Mulai Sejak Dini! 5 Tips agar Bayi Mau Menggosok Gigi

Yuk, terapkan pada si Kecil sejak dini, Ma

19 Mei 2021

Mulai Sejak Dini 5 Tips agar Bayi Mau Menggosok Gigi
Pixabay/jennyfriedrichs

Sebagai orangtua, kita perlu membentuk kebiasaan baik pada anak sejak usia dini. Salah satunya dengan membentuk kebiasaan sikat gigi yang tentunya memiliki manfaat baik untuk kesehatan gigi dan mulutnya.

Meski menggosok gigi pada usia bayi tidaklah mudah, namun dengan membiasakannnya sejak dini, si Kecil pun akan terbiasa untuk melakukannya hingga dewasa kelak.

Agar si Kecil lebih tertarik dan senang melakukan kebiasaan baik ini, Mama bisa mengakalinya dengan berbagai cara yang menyenangkan. Lantas, cara apa saja yang bisa Mama lakukan?

Yuk, simak rangkuman yang sudah Popmama.com siapkan mengenai tips membiasakan bayi agar mau sikat gigi sejak dini. Buat agar kegiatan ini menjadi menyenangkan ya, Ma!

1. Ajak saat membeli sikat gigi

1. Ajak saat membeli sikat gigi
Freepik/freepik

Ketika si Kecil sudah memasuki waktu untuk MPASI, membiasakan menggosok gigi pun juga perlu dibangun saat itu, Ma. Cara pertama yang bisa Mama lakukan agar si Kecil mau sikat gigi sejak dini adalah dengan mengajaknya membeli sikat gigi baru.

Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan usia bayi, umumnya sikat gigi untuk bayi adalah berbulu lembut dan berukuran kecil. Sehingga sikat gigi ini akan mempermudahnya ketika menggosok gigi.

Editors' Picks

2. Biarkan bayi memilih warna/karakter kesukaannya

2. Biarkan bayi memilih warna/karakter kesukaannya
Pixabay/drwrenchdds

Selain mengajak anak untuk membeli sikat gigi yang akan ia gunakan. Selanjutnya adalah membiarkan anak mama memilih jenis sikat gigi mana yang ia suka. Jika ia memilih sikat gigi yang disuka, maka ia pun akan lebih bersemangat untuk menggosok giginya, Ma.

3. Cari pasta gigi dengan rasa kesukaannya

3. Cari pasta gigi rasa kesukaannya
Pixabay/PhotoMIX-Company

Selain sikat gigi, Mama juga bisa mengenalkan pasta gigi padanya. Tak hanya orang dewasa, saat ini sudah banyak pasta gigi yang diperuntukkan bagi usia bayi dan balita dengan ragam varian rasa.

Mama bisa memilih pasta gigi dengan rasa kesukaannya. Sehingga anak mama pun akan lebih senang melakukan kegiatan menggosok giginya.

4. Nyanyikan atau ceritakan tentang sikat gigi

4. Nyanyikan atau ceritakan tentang sikat gigi
Pixabay/martaposemuckel

Bayi umumnya senang mendengar nyanyian atau cerita yang dibacakan oleh orangtuanya. Cara ini juga bisa Mama manfaatkan untuk mengenalkan dan mengajaknya menggosok gigi sejak dini.

Dengan cara yang menarik dan lebih interaktif seperti menyanyi atau bercerita, maka bayi pun akan lebih semangat dan tertarik untuk melakukannya, Ma.

5. Ajak untuk menggosok gigi bersama

5. Ajak menggosok gigi bersama
Freepik/prostooleh

Cara terakhir ini dirasa cukup ampuh dan efektif dalam mengajarkan anak bayi untuk menggosok gigi.

Mama dan Papa bisa mengajak si Kecil untuk gosok gigi bersama. Cara ini akan membuatnya penasaran dan meniru apa yang Mama dan Papa lakukan dengan sikat gigi. Sehingga anak pun akan terbiasa melakukan hal serupa padanya.

Nah, itu dia beberapa cara menarik yang bisa mengajarkan bayi menggosok giginya sejak dini. Yuk, mulai bentuk kebiasaan baik ini pada si Kecil, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.