Tingkatkan Berat Badan, Ini 5 Sumber Lemak Terbaik untuk MPASI Bayi

Bantu optimalkan tumbuh kembang si Kecil

28 Juli 2020

Tingkatkan Berat Badan, Ini 5 Sumber Lemak Terbaik MPASI Bayi
unsplash.com/kazuend
Memulai MPASI bayi

Di usia enam bulan ke atas, kebutuhan nutrisi si Kecil tidak hanya bersumber dari ASI. Karena itu anak membutuhkan menu MPASI sebagai makanan pelengkap untuk tumbuh kembangnya.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dalam proses tumbuh kembangnya adalah lemak, terutama asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Jadi, keliru bila Mama menganggap bayi tidak boleh mengonsumsi lemak. Asupan lemak bahkan juga dapat meningkatkan berat badan si Kecil.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi lemak untuk MPASI bayi yang bisa menjadi pilihan:

1. Alpukat

1. Alpukat
Pixabay/Kjokkenutstyr

Pada usia sekitar enam bulan, Mama dapat memberikan si Kecil sedikit porsi alpukat sebagai lemak untuk MPASI.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, sehingga mengonsumsinya baik untuk pertumbuhan si Kecil bahkan hingga dewasa kelak. Setengah dari buah alpukat mengandung sekitar 15 gram lemak makanan.

Mama bisa membuat puree alpukat sebagai camilan untuk si Kecil.

Editors' Picks

2. Keju

2. Keju
Pixabay/Waldrebell

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang bisa dijadikan sumber asupan lemak dalam MPASI. Namun, pastikan Mama hanya memilih keju yang berasal dari susu yang sudah dipasteurisasi, misalnya keju cheddar. Satu lapis keju cheddar (21 gram) memberikan asupan lemak sekitar tujuh gram.

Rasa keju yang gurih juga dapat menambah rasa pada MPASI, sehingga dijamin si Kecil pasti akan semakin lahap menyantap MPASI yang Mama berikan.

3. Yoghurt

3. Yoghurt
Pixabay/ponce_photography

Yoghurt adalah asupan tinggi lemak yang sangat baik untuk MPASI bayi yang berusia lebih dari enam bulan. Hindari jenis yoghurt dengan klaim rendah lemak untuk si Kecil.

Selain sebagai sumber lemak, yoghurt juga mengandung prebiotik yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Apalagi, di masa awal MPASI, bayi sering mengalami masalah pencernaan. Memberikan yoghurt bisa mencegah terjadinya masalah tersebut.

4. Minyak zaitun

4. Minyak zaitun
Pixabay/stevepb

Minyak zaitun atau olive oil dapat menjadi sumber nutrisi dan lemak sehat bagi MPASI bayi.

Ini karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat membantu menjaga kesehatan dan kinerja pankreas serta jantung. Takaran yang dimasukkan tidak boleh lebih dari 1/4 sendok teh untuk setiap 2 ons MPASI.

5. Unsalted butter

5. Unsalted butter
www.waitrose.com

Unsalted butter juga masuk dalam kategori sumber lemak. Nah karena penyimpanan dan pembeliannya agak susah, dan dari segi harga juga lebih mahal, unsalted butter bisa jadi pilihan terakhir untuk Mama ya. Hati-hati juga untuk si Kecil yang alergi susu sapi, karena unsalted butter juga mengandung susu sapi. Mama juga harus menyimpannya di dalam kulkas agar kualitasnya tetap terjaga.

Nah, itu dia Ma, rekomendasi sumber lemak untuk MPASI bayi agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.