hanco

Pasti Happy! 7 Cara Membuat Bayi Tertawa Terpingkal-pingkal

Lakukan hal ini Ma jika ingin melihat si Kecil tertawa cekikikan

12 Juli 2019

Pasti Happy 7 Cara Membuat Bayi Tertawa Terpingkal-pingkal
Pixabay/Beeki

Bayi memang terlihat menggemaskan, apalagi saat mereka sedang tertawa. Mama dan orang-orang sekitar pasti akan segera tersenyum saat bayi sedang tertawa, atau bahkan bisa ikut tertawa ketika melihat ekspresi tawanya yang begitu bahagia.

Ya, melihat bayi tertawa memang menjadi kebahagiaan tersendiri, apalagi jika melihat bayi tertawa hingga cekikikan. Namun, membuat bayi tertawa terbilang gampang-gampang, karena sehingga Mama perlu untuk menerapkan beberapa trik untuk membuatnya tertawa lepas.

Mama ingin Ingin tahu trik apa yang bisa dilakukan untuk memancing gelak tawa si Kecil? Dilansir dari Popsugar dan beberapa sumber lain, berikut Popmama.com rangkum cara membuat bayi tertawa meriah.

1. Meniup tubuh bayi

1. Meniup tubuh bayi
PublicDomainPictures/Vera Kratochvil

Untuk membuat bayimu tertawa, cobalah untuk meniup tubuhnya. Caranya cukup  mudah, saat bayi sedang berbaring, tiup bagian kaki sampai perutnya secara perlahan.

Meniup bagi sambil menggerakan bibir dapat menimbulkan bunyi-bunyian sekalipun rasa geli yang dapat memancing bayi untuk tertawa.

2. Menciumnya bertubi-tubi

2. Mencium bertubi-tubi
Pexels/Public Domain Pictures

Selain meniup tubuh bayi, cara lain yang bisa Mama lakukan untuk memancing gelak tawa si Kecil adalah dengan menciumnya bertubi-tubi.

Mama dapat memulai ciuman bertubi-tubi dari kedua pipinya, lalu dilanjutkan ke dada dan juga perutnya. Dengan memberikan ciuman ini, Mama akan mendapatkan bayi tertawa cekikikan. Bahkan, si Kecil bisa menjadi ketagihan dan ingin Mama mengulanginya lagi.

3. Mengejar secara perlahan

3. Mengejar secara perlahan
Freepik/Teksomolika

Jika si Kecil sudah mulai merangkak, Mama dapat bermain “kejar-kejaran” dengannya. Saat si Kecil sedang merangkak di lantai misalnya, coba “kejar” si Kecil secara perlahan dengan gerakan merangkak pula.

Cara ini dapat membuat si Kecil tertawa terbahak-bahak sekaligus ketagihan untuk diajak bermain  kejar-kejaran lagi.

Editors' Picks

4. Menggoyangkan tubuhnya

4. Menggoyangkan tubuhnya
Pixabay/publicdomainpictures

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk memancing gelak tawa si Kecil adalah dengan menggoyangkan badannya. Mama bisa mengangkat tubuh si Kecil lalu ayunkan tubuhnya secara perlahan.

Cara ini dapat memnbuat si Kecil tertawa cekikikan namun Mama perlu melakukannya secara hati-hati agar bayi tidak terjatuh.

5. Membuat gerakan-gerakan yang lucu

5. Membuat gerakan-gerakan lucu
Freepik/bearfotos

Dilansir dari Kids Health, cara lain yang yang bisa Mama lakukan untuk memancing si Kecil tertawa adalah melakukan gerakan-gerakan lucu. Gerakan yang bisa Mama lakukan beragam, mulai dari menari hingga bertepuk tangan.

Mama bahkan bisa menggunakan boneka tangan untuk menggodanya. Gerakan boneka tangan layaknya sedang menari atau bertepuk tangan agar tawa tergelak si Kecil keluar.

6. Membuat ekspreksi lucu

6. Membuat ekspreksi lucu
Pinterest.com/Mogul

Bermain ekspresi juga dapat menjadi cara untuk membuat bayi tertawa Ma. Mama dapat menunjukkan berbagai ekspresi mulai dari tersenyum, tertawa, sedih, marah hingga menangis.

Jika ekspresi ini belum membuat tawanya pecah, coba tunjukkan ekspresi lain yang lebih konyol seperti memonyongkan bibir, menggembungkan pipi, menggerakkan alis ke atas dan ke bawah, hingga mengerjap-ngerjapkan mata,

7. Bermain boneka

7. Bermain boneka
newsapi.com.au

Bermain dengan boneka kesayangannya juga dapat memancing tawa lho, Ma. Cara bermainnya juga cukup mudah, Mama hanya perlu duduk berhadapan dengan si Kecil sambil memegang boneka kesayangannya.

Lalu, goyangkan boneka dan sapa anak dengan lembut “seolah-olah” boneka sedang berbicara dengannya. Atau bisa pula jadikan bola sebagai penghalang untuk melakukan cilukba.

Baca juga: Ini Manfaat Membuat Bayi Tertawa. Ada untuk Kesehatannya, lho!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!