu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan jangan sampai berlebihan dosis, serta ikuti aturan pakainya ya, Ma. Semoga si Kecil sehat selalu, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.