6 Langkah Cuci Tangan untuk Cegah Penyebaran Virus Corona pada Anak

Cuci tangan bukan sekadar membasahi tangan dengan sabun dan air. Ada langkahnya, lho!

5 April 2020

6 Langkah Cuci Tangan Cegah Penyebaran Virus Corona Anak
Freepik

Sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran virus corona, Brawijaya Women and Children Hospital (BWCH)melakukan penyuluhan mengenai virus Covid-19 pada siswa-siswi sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama Al-Azhar Syifa Budi Kemang. 

Dalam penyuluhan kali ini, didukung dengan hadirnya dr. Reza Abdussalam, Sp.A, yang merupakan dokter spesialis anak BWHC. Ia mengenalkan bahwa virus Covid-19 adalah jenis terbaru dari virus Corona (SARS dan MERS) yang belum terindentifikasi pada manusia. Gejala yang ditimbulkan pun bisa berupa flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti pneumonia. 

Kendati demikian, ia mengungkapkan bahwa banyak upaya yang bisa dilakukan dalam mencegah tertularnya virus Covid-19 ini termasuk dengan menjaga daya tahan tubuh dan rutin mencuci tangan. Namun, sangat disayangkan bahwa masih banyak anak-anak yang mengabaikan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Untuk itu Popmama.com telah merangkum langkah-langkah mencuci tangan dengan benar menurut dr. Reza. Yuk simak:

1. Basahkan kedua tangan dan berilah sabun secukupnya

1. Basahkan kedua tangan berilah sabun secukupnya
practo.com

Si Anak harus tahu kapan mereka perlu mencuci tangan dengan rutin. Biasakanlah untuk mencuci tangan setiap selesai melakukan sesuatu seperti:

  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan,
  • sebelum makan,
  • sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sakit,
  • sebelum dan sesudah mengobati luka,
  • setelah menggunakan toilet,
  • setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet,
  • setelah batuk dan bersin,
  • setelah menyentuh binatang, pakan ternak, atau kotoran hewan,
  • setelah membuang sampah.

Langkah pertama mencuci tangan adalah dengan membasahi tangan dan membubuhkan sabun. 

2. Gosokkan kedua telapak tangan

2. Gosokkan kedua telapak tangan
practo.com

Gosoklah kedua tangan menggunakan sabun. Sabun dinilai lebih efektif daripada air saja karena surfaktan dalam sabun dapat mengangkat kotoran atau kuman dari kulit. Oleh karena itu, orang-orang cenderung memilih menggosok tangan secara lebih menyeluruh dengan menggunakan sabun.

Editors' Picks

3. Kemudian, gosoklah punggung tangan

3. Kemudian, gosoklah punggung tangan
practo.com

Jangan lupa untuk menggosok punggung tangan secara menyeluruh menggunakan sabun. Hal tersebut dilakukan sebab virus corona bisa saja menempel pada punggung tangan. Punggung tangan juga merupakan bagian yang kerap diabaikan orang-orang ketika sedang mencuci tangan. Maka itu, yuk mulai mencuci punggung tangan!

Baca juga:

Alasan Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

4. Gosoklah kedua tangan hingga ke sela-sela jari

4. Gosoklah kedua tangan hingga ke sela-sela jari
practo.com

Menyabuni dan menggosok tangan dapat menciptakan gesekan, yang membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba termasuk virus corona dari kulit, yang kerap muncul di semua permukaan tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.

5. Gosoklah pada bagian belakang jari-jari

5. Gosoklah bagian belakang jari-jari
practo.com

Jari-jari tangan merupakan bagian yang paling sering bersentuhan dengan banyak hal. Dengan demikian, kamu perlu menggosok pada bagian belakang jari-jari tanganmu dan jangan lupa untuk gunakan sabun. Jika memungkinkan pilihlah sabun yang memiliki kandungan anti bakteri.

6. Terakhir, gosoklah bagian ujung pada jari tangan

6. Terakhir, gosoklah bagian ujung jari tangan
practo.com

Ujung jari tangan adalah bagian yang paling memungkinkan virus atau kuman bersembunyi di kulit tanganmu, terlebih jika kuman atau virus tersebut tertutup oleh kuku. Karena itu, jangan abaikan untuk menggosok bagian ini ketika sedang mencuci tangan terutama pada anak-anak, yang kerap mencuci tangan dengan asal-asalan.

Bantu anak-anak tetap sehat dan terhindar dari virus corona dengan mendorongnya agar sering mencuci tangan. Kamu bisa mempraktikkan 6 langkah mencuci tangan ini kepada anak dan membiarkan ia mencobanya sendiri.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.