10 Rekomendasi Sikat Gigi yang Aman untuk Anak Balita

Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan pertumbuhan usia anak ya,Ma!

16 Juni 2020

10 Rekomendasi Sikat Gigi Aman Anak Balita
Freepik/Yaoinlove

Membentuk kebiasaan sikat gigi tentunya harus dimulai sejak dini, bahkan ketika giginya sudah mulai tumbuh. Membiasakan si Kecil untuk menggosok gigi memang tak mudah dilakukan.

Bahkan mungkin Mama juga butuh sikat gigi dengan bentuk yang menarik dan lunak, agar anak bisa memulai kebiasaannya ini dengan senang. Memilih sikat gigi juga perlu pertimbangan sesuai usia anak, agar sesuai dengan pertumbuhan giginya.

Kali ini popmama.com akan memberikan 10 rekomendasi sikat gigi anak balita, yuk simak dan temukan sikat gigi yang tepat!

1. Colgate Toothbrush Smile Minions

1. Colgate Toothbrush Smile Minions
Amazon.com

Jika anak menyukai tokoh kartun Minions, Mama dapat coba memberikan sikat gigi Colgate Toothbrush Smile Minions lho! Sikat gigi ini diperuntukkan khusus untuk anak usia 2-5 tahun.

Sikat gigi ini telah terbukti secara klinis dapat membantu mencegah gigi berlubang pada si Kecil.

Selain itu, sikat gigi ini juga teruji mampu untuk menjaga lapisan pelindung gigi susu atau enamel agar tetap sehat dan terawat.

Disertai dengan handle yang tak licin sehingga anak dapat mudah menggenggamnya walaupun tangan dalam keadaan basah. Desainnya yang menggemaskan juga membuat anak tak malas menyikat gigi.

2. Dr Brown’s Infant-to-Toddler Toothbrush

2. Dr Brown’s Infant-to-Toddler Toothbrush
Drbrownsbaby.com

Sikat gigi Dr Brown’s Infant to Toddler ini dicipatakan khusus untuk si Kecil, agar mereka terbiasa untuk membersihkan gigi dan gusi sejak dini. Sikat gigi ini sengaja dibuat dengan bahan yang sangat lembut dan aman untuk gigi pertamanya.

Dengan memiliki desain Elephant-ear Prop Brush atau disain dengan bentuk telinga gajah, berfungsi sebagai pengaman, serta bentuk seperti belalai gajah juga dapat mencegah bulu sikat tersentuh permukaan meja dan lantai dalam posisi apapun.

3. Jack N’ Jill Silicone Baby Toothbrush – Stage 2

3. Jack N’ Jill Silicone Baby Toothbrush – Stage 2
Ecco-verde.com

Jack N’ Jill Silicone Baby Toothbrush-Stage 2 merupakan sikat gigi yang aman untuk digunakan oleh anak, karena bebas dari BPA dan PVC.

Produk ini juga memiliki bulu sikat yang lembut sehingga tepat jika digunakan oleh anak berusia 1-2 tahun saat gigi di bagian samping dan belakang belum tumbuh.

Sikat gigi anak yang satu ini juga menggunakan bahan silicon yang memiliki sertifikat medical/food grade pada seluruh bagian sikat. Sehingga Mama tak perlu khawatir jika anak tak sengaja atau iseng mengigit bagian gagang maupun bulu sikatnya.

Bahan yang digunakan bersifat non-toxic dan bisa melewati sistem pencernaan tanpa menimbulkan masalah pada anak.

4. Jordan Toothbrush - Step 1

4. Jordan Toothbrush - Step 1
Amazon.com

Sikat gigi Jordan dianjurkan oleh dokter gigi dan dirancang khusus untuk membuat pengalaman menyikat gigi anak dengan baik, bulu sikatnya yang ekstra lembut dan tidak mudah rontok agar nyaman di gusi anak.

Memiliki handle sikat gigi yang dirancang seperti cincin sehingga bisa digunakan sebagai teether.

Selain itu,gagangnya yang ergonomis disesuaikan dengan tangan Mama dan anak agar lebih nyaman digenggam dan efektif untuk membersihkan hingga ke sela terdalam gigi.

Editors' Picks

5. Little Tree Toothbrush 1-3 Years

5. Little Tree Toothbrush 1-3 Years
Mothercare.co.id

Sikat gigi Little Toothbrush 1-3 Years ini sesuai dengan namanya didesain khusus untuk anak berusia 1-3 tahun karena memiliki kepala sikat yang lebih kecil dibandingkat sikat gigi biasa.

Dari segi keamanan, sikat gigi ini juga bebas dari bahan Phthalates dan BPA. Selain itu, produk ini juga memiliki bulu sikat yang ekstra lembut berbahan nylon engan ujung bulu sikat berbentuk bulat sehingga mampu dalam mencegah kerusakan pada gigi dan gusi si Kecil.

