5 Tips Menu MPASI untuk Menambah Berat Badan Anak

Ikuti cara ini dan berat badan si Kecil bisa naik cepat

25 Juni 2019

5 Tips Menu MPASI Menambah Berat Badan Anak
Freepik/Bearfotos

Mengejar ketinggalan berat badan si Kecil memang penuh perjuangan. Apalagi jika semua sudah dicoba namun berat badannya masih enggan bertambah. 

Belum lagi jika si Kecil sedang mogok makan. Berat badannya pun tak berubah. Tentu membuat Mama pusing, ya. 

Dengan tips dan cara yang tepat, memberi menu MPASI anak bisa sambil membantunya menaikkan badan dengan lebih cepat. Disusun Popmama.com, inilah 5 tips memberikan menu MPASI untuk menambah berat badan anak:

1. Dobel protein hewani

1. Dobel protein hewani
Freepik/yuliyafurman

Menurut para ahli, memberikan asupan protein yang lebih banyak merupakan salah satu kunci meningkatkan berat badan anak. Karena, protein akan membantu meningkatkan massa otot. 

Dengan begitu, badan anak akan lebih padat atau dengan kata lain, terlihat sekel. 

Jangan ragu untuk memasukkan protein hewani dengan lebih banyak. Misal Mama bisa memasukkan ikan dan ayam bersamaan. Pilihlah tekstur ikan yang mirip dengan ayam agar rasanya menyatu. 

Selain itu, bisa juga memasukkan udang dengan ayam seperti membuat bubur seafood, atau dimsum. Nikmat!

Yang tak kalah penting adalah memasukkan porsi protein hewani jadi lebih banyak dibanding porsi biasanya. Sebagai kompensasinya, asupan karbohidrat bisa dikurangi sedikit. 

Editors' Picks

2. Tambah protein nabati

2. Tambah protein nabati
freepik.com/topntp26

Untuk menyempurnakan protein yang banyak, masukkan juga protein nabati. Ini bisa didapat dari tahu, tempe, serta kacang-kacangan. 

Saat ini sudah banyak produk sehat kacang-kacangan campur yang biasa dijadikan menu MPASI. Mama bisa membelinya dan tinggal mencampurnya ke dalam bubur si Kecil. 

3. Jangan lupa lemak tambahan

3. Jangan lupa lemak tambahan
Freepik

Yang tak kalah penting adalah memasukkan lemak tambahan. Beberapa di antaranya seperti minyak atau unsalted butter. 

Minyak yang dianjurkan adalah minyak zaitun, atau minyak kelapa murni. Semakin murni minyak tersebut, makin harum makanan. 

Namun harus diperhatikan untuk tidak memasak minyak-minyak ini karena bisa mengubah kandungan lemaknya.

Jika ingin menambahkan, Mama bisa langsung memasukkan minyak ini ke dalam mangkok makanan si Kecil.

4. Beri porsi yang tepat

4. Beri porsi tepat
freepik.com

Setelah mengetahui isian makanan untuk menambah berat badan anak, kini saatnya memberikan makanannya pada si Kecil. Cara terbaik menambah berat badan anak adalah dengan memberi porsi makanan yang tepat. 

Jangan terlalu banyak, jangan juga terlalu sedikit. Pastikan untuk mengosongkan perut anak sebelum memberinya makan berat. Untuk anak yang berumur 6 bulan, porsinya adalah 1-4 sendok makan dewasa. 

Sedangkan untuk anak berumur 7-8 bulan, porsinya 4-9 sendok makan yang dibagi menjadi 3 kali makan. Untuk bayi 9-12 bulan yaitu seperempat sampai setengah isi cangkir. 

5. Cemilan penuh gizi

5. Cemilan penuh gizi
Pixabay/Cgdsro

Maksimalkan asupannya dengan memberikan cemilan penuh gizi. Daripada memberinya makanan kemasan, Mama bisa memberinya makanan yang dibuat sendiri. 

Beberapa camilan yang bisa membantu anak bertambah berat badannya adalah kacang rebus, umbi-umbian, dan makanan dengan keju. Selain nikmat, juga signifikan membuat berat badan anak naik. 

Jangan pernah menyerah memberi menu yang terbaik untuk si Kecil. Perbanyak sabar saat si Kecil sedang menolak makan agar tidak berujung emosi. Selamat berkreasi dengan menu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.