Efektivitas Minyak Esensial Alami untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Aman digunakan untuk jangka panjang

29 November 2021

Efektivitas Minyak Esensial Alami Menjaga Imunitas Tubuh
Freepik

Setelah kurang lebih dua tahun menghadapi pandemi, kini Indonesia sudah berangsur normal. Kini, anak-anak mulai kembali ke sekolah dan melakukan PTMT.

Meski demikian, bukan berarti penyebaran virus corona telah usai dan menghilang dari bumi. Sebab, masih ada beberapa orang yang dinyatakan positif corona setiap harinya. Bahkan, baru-baru ini di Afrika ditemukan virus corona varian baru. 

Maka dari itu, Mama tetap harus mengingatkan anak-anak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin. 

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh seperti dengan berolahraga dan menjaga pola makan sehat. 

"Imunitas berfungsi penting sebagai garda pertama kesehatan fisik kita. Selain aktif berolahraga dan pola makan sehat, asupan suplemen yang tepat bisa melengkapi upaya kita mengoptimalkan kesehatan tubuh kita," tutur Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Alergi Imunologi. 

Nah, kini suplemen meningkatkan imun tubuh ada yang berbentuk minyak esensial lho, Ma. 

Namun, keberadaannya yang terbilang cukup baru membuat masyarakat mempertanyakan efektifitasnya. 

Untuk itu, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi terkait efektifitas penggunaan minyak essential  alami untuk meningkatkan imunitas tubuh remaja, coba simak informasi berikut ini yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Benarkah minyak esensial alami dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh? 

1. Benarkah minyak esensial alami dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh 
fitnesshealthforever.com

Kebanyakan masyarakat Indonesia berlomba meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi vitamin atau obat. 

Namun, sebenarnya imun tubuh pun dapat ditingkatkan melalui minyak esensial yang memiliki sifat imunomodulator. 

Mengutip salah satu jurnal yang dipublikasikan di U.S. National Library of Medicine, obat imunomodulator adalah obat yang mampu memodifikasi respon sistem kekebalan dengan meningkatkan (imunostimulator) atau menurunkan (imunosupresif) produksi antibodi serum. 

Dengan adanya sifat imunomodulator, maka minyak esensial akan memperbaiki sistem imun dengan cara stimulasi (imunostimulan) atau menormalkan reaksi imun yang abnormal (imunosupresan). 

Minyak esensial yang memiliki sifat imunomodulator ini aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

2. Rhea Health Tone, minyak esensial alami yang dipercaya mampu meningkatkan imun 

2. Rhea Health Tone, minyak esensial alami dipercaya mampu meningkatkan imun 
Dox. Rhea Healt Tone

Salah satu produk minyak esensial yang mampu meningkatkan imun adalah Rhea Health Tone. Produk tersebut telah lulus klinis multisenter dan randomized  yang dilaksanakan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung. 

Dari hasil uji klinis menunjukkan produk ini dapat mempersingkat masa rawat inap pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang. Jangka waktu rawat inap menjadi lebih singkat 17 vs 39 hari. 

Selain itu, produk ini pun menunjukkan perbaikan parameter IL-6 dan IFN gamma yang signifikan secara statistik, sehingga dapat menghindari terjadinya badai sitokin, konversi PCR dari positif ke negatif yang lebih banyak dalam kurun waktu yang sama, status klinis subjek yang lebih baik terutama laju pernapasan, dan pengamatan rontgen dada. 

Yosua Tjajadi selaku Head of Sales & Marketing PT. Rhea Sciences Indonesia pun menjelaskan lebih lanjut, “Uji klinis yang membuktikan efektivitas Rhea Health Tone dalam membantu pemulihan pasien Covid-19, juga turut memberikan validasi secara sains mengenai efektivitas kandungan minyak esensial alami yang ada dalam produk kami dalam menjaga imunitas tubuh, yang kita butuhkan untuk melindungi tubuh dari penyakit ringan seperti flu, batuk dan pilek, sebagai contohnya." 

"Rhea Health Tone juga lebih mudah diserap tubuh karena berbentuk minyak esensial dan aman digunakan dalam jangka waktu panjang dengan fungsinya sebagai imunomodulator -  yang bekerja dengan merubah respon tubuh kita sendiri terhadap ancaman seperti virus dengan kandungan bahan alami," imbuh Yosua. 

Selain itu, produk minyak esensial ini tidak memiliki efek samping pada ginjal dan hati seperti suplemen peningkat imun lainnya sehingga penggunaannya aman untuk membantu terapi pasien Covid-19 kategori ringan dan sedang. 

3. Dosis mengonsumsi Rhea Health Tone 

3. Dosis mengonsumsi Rhea Health Tone 
Freepik/awesomecontent

Produk ini telah sudah mendapatkan izin BPOM dengan nama produk Rhea Health Tone pada 2 April 2020 dengan nomor registrasi TI204633151. Jadi, benar-benar aman digunakan. 

Untuk mereka yang sedang sakit atau kondisi tubuhnya sedang kurang fit, produk inj dapat  diminum dua kali sehari sebanyak satu mililiter (satu pipet) secara reguler setiap 12 jam sekali. 

Sedangkan untuk orang sehat yang ingin menjaga imun tubuh, RHT bisa diminum sehari sekali 1 mililiter (1 pipet) secara reguler setiap 24 jam. 

Namun, untuk pemberian pada anak-anak dan remaja, tidak ada salahnya Mama dan Papa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter anak terkait penggunaan suplemen minyak esensial ini. Hal ini dilakukan guna memberikan yang terbaik untuk anak remaja mama. 

Nah itulah informasi mengenai efektivitas minyak esensial untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.