5 Manfaat Semangka Untuk Bayi

MPASI semangka rupanya membawa berbagai macam manfaat kesehatan untuk bayi

5 Agustus 2019

5 Manfaat Semangka Bayi
Freepik/pkproject

Saat si Kecil memasuki masa MPASI, sebagian dari Mama mungkin masih bingung dalam menentukan menu makan anak. Mama tentu akan menimbang makanan apa yang perlu diberikan agar tumbuh kembang bayi tersokong dengan baik.

Makanan yang bisa Mama berikan sebenarnya beragam, yang terpenting adalah memastikan bahwa makanan tersebut mengandung nutrisi penting yang mendukung tumbuh kembang bayi.

Semangka misalnya, dapat menjadi salah satu buah yang diberikan kepada bayi saat MPASI, namun disarankan untuk memberikannya saat usia anak sudah menginjak 8-10 bulan. Pada usia ini, anak dianggap sudah dapat mengunyah dan mencerna makanan dengan baik sehingga pemberian semangka sudah dianggap aman.

Pemberian semangka pada bayi juga memberi beragam manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Parenting Healthy Babies dan beberapa sumber lainnya, berikut manfaatnya.

1. Menghidrasi tubuh

1. Menghidrasi tubuh
pixabay.com/yalehealth
Varian menu MPASI bayi

Semangka termasuk ke dalam golongan buah yang tinggi akan kandungan air. Kandungan air dalam semangka bisa mencapai 93 persen dan tentu saja, konsumsi semangka dapat membantu menghindari bayi mengalami dehdirasi.

Pemberian semangka pada bayi pada cuaca yang panas mungkin patut Mama pertimbangkan karena selain mampu menghidrasi tubuh dengan baik, semangka juga memiliki citarasa yang segar. Bayi mungkin akan menyukainya.

Editors' Picks

2. Meningkatkan imunitas tubuh anak                  

2. Meningkatkan imunitas tubuh anak                  
Freepik.com

Konsumsi semangka pada bayi dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh anak. Hal ini karena semangka termasuk ke dalam buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi.

Adapun selain mampu meningkatkan imunitas tubh anak, kandungan vitamin C pada semangka juga membantu penyerapan zat besi dari makanan yang si Kecil konsumsi. Juga membantu pembentukan dan perbaikan sel darah merah, sel tulang, dan jaringan tubuh.

3. Menyehatkan mata         

3. Menyehatkan mata         
Pixabay/logesdo

Tak hanya wortel, semangka juga merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin A.

Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat dalam menunjang kesehatan gigi dan kesehatan kulit bayi Mama.

4. Baik untuk perkembangan tulang bayi

4. Baik perkembangan tulang bayi
Freepik/tortoon

Konsumsi semangka saat MPASI juga baik untuk perkembangan tulang bayi. Hal ini karena semangka mmengandung kalsium dan magnesium, yaitu nutrisi yang menunjang pertumbuhan tulang.

Kalsium yang terkandung pada buah semangka juga penting untuk sekresi hormon dalam tubuh. Sementara magnesium dibutuhkan untuk pembentukan otot dan fungsi saraf bayi.

5. Baik untuk kesehatan jantung

5. Baik kesehatan jantung
Freepik.com

Dilansir dari Boldsky, konsumsi semangka bermanfaat dalam menunjang kesehatan jantungnya di kemudian hari. Hal ini karena semangka termasuk ke dalam makanan yang mengandung likopen yang tinggi Ma.

Adapun likopen merupakan antioksidan yang berperan dalam mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Dilansir dari Whfood, penelitian terbaru menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus kesehatan tulang.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.