Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sumber Protein, Ini 10 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI

Ikan kaya protein yang baik untuk tumbuh kembang bayi

2 Desember 2022

Sumber Protein, Ini 10 Jenis Ikan Bagus MPASI
Freepik/dashu83

Memilih ikan untuk menu makanan pendamping ASI (MPASI) bayi adalah keputusan yang tepat. Selain rasanya yang nikmat, ikan juga mengandung berbagai nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin, mineral, dan zat besi. 

Kandungan nutrisi dalam ikan bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil seperti perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan bayi.

Mama harus memilih jenis ikan yang tepat untuk MPASI bayi. Pastikan Mama memilih ikan yang masih segar dengan kandungan merkuri yang rendah. Ikan berukuran besar umumnya mengandung tinggi merkuri, contohnya ikan hiu dan ikan pedang. 

Sementara itu, jenis ikan seperti salmon, nila, lele, dan gurame masih aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Selain memilih ikan yang masih segar, Mama juga direkomendasikan untuk memilih ikan berdaging putih karena jenis ikan tersebut biasanya mengandung merkuri yang rendah. 

Untuk membantu Mama memilih, Popmama.com sudah merangkum jenis ikan untuk MPASI pada ulasan berikut ini.

1. Ikan bandeng

1. Ikan bandeng
Freepik/timolina

Ikan bandeng mengandung zat besi, lemak sehat, fosfor, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B12. Semua nutrisi memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi bayi, seperti:

  • mendukung perkembangan otak dan jantung bayi,
  • menjaga kesehatan tulang dan gigi,
  • merawat ginjal bayi,
  • meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Selain mudah diperoleh, harganya juga terjangkau, Ma.

2. Ikan kembung

2. Ikan kembung
Shopee

Salah satu ikan yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan di Indonesia adalah ikan kembung. Meski harganya murah, kandungan nutrisinya tidak kalah dengan ikan salmon, Ma.

Dalam setiap 85 gram ikan kembung mengandung:

  • Kalori: 223
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 15 gram
  • Lemak jenuh: 4 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 6 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 4 gram
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Selenium
  • Kalium

Konsumsi ikan kembung dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, mencegah peradangan, serta menjaga kesehatan otot bayi.

3. Ikan gabus

3. Ikan gabus
Pixabay/MarcOliver_Artworks

Ikan gabus memang lebih susah untuk diperoleh, namun tetap digemari sebagian orang. Bukan hanya untuk dewasa, ikan gabus juga bermanfaat untuk bayi.

Di dalam 100 gram ikan gabus mengandung sebanyak 69 kalori, 25,2 gram protein, 1,7 gram lemak, 0,9 miligram zat besi, 62 miligram kalsium, 76 miligram fosfor, 150 miligram vitamin A, 0,04 miligram vitamin B, dan 69 miligram air.

Semua kandungan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi saat masa MPASI.

4. Ikan lele

4. Ikan lele
W.A. Djatmiko/Wikipedia

Gizi yang terkandung dalam ikan lele antara lain adalah omega 3, vitamin A, C, B kompleks, lemak, kalsium, natrium, fosfor, seng, dan magnesium. Diketahui, setiap 3 ons lele mengandung 0,22 hingga 0,3 gram asam lemak omega-3.

Ikan lele dapat diolah menjadi beragam masakan yang enak untuk si Kecil. Hindari penambahan garam dan gula jika si Kecil belum berusia satu tahun, ya, Ma.

Editors' Picks

5. Ikan mas

5. Ikan mas
Wikipedia

Ikan mas mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu 16 gram dalam 100 gram ikan mas. Ikan mas juga mengandung lemak, kalsium, zat besi, dan lemak.

Selain kandungan gizi yang tinggi, ikan mas juga bisa dimasak dengan berbagai kreasi masakan. Namun, saat mengolah ikan mas sebagai MPASI bayi, tetaplah berhati-hati sebab ikan mas memiliki banyak duri.

6. Ikan nila

6. Ikan nila
Freepik/topntp26

Ikan nila merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Karena di dalam ikan nila terdapat vitamin B3, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium yang penting. Dalam 100 gram ikan nila mengandung 26 gram protein, 128 kalori, 3 gram lemak, dan 0 gram karbohidrat.

Kandungan vitamin dan mineral pada ikan nila dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bayi tidak mudah sakit,
  • mendukung perkembangan otak,
  • menangkal radikal bebas,
  • mendukung perkembangan tulang,
  • menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Ikan tuna

7. Ikan tuna
Wikipedia

Ikan tuna mengandung protein, kalium, vitamin B, dan selenium yang penting untuk membantu fungsi kognitif otak, membantu sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme hormon tiroid.

Tak hanya itu, ikan tuna juga mengandung omega 3 yang cukup tinggi, yakni 1,2 gram omega 3 dalam 100 gram ikan tuna serta mengandung 147 kalori dalam setiap 113 gram ikan tuna.

Untuk mendapatkan nutrisi yang optimal, berikanlah ikan tuna segar pada si Kecil, bukan tuna kaleng ya, Ma!

8. Ikan mujair

8. Ikan mujair
Youtube.com/Mama Emy's kitchen

Ikan mujair diketahui memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan ikan tuna, yakni protein, lemak omega 3,  fosfor, sodium, kalium, dan selenium.

Selain mengandung banyak gizi dan nutrisi, ikan mujair juga bisa Mama dapatkan dengan harga yang lebih murah. 

9. Ikan teri

9. Ikan teri
Shopee.com/gerobakikan

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa ikan teri juga bisa menjadi MPASI. Kandungan ikan teri yang kaya nutrisi dan bergizi memiliki banyak manfaat untuk tubuh si Kecil. 

Selain itu, ikan teri termasuk jenis yang tinggi akan kandungan omega 3 dibandingkan makanan laut lainnya.

Perlu diketahui bahwa kandungan omega 3 dapat memberikan manfaat untuk si Kecil, seperti meningkatkan kecerdasan, meningkatkan sistem imunitas tubuh hingga mampu menyeimbangkan koordinasi antara tangan dan matanya.

Jika rutin dikonsumsi, kesehatan jantung, hati, sendi dan tulang bayi bisa terjaga. 

10. Ikan tongkol

10. Ikan tongkol
Wibowo Djatmiko/Wikipedia

Siapa sangka, ikan tongkol juga dapat diolah menjadi MPASI. Ikan tongkol adalah ikan yang sangat mudah sekali ditemukan di pasaran. Namun, nilai gizinya juga tidak kalah dengan ikan-ikan lainnya, justru ikan tersebut dikenal karena nilai gizinya yang berlimpah.

Ikan tongkol kaya akan protein, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Pastinya juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. 

Ikan kaya protein yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Namun, Mama juga perlu memperhatikan risiko merkuri yang terkandung pada ikan. Diskusikan lagi dengan dokter mengenai ikan yang sesuai untuk kondisi kesehatan si Kecil.

Itu tadi berbagai jenis ikan untuk MPASI. Apakah si Kecil suka mengonsumsi ikan, Ma?

Baca juga

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk