Cara Mendampingi Anak Remaja saat Menonton Tayangan TV Online

Pilih yang sesuai berdasarkan usia mereka, Ma

15 Mei 2020

Cara Mendampingi Anak Remaja saat Menonton Tayangan TV Online
Pexels/Julia M Cameron

Semakin bertumbuh dan berkembangnya fisik serta pemikiran anak, membuat rasa ingin tahu mereka menjadi lebih tinggi. Seperti pada anak remaja yang penasaran dengan hal-hal baru.

Salah satunya dalam memilih hiburan, baik musik atau film. Maka, orangtua perlu hati-hati dan tetap mendampingi. Hal ini karena bukan tidak mungkin, anak remaja Mama tertarik dengan hiburan orang dewasa. 

Lalu, bagaimana ya, Ma cara pendampingan yang tepat untuk anak remaja? Berikut Popmama.com berikan 3 tipsnya. 

Editors' Picks

1. Pilih hiburan berdasarkan usia

1. Pilih hiburan berdasarkan usia
Pexels/Julia M Cameron

Meskipun anak usia remaja telah mengetahui benar atau salah dalam setiap tindakan, tetapi Mama tetap perlu mengawasi mereka. Pilihlah hiburan, terutama jenis tontonannya berdasarkan usia.

Hal ini dilakukan untuk menghindari anak dari tontonan orang dewasa yang bisa saja memengaruhi perilaku mereka. Misalnya, kekerasan atau kejahatan.

Jadi, Mama pasti bisa kok memberikan jenis tontonan yang edukatif dan tetap menghibur bagi anak. 

2. Dampingi dan ajak berdiskusi

2. Dampingi ajak berdiskusi
Pexels/Julia M Cameron

Pendampingan langsung saat anak menonton TV atau film merupakan cara yang tepat untuk mengawasi. Mama bisa meminta anak untuk ikut serta menikmati hiburan. 

Selingi juga dengan interaksi atau diskusi kecil tentang apa yang ada dalam layar kaca. Berikan pesan atau nilai-nilai yang terkandung sehingga anak dapat belajar dengan cara menyenangkan, Ma. 

3. Gunakan fitur khusus anak

3. Gunakan fitur khusus anak
Pexels/Julia M Cameron

Manfaatkan teknologi dengan menggunakan fitur khusus "Anak" pada gadget. Seperti yang diterapkan oleh Netflix sehingga orangtua tetap bisa mengawasi tontonan anak. 

Dengan Netflix, Mama bisa membuat ‘Profil Anak’ (dari Pengaturan Profil) dan memberikan instruksi yang jelas bahwa mereka hanya boleh menonton 
menggunakan akun tersebut.

Fitur ini juga dilengkapi dengan 4 digit PIN untuk mengunci profil sehingga anak-anak tidak akan pernah dapat mengakses 'Profil Orangtua'. Sekalipun menggunakan gadget atau perangkat lainnya.  

Kini, Mama pun dapat dengan mudah mengawasi tontonan hiburan anak remaja di rumah. Semoga informasi cara mendampingi anak menikmati tontonan TV online di atas bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.