Cabang Ilmu Fisika dan Perannya Dalam Kehidupan, Yuk Cari Tahu!

Meski kelihatannya sulit, ilmu fisika ternyata sangat bermanfaat lho!

30 Agustus 2021

Cabang Ilmu Fisika Peran Dalam Kehidupan, Yuk Cari Tahu
Pixabay/NASA-Imagery

Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari bagaimana benda dan materi di  alam semesta bergerak beserta perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu. Fisika seringsekali dikaitkan dengan energi dan gaya. 

Fisika sendiri berasal dari bahasa Yunani, Physikos yang berarti keterkaitan dengan semua aspek alam pada tingkat mikroskopik dan submikroskopik.

Ilmu fisika sendiri memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana alam semesta bekerja. Mulai dari planet-planet yang dibahas dalam Astronomi hingga gerak manusia yang dapat menghasilkan gaya melalui aktivitasnya sehari-hari.

Ruang lingkup ilmu fisika sendiri sangatlah luas lho. Ada banyak sekali cabang ilmu fisika yang menarik dan tentunya berguna diaplikasikan dalam kehidupan kita, untuk memudahkan pekerjaan atau sebagai sarana memperluas pengetahuan. 

Yuk, kita cari tahu bersama apa saja cabang ilmu pengetahuan fisika sebagai materi pengetahuan untuk jenjang sekolah SD di Popmama.com

1. Astrofisika

1. Astrofisika
Pixabay/geralt

Astrofisika ialah penggabungan dari ilmu astronomi dan fisika yang secara khusus mempelajari mengenai perilaku, sifat fisik serta dinamika benda atau fenomena langit.

Dalam praktiknya, astrofisika sering sekali menerapkan hukum fisika dan kimia untuk menjelaskan kelahiran, kehidupan dan kematian benda-benda langit seperti bintang, planet, galaksi, dan nebula. 
Astrofisika sendiri memiliki dua sepupu dalam sains, astronomi dan kosmologi. astronomi digunakan untuk mengukur posisi, luminositas, pergerakan dan karakteristik lainnya. Sedangkan kosmologi menggagas teori fisika untuk struktur terbesar dan alam semesta secara keseluruhan.

2. Ekonofisika

2. Ekonofisika
Freepik

Ini merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang menarik sebab bukan hanya membahas mengenai prinsip-prinsip fisika, tetapi juga ilmu ekonomi. 

Ekofisika merupakan penggunaan gagasan fisika dalam menganalisa data ekonomi (khususnya keuangan) dengan menggunakan pengalaman-pengalaman dalam menganalisa sistem fisika yang suatu saat tidak tertutup. Sehingga dapat langsung diterapkan untuk memprediksi hal-hal ekonomi seperti misalnya prediksi fluktuasi harga saham. 

3. Elektronika

3. Elektronika
Pixabay/xegxef

Elektronika merupakan salah satu bidang fisika yang memiliki banyak aplikasinya dalam hidup sehari-hari. Mulai dari lampu, televisi, alat pendingin ruangan, dan lainnya. 

Elektronika sendiri adalah cabang dari ilmu fisika dan teknik yang mempelajari arus listrik baik lemah ataupun tinggi. Objek studinya terfokus pada pemancaran, perilaku dan dampak elektron serta alat-alat yang digunakan.

Elektronika punya dua cabang utama, yaitu elektronika padat yang secara khusus mempelajari elektronika tanpa tabung hampa udara atau transistor, dan elektronika semikonduktor yang secara khusus menggunakan komponen semikonduktor untuk transistor

4. Fisika Gelombang

4. Fisika Gelombang
Freepik/pikisuperstar

Fisika gelombang merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang membahas mengenai bagian-bagian inti sebuah atom, termasuk atom itu sendiri mirip dengan fisika kuantum. 

Ilmu fisika gelombang membahas mengenai pergerakan elektron dalam sebuah gelombang elektromagnetik. Dalam penerapannya, cabang ilmu ini dapat dipadukan dengan cabang ilmu Fisika Kuantum karena memiliki objek studi yang serupa. 

Lebih lengkap lagi, fisika gelombang juga membahas getaran yang merambat pada suatu benda atau media lainnya. Gelombang ini biasanya dapat membawa dan meneruskan energi dari satu tempat ke tempat lainnya, seperti gelombang suara, gelombang cahaya, dan lainnya. 

5. Fisika kedokteran

5. Fisika kedokteran
Freepik/Xb100

Seperti yang dibahas sebelumnya, ilmu fisika membahas bagaimana alam bekerja secara keseluruhan, termasuk tubuh manusia. Itulah mengapa ada cabang ilmu fisika yang satu ini. 