Dengan handle karet yang anti-slip, menyikat gigi akan tetap aman dan nyaman karena tidak akan mudah tergelincir saat terkena air ketika digenggam oleh anak.

6. MAM Baby Training Brush – Baby Toothbrush

6. MAM Baby Training Brush – Baby Toothbrush
Mambaby.com

Jika Mama memiliki anak yang berusia 6 bulan ke atas atau baru akan belajar menyikat gigi pertama kalinya, MAM Training Brush-Baby Toothbrush bisa menjadi pilihan.

Sikat gigi yang diklaim bebas BPA dan BPS ini, juga memiliki ujung sikat yang bisa digunakan untuk membersihkan lidah serta memberikan pijatan pada gigi susu dan gusi yang masih sensitif.

Produk ini juga didesain dengan handle ergonomis yang berukuran cukup panjang, sehingga memungkinkan untuk digenggam oleh Mama dan si Kecil. Jadi, Mama dapat memandu anak berlatih hingga terbiasa menyikat gigi sendiri.

7. Oral B - Stage 2

7. Oral B - Stage 2
Ebay.co.uk

Dalam memilih sikat gigi, penting untuk menyesuaikan usia anak agar mencegah cedera mulut dan gusi. Oral B mengeluarkan sikat gigi khusus anak yang sesuai dengan tingkatkan usianya.

Untuk itu, Mama dapat memilih sikat gigi Oral B Stage 2 khusus anak dengan rentang usia 2-4 tahun. Sikat gigi ini dirancang untuk membersihkan gigi anak serta untuk melindungi gusinya.

Dengan ukurannya yang dirancang secara khusus, sikat gigi ini dapat pas untuk anak. Sehingga anak tak akan mengalami kesulitan untuk menjangkau gigi hingga ke bagian belakang mulut.

8. Pigeon Baby Training Tooth Brush Lesson 3

8. Pigeon Baby Training Tooth Brush Lesson 3
Ebay.com

Pigeon Baby Training Tooth Brush Lesson 3, adalah sikat gigi bagi step 3 atau yang ditujukan untuk anak berusia satu tahun yang gigi susunya sudah lengkap. Saat gigi susunya sudah lengkap, tandanya anak sudah dapat memulai perawatan gigi secara lengkap untuk pertama kalinya.

Memiliki bagian ujung sikat yang bulat dan bulu sikat yang lembut, sikat gigi ini sangat aman untuk gigi dan gusi si Kecil.

Selain itu, Mama tak perlu khawatir karena sikat ini sudah disesuaikan bentunya agar tak melukai gusi anak.

Sikat gigi Pigeon Baby Training Tooth Brush Lesson 3 ini, punya dua pilihan warna cerah yaitu biru dan hijau lemon untuk menambah keceriaan anak saat memulai kebiasaan sikat gigi.

9. Sikat Gigi Pepsodent Kids

9. Sikat Gigi Pepsodent Kids
Tanyapepsodent.com

Sikat Gigi Pepsodent Kids, didesain dengan kepala sikat kecil yang nyaman secara khusus untuk anak berusia diatas 2 tahun.

Sikat gigi ini memiliki bulu sikat yang lebih lembut agar dapat membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi.

Selain itu, desain pada handle sikat juga anti-slip dan mudah dipegang anak, yang tersedia dalam empat karakter yaitu singa, kangguru, tikus, kuda.

Serta perpaduan warna yang ceria dan disukai oleh anak-anak seperti ungu dan hijau, hijau dan orange, biru dan kuning, serta biru dan pink. Warna-warna yang cerah dapat membuat kebiasaan menyikat gigi jadi lebih ceria.

10. STB Higuchi 360 Do Brush Baby

10. STB Higuchi 360 Do Brush Baby
Amazon.com

360 Do Brush Baby didesain dengan jumlah bulu sikat halus hampir sebanyak 20 kali lipat sikat gigi biasa, sesuai dengan namanya, bulu sikat merata di semua sisi 360 derajat kepala sikatnya.

Produk ini ideal untuk membersihkan gigi secara cepat dan menyeluruh agar anak terhindar dari risiko gigi berlubah.

360 Do Brush Baby ditujukan bagi anak yang baru muncul giginya saat kisaran 0-3 tahun.

Memiliki gagang berbentuk silinder untuk memudahkan Mama membantu menyikat gigi anak tanpa perlu memutar posisi sikat gigi. Selain itu sikat gigi ini juga efektif untuk membersihkan sisa makanan, kotoran, dan plak pada gigi,

Produk ini juga bisa digunakan untuk menyikat lidah yang juga penting untuk memaksimalkan kebersihan bagian dalam mulut si Kecil.

Ajak anak untuk memulai kebiasaan sikat gigi, jadikan ini sebagai langkah pertama anak dalam membangun kebiasaan merawat diri sendiri, yang dimulai dari perawatan gigi yang sehat dengan sikat gigi dua kali sehari.

Itulah rekomendasi sikat gigi untuk anak balita yang bisa digunakan sehari-hari. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil ya Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk