ini 4 Tips Memilih Sikat Gigi Pertama untuk si Kecil

Semua yang pertama tentu menyenangkan, termasuk memilihkan sikat gigi untuk bayi. Duh, lucu semua!

21 Maret 2020

ini 4 Tips Memilih Sikat Gigi Pertama si Kecil
Pxhere.com

Ma, menjaga kebersihan sudah menjadi sebuah kewajiban. Bukan hanya lingkungan, tapi juga kebersihan seluruh anggota tubuh termasuk mulut.  

Kebersihan mulut si Kecil mungkin sering disepelekan, padahal menjaga kebersihan mulut anak menjadi bagian yang penting lho.

Sejak gigi anak belum tumbuh, membersihkan mulut harus tetap dilakukan. Di dalam mulut bersarang ribuan bakteri yang siap menyerang bila anak sedang tidak sehat.

Oleh sebab itu menjaga kesehatan mulut perlu dilakukan setiap hari. Selain untuk kesehatan, membersihkan mulut secara rutin juga bisa menumbuhkan kebiasaan membersihkan mulut pada anak di masa mendatang. 

Nah, untuk mendukung anak agar mau membersihkan gigi sejak dini, Mama bisa memilih sikat gigi pertamanya dengan cermat ya. Berikut tipsnya!

Cara Membersihkan Mulut Bayi

Cara Membersihkan Mulut Bayi
Pixabay/fkyj

Membersihkan mulut dengan kain lembut atau kasa merupakan cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan, terutama untuk bayi usia 0-6 bulan, usia dimana gigi bayi belum tumbuh.

Bersihkan mulut bayi seperti gusi dua kali sehari. Membersihkan mulut juga bisa dilakukan sebelum si Kecil tidur malam hari. Membersihkan dengan kasa masih bisa dilakukan pada usia anak 1 hingga 2 tahun. 

Mama cukup membasahinya dengan air matang yang hangat, kemudian balutkan ke telunjuk, dan Mama bisa langsung membersihkan mulut bayi baik bagian dalam dan bagian luar sekitar mulut.

Cara yang paling nyaman adalah dengan memangku bayi. Tapi sebelumnya, Mama harus cuci tangan dulu ya untuk pastikan tak ada kuman yang justru berpindah ke kain. 

Baca juga: Ma, Begini Cara Membersihkan Mulut Bayi yang Benar

Beranjak dewasa, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan Mama saat memilih sikat gigi untuk anak!

1. Perhatikan bentuk kepala sikat

1. Perhatikan bentuk kepala sikat
Freepik

Jenis sikat gigi dibedakan berdasarkan beberapa tahapan usia seperti, 7-11 bulan, 11- 24 bulan dan 24 bulan keatas.

Pilih sikat gigi yang melebar dan berujung bulat. Kepala sikat yang sedikit membulat akan membuat sikat mudah digunakan hingga ke sela-sela gigi geraham.

Bentuk bulat tersebut membuat Mama mudah membersihkan seluruh mulut si Kecil di bagian dalam.

Editors' Picks

2. Tingkat kehalusan bulu-bulu sikat

2. Tingkat kehalusan bulu-bulu sikat
labartolina.com.mx

Ini adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan. Mama harus mencari sikat dengan bulu yang lembut, Mama harus lihat dengan seksama apakah bulu sikat benar-benar lembut, karena sebagian besar produk sikat gigi, akan dibungkus rapat sehingga Mama tidak bisa menyentuh bulu-bulu nya.

Ketelitian diperlukan dalam hal ini. Dengan tekstur bulu yang lembut akan menghindari gusi si Kecil dari luka.

Bulu sikat yang lembut juga bisa membantu untuk merangsang pertumbuhan gigi.

3. Pegangan sikat gigi yang mantap

3. Pegangan sikat gigi mantap
Unsplash/Alex

Untuk pegangan sikat gigi mama harus memilihkan yang nyaman dan tidak licin saat digenggam, biasanya akan ada lapisan karet dan sedikit kontur untuk memudahkan si Kecil memegang sikat. 

4. Desain sikat gigi yang unik

4. Desain sikat gigi unik
flickr.com

Ini jadi salah satu cara agar anak bersemangat dalam menjalankan aktivitas menyikat gigi. Sekarang ini banyak sekali ditemukan sikat gigi dengan desain yang unik dan menarik.

Selain desain, Mama juga sesekali bisa menyelipkan sedikit cerita tentang baiknya menyikat gigi secara rutin. 

Selain itu, Mama juga bisa melakukan kegiatan sikat gigi bersama-sama dengan si Kecil. kegiatan ini juga menjadi contoh yang baik untuk anak.

Satu hal lagi yang Mama harus ingat, gantilah sikat gigi anak secara berkala, apalagi jika terlihat sudah ada kerusakan pada sikat gigi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih sikat gigi pertama untuk si Kecil. 

So Ma, jangan asal karena anak suka dengan karakter dari sikat gigi saja ya, tapi perhatikan juga dari beberapa kriterianya agar anak nyaman dan senang ketika sikat gigi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Mengganti Sikat Gigi

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.