Fisika kedokteran secara khusus mempelajari bidang-bidang medis. Ilmu ini membantu proses pengobatan, pengamatan, dan penelitian yang dilakukan oleh para tenaga medis.

Dalam fisika kedoketran terdapat beberapa disiplin ilmu seperti:

  • Biomekanika, yaitu ilmu yang secara khusus mempelajari gaya dan hukum fluida dalam tubuh manusia.
  • Bioakuistik, yaitu cabang ilmu yang mempelajari bunyi pada sel-sel yang hidup. 
  • Biooptik, yaitu ilmu yang khusus mempelajari mata dan penggunaan alat-alat optik lain.
  • Biolistrik, yaitu ilmu yang secara khusus mempelajari jantung pada manusia dan hewan-hewan lain.
  • Radiasi, yaitu ilmu yang secara khusus mempelajari proses dimana energi bergerak lewat ruang sebelum akhirnya diserap oleh benda lain.

6. Fisika lingkungan

6. Fisika lingkungan
Pexels/Pixabay

Salah satu ilmu fisika yang menarik untuk dipelajari ialah fisika lingkungan. Ilmu cabang fisika ini secara khusus mempelajari keterkaitan fenomena fisika dalam lingkungan baik yang dapat diamati atau tidak.

Ilmu ini sendiri mempelajari banyak hal dan sub bidang lainnya, mulai dari tanag permukaan, udara, hidrologi, gempa bumi, laut, meteorologi, fisika awan, atmosfer, dan lain sebagainya. 

Melalui ilmu ini, kita dapat mengetahu mengenai kenampakan alam yang terjadi dan pengaruhnya terhadap lingkungan, contohnya seperti arus air, atau perubahan cuaca. 

Editors' Picks

7. Fisika optik

7. Fisika optik
Unsplash/Nadine Shaabana

Fisika optik merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia sehar-hari, mulai dari alat bantu pengelihatan sampai alat untuk menangkap foto. 

Ilmu fisika optik secara khusus mempelajari cahaya, kecepatan dan segala sesuatu yang berhubungan dan optik. 

Sedangkan optik merupakan alat yang bekerja berdasarkan prinsip cahaya. Alat ini menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi. Optik dijelaskan dan ditandai dengan fenomena optik.

8. Geofisika

8. Geofisika
Unsplash/Kelly Sikkema

Geofisika merupakan salah satu cabang fisika hasil dari pengembangan dari beberapa bidang ilmu lain seperti Geografi, meterologi, kimia dan matematika. Objek utama yang dipelajari dalam geofisika ialah panas, magnetisme, dan juga gravitasi.

Geofisika memiliki beberapa ilmu sub bagiannya sendiri, seperti:

  • Seismologi yang merupakan subidang dari geofisika yang secara khusus mempelajari gempa dan penyebabnya.
  • Gravitasi yang merupakan bidang geofisika yang secara khusus mempelajari daya tarik menarik yang terdapat pada bumi.
  • Geoelektro yang secara khusus mempelajari aspek-aspek listrik yang terdapat di bumi.
  • Geodesi adalah cabang dari ilmu fisika yang secara khusus menyelidiki ukuran dan bangun bumi.

9. Komputasi

9. Komputasi
Freepik

Komputasi merupakkan salah satu cabang ilmu fisika hasil gabungan dengan ilmu pengetahuan lain, yaitu dengan ilmu matematika. Dalam komputasi, pembahasannya terfokus pada keterkaitan persamaan fisika dan matematika. 

Komputasi sendiri dibagi kembali menjadi beberapa bagian kecil, diantaranya adalah:

  • Komputasi gerak, yaitu sistem komputasi yang bisa dengan mudah dipindahkan secara fisik atau dapat digunakan saat sedang dipindahkan.
  • Komputasi grid, yaitu adalah proses pemecahan masalah komputasi yang rumit dengan mendistribusikan bagian dari masalah tersebut ke komputer yang kapasitasnya tidak terpakai dan terhubung ke internet.
  • Komputasi numeris, yaitu perhitungan yang melibatkan bilangan-bilangan, bukan huruf yang mewakili bilangan.
  • Komputasi tangan, yaitu proses pemecahan suatu masalah numerik secara algoritmis tanpa bantuan mesin seperti komputer.

10. Kosmografi

10. Kosmografi
bcfocus.com

Ada satu lagi nih ilmu fisika yang mirip dengan astronomi, itulah kosmografi. Ilmu kosmografi sendiri secara khusus mempelajari keadaan di ruang angkasa yang mempengaruhi bumi sesuai dengan prinsip-prinsip fisika modern. 

