5 Cara Mengatasi Sakit Telinga pada Bayi

Sakit telinga adalah salah satu sakit yang umum dialami oleh bayi

5 Februari 2021

5 Cara Mengatasi Sakit Telinga Bayi
Freepik/User19622617

Sebagian besar bayi dan anak-anak setidaknya pernah sekali mengalami sakit telinga. Ini adalah penyakit masa kecil yang paling umum, seperti demam.

Sakit telinga membuat bayi merasa tidak nyaman dan terkadang menyebabkan nyeri. Bahkan tidak jarang menyebabkan si Kecil menjerit atau menangis.

Berita baiknya, sakit telinga dapat hilang dengan sendirinya atau ditangani di rumah tanpa perlu mengonsumsi antibiotik. Meski penyakit ini umum terjadi pada bayi dan anak-anak, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai. Dan bila itu dialami oleh bayi mama, segera bawa si Kecil ke dokter.

Popmama.com merangkum beberapa cara untuk mengatasi sakit telinga yang dialami oleh bayi, namun jika tidak berhasil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, Ma.

Apakah Antibiotik Harus Diberikan pada Bayi untuk Mengatasi Sakit Telinga?

Apakah Antibiotik Harus Diberikan Bayi Mengatasi Sakit Telinga
Freepik/8photo

Ketika bayi mengalami infeksi telinga, banyak yang akan sembuh dengan sendirinya dalam 2-10 hari.

Sakit telinga seringkali tidak disebabkan oleh bakteri, jadi antibiotik bukanlah pengobatan terbaik. Cara ini biasanya tidak efektif dan dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan seumur hidup.

Itulah mengapa sebaiknya mengobati sakit telinga dengan pengobatan alami di rumah terlebih dahulu untuk menghindari antibiotik yang tidak perlu.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit telinga pada bayi yang dapat Mama coba:

1. Akupresur untuk sakit telinga

1. Akupresur sakit telinga
Freepik/Demkat

Untuk bayi, anak, dan orang dewasa, akupresur dapat membantu meredakan sakit telinga dan bahkan mencegahnya sejak awal.

Beberapa bayi mungkin gugup membiarkan siapa pun menyentuh telinga mereka terutama saat sakit. Untungnya, ada beberapa titik akupresur yang tidak terlalu invasif, seperti di kaki dan bagian atas kepala.

Editors' Picks

2. Kompres dingin atau panas

2. Kompres dingin atau panas
Freepik/Bonnontawat

Kompres hangat dapat melancarkan sirkulasi dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit telinga. Kompres dingin dapat membantu mengurangi denyutan dengan mengurangi peradangan.

Ikuti cara berikut ini:

  • Kain lap direndam dalam air hangat atau dingin.
  • Bantal nasi (dipanaskan dalam microwave).
  • Es di dalam plastik dan dibungkus dengan kain.
  • Setengah dari bawang bombay dipanaskan dengan lembut. Bawang bombay berfungsi sebagai antiseptik.

3. Perawatan chiropractic

3. Perawatan chiropractic
Freepik/Odua

Chiropractic  adalah suatu metode perawatan yang seringkali dilakukan untuk mengatasi gangguan pada sistem otot, tulang belakang (muskuloskeletal) dan sistem saraf, serta rasa sakit dan cacat yang dihasilkan dari gangguan tersebut. Prinsip utama dari metode perawatan ini adalah perlakuan dan penyesuaian rangka tubuh serta struktur-struktur pendukung yang mampu mengatasi gangguan.

Ada beberapa bukti bahwa perawatan chiropractic dapat membantu mengobati sakit telinga. Dalam sebuah penelitian, 93 persen dari semua sakit telinga membaik dengan perawatan chiropractic, kebanyakan pasien merasa lebih baik dalam 7-10 hari dan hanya dengan 1 sampai 2 kali perawatan.

Meskipun studi jangka panjang lebih banyak diperlukan, para pendukung mengatakan penyesuaian chiropractic dapat meningkatkan drainase telinga tengah dan mengurangi infeksi telinga.

Studi menunjukkan perawatan chiropractic pediatrik sangat aman, tetapi penting untuk memilih penyedia yang berspesialisasi untuk bayi mama.

4. Uap herbal

4. Uap herbal
Freepik/Elenayakimova

Menghirup uap herbal adalah obat sakit telinga yang bagus. Ini dapat membantu mengurangi penyumbatan dan pembengkakan sinus yang dapat menyebabkan tekanan di telinga.

Berikut caranya:

  • Rebus air dan tuangkan ke dalam baskom.
  • Tambahkan herbal seperti sage, rosemary, calendula, atau lemon balm.
  • Letakkan handuk di atas kepala bayi dan hirup uapnya untuk membersihkan saluran hidung dan mengurangi peradangan dan pembengkakan.

5. Pijat khusus untuk sakit telinga

5. Pijat khusus sakit telinga
Freepik/Freepic-diller

Sakit telinga bisa disebabkan oleh hal-hal yang terjadi di tenggorokan, rahang, atau mulut. Sistem limfatik yang tersumbat (amandel, atau kelenjar getah bening) dapat menyebabkan pembengkakan yang menyebabkan sakit telinga. Pijat drainase limfatik membantu meredakan hidung tersumbat dan tekanan untuk meredakan nyeri telinga.

Kapan Harus ke Dokter?

Kapan Harus ke Dokter
Freepik/Racool_studio

Segera bawa ke dokter jika bayi mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Demam lebih dari 38.8 C
  • Gejala berlanjut atau memburuk setelah 48-72 jam
  • Bayi mama berusia di bawah 6 bulan dan mengalami lebih dari satu kali infeksi telinga
  • Bayi mengalami infeksi telinga ganda

Meski penyakit ini sangat umum dialami oleh bayi, sakit telinga tidak boleh disepelekan ya, Ma. Segera bawa si Kecil ke dokter jika ada gejala-gejala sakit telinga pada bayi seperti yang disebutkan di atas.

Apa yang Mama lakukan ketika si Kecil mengalami sakit telinga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.