5 Ide Merayakan Ulang Tahun Pertama Anak Tanpa Pesta

Banyak cara untuk merayakan ulang tahun anak, Ma!

20 April 2019

5 Ide Merayakan Ulang Tahun Pertama Anak Tanpa Pesta
Freepik

Ulang tahun selalu menjadi momen yang menyenangkan, terutama jika itu adalah ulang tahun pertama anak. Sebagai orangtua, Mama pasti ingin berbagi momen bahagia tersebut.

Terkadang ada orangtua yang bersemangat untuk merayakan momen tersebut dengan mengadakan pesta bertema khusus. Ada juga yang memilih untuk tidak mengadakan pesta. Apa pun pilihannya, sesuaikan dengan budget dan beberapa pertimbangan lain. Dan yang paling penting, anak Mama bahagia.

Mungkin pilihan Mama bukan pada pesta bertema khusus yang heboh. Tapi apa ya yang bisa dilakukan untuk merayakan momen bahagia ini?

Popmama.com punya beberapa ide untuk merayakan ulang tahun pertama anak.

1. Berlibur bersama

1. Berlibur bersama
Freepik/bearfotos

Kesibukan di rumah atau tempat kerja mungkin membuat Mama dan Papa cukup sibuk akhir-akhir ini. Nah, ulang tahun anak yang pertama bisa menjadi saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak perlu jauh-jauh, mungkin Mama bisa membuat rencana untuk berlibur ke luar kota, daerah pegunungan atau menyewa villa. Banyak tempat-tempat ramah bayi yang bisa menjadi pilihan.

Biarkan anak berlalu bebas di rerumputan atau merendam kakinya di  sungai kecil. Pantai pun bisa menjadi pilihan berlibur untuk merayakan ulang tahun pertama anak.

2. Mengunjungi kebun binatang

2. Mengunjungi kebun binatang
Pexels/Blacktator

Berkunjung ke kebun binatang juga bisa menjadi pilihan untuk merayakan ulang tahunnya. Anak pasti senang melihat binatang secara langsung. Mungkin anak belum bisa mengingatnya, tapi bayangkan keceriaan dan semangatnya saat melihat gajah yang besar.

Pastikan untuk mengambil banyak foto sehingga kelak Mama bisa menunjukkan kepada anak saat ia cukup besar untuk mengerti.

Editors' Picks

3. Sesi foto khusus ulang tahun pertama

3. Sesi foto khusus ulang tahun pertama
Pixabay/PublicDomainPictures

Siapa yang tidak suka melihat foto unik dan lucu? Terutama bila itu foto anak Mama.

Mama bisa menyiapkan sesi foto khusus entah itu di rumah atau menyewa seorang fotografer handal. Dandani bayi dengan baju yang lucu dan berwarna-warni. Seorang fotografer yang berpengalaman sudah ahli untuk membuat anak nyaman selama sesi foto.

Kelak Mama pasti akan tersenyum saat melihat-lihat album foto ulang tahun pertama ini.

4. Merayakan di panti asuhan

4. Merayakan panti asuhan
Pixabay

Jika Mama ingin membuat sebuah perayaan untuk diingat kelak, merayakan ulang tahun di panti asuhan bisa menjadi pilihan.

Anak bisa menghabiskan waktu bersama teman-temannya di panti asuhan sambil menikmati makanan dan kue ulang tahun. Bayangkan anak berlari senang dengan teman barunya atau anak-anak yang bersemangat melihat kue ulang tahun sambil menyanyi lagu selamat ulang tahun.

5. Menyiapkan kue istimewa

5. Menyiapkan kue istimewa
Pixabay/envasa

Tidak perlu pesta khusus tetapi Mama selalu bisa menyiapkan kue spesial untuk anak. Banyak toko kue yang menjual kue sesuai pesanan Mama. Mainkan lagu selamat ulang tahun dan siapkan lilin. Lihat bagaimana anak Mama berusaha meniup lilin pertamanya itu dan menyentuh kue yang lucu.

Bagaimana pun bentuk perayaannya, yang terpenting adalah anak dan Mama sekeluarga dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Melihat anak menikmati harinya menjadi kebahagiannya yang tidak ternilai harganya.

Jadi, apa yang Mama rencanakan untuk ulang tahun anak nanti?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!