Ini berbeda dari astronomi yang fokus pembahasannya lebih luas, mencangkup keadaan alam semesta dan fenomena-fenomenanya. 

Melalui Kosmografi, anak-anak dapat mengetahui bagaimana keadaan di ruang angkasa dapat mempengaruhi bumi. Seperti matahari yang menyebabkan adanya peristiwa revolusi bumi. 

11. Mekanika

11. Mekanika
Pexels/Sourav Mishra

Jika anak-anak suka memperhatikan mobil atau motor yang bergerak dengan cepat, mungkin cabang ilmu fisika ini akan kesukaanmu. 

Mekanika merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gerak serta penyebab-penyebab yang memicu benda dapat bergerak ataupun berhenti. Mekanika sendiri dibadi lagi menjadi dua sub bidang, yaitu Kinematika dan Dinamika. 

Kinematika merupakan cabang dari ilmu mekanika yang mempelajari objek yang bergerak tanpa melihat penyebab dan akibatnya. Seperti, mengapa sepeda dapat bergerak lalu berhenti, mengapa lajunya relatif atau konstan.

Sedangkan dinamika merupakan cabang ilmu mekanika yang secara khusus mempelajari sebab akibat suatu benda bergerak. Bisa saja karena diberi gaya tarikan ataupun dorongan. 

12. Mekanika Fluida

12. Mekanika Fluida
Freepik/Rawpixel.com

Sesuai namanya, cabang ilmu mekanika fluida membahas khusus mengenai cairan fluida yang unik (cair, gas, dan plasma). Perlu kmu tahu, fluida sendiri merupakan benda seperti air atau gas yang bentuknya dapat berubah akibat pengaruh gaya geser.  

Mekanika Fluida sendiri dibagi lagi menjadi dua cabang, yaitu statika fluida, ilmu yang mempelajari keadaan fluida saat diam, kinematika fluida, ilmu yang mempelajari fluida saat bergerak, dan dinamika fluida, ilmu yang mempelajari efek gaya pada fluida yang bergerak.

Melalui ilmu mekanika fluida, anak-anak dapat mendalami hal-hal seperti cara mengeluarkan mata air tanpa perlu dipompa (artesis) juga kenaikan permukaan bumi akibat hilangnya permukaan salju yang menutupinya (post glacial rebound).

13. Mekanika Kuantum

13. Mekanika Kuantum
newscientist.com

Apakah anak-anak tahu tokoh Albert Einstein? Mekanika kuantum inilah salah satu hasil dari buah pemikiran sang Ilmuwan jenius tersebut, 

Mekanika kuantum merupakan cabang fisika modern dan berasal dari mekanika klasik. Objek studinya sendiri terfokus mempelajari atom dan sub atom. Ini termasuk materi-materi lain semacam proton dan elektron yang dapat menjelaskan bagaimana atom dapat saling terhubung.

14. Mekanika Statistika

14. Mekanika Statistika
Unsplash/Raphaël Biscaldi

Mekanika statistik merupakan ilmu pengetahuan fisika yang secara khusus mempelajari sifat materi berdasakan perilaku atom dan molekul dalam jumlah yang besar. 

Bidang fisika ini fokus membahas gerakan gaya yang terjadi pada atom dan molekul yang dihubungkan dengan sifat-sifatnya. Terkadang hasil yang dari pergerakan atom tersebut juga dapat menyebabkan perubahan seperti pada panas, atau unsur-unsur lainnya. 

Melalui bidang ilmu fisika ini, kita dapat mengetahui pergerakan atom dan molekul yang bersifat mikroskopis (amat kecil) dan perubahan yang ditimbulkannya. 

15. Termodinamika

15. Termodinamika
Piaxabay/geralt

Satu lagi cabang ilmu fisika yang menarik, itu adalah termodinamika. Secara khusus, termodimika membahas mengenai perubahan dan perpindahan energi sebagai sebuah usaha untuk mengubah kalor (perpindahan energi yang disebabkan oleh berubahnya suhu).

Termodinamika juga berhubungan erat dengan fisika energi, panas, kerja, juga kespontanann proses. Cabang ilmu fisika ini mempelajari pertukaran energi bentuk kalor dan kerja.

Umumnya termodinamika digunakan dalam mengukur perubahan panas pada tubuh manusia, perkakas elektronik seperti kulkas, AC, dan juga dispenser.

Itulah 15 cabang ilmu fisika yang bermanfaat dalam kehidupan. Kira-kira apakah ada yang menarik perhatianmu? Kalau ada coba belajar dan cari tahu lebih lanjut yuk!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.