Gigit Puting Saat Menyusu, Bayi 8 Bulan Ditusuk 90 Kali oleh Sang Mama

Diduga sang Mama mengalami sindrom baby blues yang parah!

15 Mei 2019

Gigit Puting Saat Menyusu, Bayi 8 Bulan Ditusuk 90 Kali oleh Sang Mama
nairaland.com

Baru-baru ini, kasus penganiayaan bayi kembali muncul ke permukaan. Kali ini, pelakunya adalah Mamanya sendiri.

Bayi yang masih berusia delapan bulan tersebut diketahui mengalami 90 luka tusuk hingga membutuhkan lebih dari 100 jahitan. 

Apa yang melatarbelakangi kasus tersebut? 

Untuk mengetahui kronologisnya, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta dari laman Daily Mail.

1. Kronologis kejadian

1. Kronologis kejadian
dailymail.co.uk

Seorang bayi laki-laki berusia delapan bulan, beruntung masih hidup setelah menerima tusukan sebanyak 90 kali dari sang Mama.

Diketahui bayi asal Xuzhuo, Propinsi Jiangsu, Tiongkok Timur ini ditusuk menggunakan gunting di sebagian besar di wajahnya.

Hal ini bermula ketika bayi bernama Xiao Bao menggigit puting Mamanya saat ia menyusu. Setelah insiden terjadi, bayi malang tersebut membutuhkan lebih dari 100 jahitan pada area wajah.

Usai ditelusuri, bayi Xiao Bao ternyata tinggal bersama sang Mama dan dua pamannya yang bekerja sebagai pendaur ulang sampah.

Kasus tersebut pertama kali diketahui ketika salah satu pamannya menemukan Xiao Bao berbaring dalam genangan darah di halaman rumah mereka.

Mengetahui hal tersebut, bayi Xiao Bao pun segera dibawa ke rumah sakit. Dilansir dari Daily Mail, sang Mama akhirnya mengaku bayi bahwa dirinya lah yang menikam Xiao Bao setelah bayi malang tersebut menggigitnya selama menyusu.

2. Rendahnya penanganan kesehatan mental di China

2. Rendah penanganan kesehatan mental China
dailymail.co.uk

Setelah diselidiki oleh pihak berwajib, rupanya para tetangga mengatakan bahwa tidak ada indikasi jika perempuan tersebut menderita penyakit mental.

Meskipun begitu, penyakit mental hingga kini masih menjadi topik yang relatif tertutup di China modern, bahkan pengobatan maupun perawatan psikiatrik modern juga tidak banyak digunakan.

Pada 2009, sebuah jurnal medis asal Inggris, The Lancet menganalisis masalah kesehatan mental di empat provinsi China.

Mereka menemukan bahwa 91 persen dari 173 juta orang dewasa di China diyakini menderita masalah mental dan tidak pernah menerima bantuan profesional.

Hal tersebut seakan sejalan dengan kasus yang dialami oleh Mama Xiao Bao yang kemungkinan menderita penyakit mental dan tidak mendapatkan perawatan khusus ataupun bantuan profesional.

Editors' Picks

3. Sang Mama diduga mengalami baby blues

3. Sang Mama diduga mengalami baby blues
dailymail.co.uk

Selain diduga menderita penyakit mental, Mama dari Xiao Bao juga diduga mengalami sindrom baby blues. Sindrom yang satu ini memang menghantui banyak perempuan yang baru saja melahirkan.

Lebih menakutkannya lagi, sindrom baby blues sering kali tidak disadari, bahkan mereka hanya menyimpannya di dalam hati dan tidak membicarakannya dengan orang lain, terlebih kepada suami.

Hal ini bisa sangat berbahaya, baik bagi sang Mama itu sendiri ataupun bagi bayinya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh perempuan akibat sindrom baby blues adalah menyakiti dirinya sendiri atau bahkan menyakiti sang Anak, seperti kasus yang terjadi pada Xiao Bao.

Baby Blues Syndrome dan Cara Mengatasinya

Baby Blues Syndrome Cara Mengatasinya
www.freepik.com

Baby blues syndrome adalah keadaan psikologis sementara setelah melahirkan, ketika mama baru mungkin mengalami perubahan suasana hati yang mendadak, merasa sangat bahagia, kemudian sangat sedih, menangis tanpa alasan yang jelas, merasa tidak sabar, sangat mudah tersinggung, resah, cemas dan merasa kesepian.

Baby blues bisa bertahan beberapa waktu atau selama 1 sampai 2 minggu setelah melahirkan.

Biasanya, baby blues pulih dengan sendirinya, namun tanpa penanganan yang tepat, sindrom ini bisa menjadi depresi dan bisa membahayakan nyawa mama dan anaknya. 

Penyebab baby blues bermacam-macam, namun yang utama adalah kelelahan setelah melahirkan, perubahan bentuk tubuh dan sakit menyusui, kesulitan beradaptasi, dan karena kadar hormon yang tidak seimbang. 

Maka dari itu, untuk mengatasinya, dampingilah mereka setiap saat, karena perempuan yang baru melahirkan membutuhkan orang lain untuk membantu mengatasi sindrom tersebut serta membantu merawat bayinya saat kesehatan mereka belum benar-benar pulih.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai kasus penusukan yang terjadi pada bay Xiao Bao.

Dengan adanya kasus tersebut, diharapkan orangtua dapat lebih peduli dengan kesehatan mentalnya, apalagi setelah melahirkan.

Peran Papa juga sangat dibutuhkan untuk mendampingi Mama saat mengurus dan merawat bayinya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!