TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Potret Park Sunghoon Enhypen, Pangeran Es yang Digemari Remaja

Dari atlet ice skating menjadi idol Kpop

11 November 2021

9 Potret Park Sunghoon Enhypen, Pangeran Es Digemari Remaja
Twitter.com/ENHYPEN_members

Park Sung-hoon atau yang sering disapa Sunghoon ini merupakan salah satu member boy group Korea, Enhypen. Ia mulai debut menjadi seorang idol Kpop pada 30 November 2020. 

Walaupun baru debut satu tahun, popularitas dan prestasi Sunghoon tidak main-main lho, Ma. 

Kedua hal tersebut sebenarnya memang sudah melekat pada diri Sunghoon dari sebelum ia debut. Sebab, Sunghoon merupakan atlet ice skating yang memikat banyak orang melalui bakat dan parasnya. 

Namun, setelah debut menjadi idol Kpop, popularitasnya semakin tinggi. Anak lelaki kelahiran tahun 2002 ini mampu memikat hati banyak orang dari berbagai negara. Bahkan, kalangan yang bukan pecinta Kpop sekalipun. 

Untuk mengenal seberapa hebat Sunghoon Enhypen, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa informasi tentang anak lelaki yang memiliki julukan "pangeran es" ini. Simak yuk, Ma! 

1. Debut menjadi atlet skater saat berusia 8 tahun 

1. Debut menjadi atlet skater saat berusia 8 tahun 
Twitter.com/021208S2

Sebelum terjun ke dunia entertainment, Sunghoon merupakan seorang atlet ice skating berbakat. Sunghoon menjalani kehidupannya sebagai seorang atlet sejak tahun 2010 ketika usianya 8 tahun.

Mulai saat itu, ia berlatih dengan giat agar menjadi atlet hebat. Dari yang selalu terjatuh di area es hingga bisa berselancar dan beratraksi dengan mulus di atas. 

Kerja kerasnya itu mengantarkan Sunghoon mendapatkan penghargaan di kejuaraan Internasional tingkat pemula yakni, Asian Figure Skating Trophy dan Lombardia Trophy pada 2015-2016.

2. Sudah terkenal sejak menjadi seorang atlet

2. Sudah terkenal sejak menjadi seorang atlet
Twitter.com/sunghoonspics

Saat sunghoon menjadi atlet, ia sering menjadi sorotan publik karena aksinya di atas es sangat memukau serta parasnya yang imut dan rupawan. 

Bahkan, ia pun sempat membintangi acara "Crayon in My Mind" yang ditayangkan oleh SBS (stasiun TV nasional di Korea). Hal itu membuat nama Sunghoon semakin dikenal oleh masyarakat luas.

3. Bakatnya semakin terlihat nyata, Big Hit Entertainment menawari Sunghoon untuk menjadi seorang trainee

3. Bakat semakin terlihat nyata, Big Hit Entertainment menawari Sunghoon menjadi seorang trainee
Twitter.com/ENHYPEN_members

Sunghoon semakin terkenal sebagai atlet ice skating. Ia pun pernah tampil di panggung acara musik bersama IU (pernyanyi solo wanita Korea). Hal itu membuat Big Hit Entertainment (agensi yang menaungi BTS) tertarik merekrut Sunghoon menjadi traineenya. 

Big Hit Entertainment mulai merekrut Sunghoon dengan meneleponnya. Namun, kala itu Sunghoon tidak tertarik sama sekali menjadi idol. 

Akan tetapi, karena telepon dari Big Hit yang terus masuk, Mama Sunghoon menyarankan sang anak untuk menerima tawaran tersebut. Sebab, menjadi trainee pun bisa meningkatkan karier Sunghoon di bidang skating. 

“Aku mendapat banyak sekali telepon dari Big Hit saat itu. Tetapi orang tuaku mengatakan tidak ada salahnya untuk mencoba sekali. Tarian dan ekspresi yang dipelajari saat berlatih menjadi idol juga bisa membantu karir skatingku. Berkat saran orang tua akhirnya aku menjalani dunia skating dan peserta trainee," tutur Sunghoon yang dikutip dari Weverse Magazine.

Editors' Picks

4. Terpilih menjadi peserta untuk acara survival show untuk debut menjadi idol

4. Terpilih menjadi peserta acara survival show debut menjadi idol
Twitter.com/mnetiland

Setelah menerima tawaran menjadi trainee, lambat laun Sunghoon tertarik dengan dunia idol. Ia pun mulai menonton grup-grup Kpop yang telah debut, salah satunya menonton konser BTS. 

“Lama kelamaan aku berada di dunia idol, semakin menyenangkan menghabiskan waktu dengan teman-teman trainee ku, dan juga menonton artis lain yang telah melakukan penampilan yang luar biasa di atas panggung membuatku sangat ingin melakukan juga.” ucap Sunghoon dalam Weverse Magazine.

Hal itu merupakan faktor yang membuat Sunghoon mengubah pikirannya dari ingin menjadi seorang skater menjadi idol. 

Maka dari itu, kerja kerasnya menjadi trainee ia tingkatkan agar bisa debut menjadi idol. 

Setelah menjalani trainee di Big Hit selama 2 tahun 1 bulan, Sunghoon terpilih menjadi peserta survival show I-Land. Di acara tersebut, Sunghoon harus berjuang untuk debut menjadi idol Kpop. 

5. Berhasil bertahan di acara survival show, Sunghoon debut menjadi member Enhypen

5. Berhasil bertahan acara survival show, Sunghoon debut menjadi member Enhypen
Youtube.com/Mnet K-POP

Selama menjadi peserta survival show, sunghoon harus melewati beberapa tantangan. Ia selalu berjuang di tiap-tiap tantangan agar selalu mendapatkan nilai bagus dan posisi yang aman.  

Terbukti, kerja kerasnya tersebut membuat Sunghoon kerap mendapat pujian dari para juri. Ia pun tak pernah berada di posisi yang tidak aman. 

Selain memikat para juri dalam acara tersebut, penampilan Sunghoon di setiap tantangan nyatanya mengambil hati penonton. Hal itu pun salah satu faktor yang membuat sunghoon aman hingga babak final dan berhasil debut menjadi member Enhypen. 

Ia mendapatkan jumlah vote sebanyak 1.088.413 dan menduduki peringkat ke-6 dari 7 member yang akan debut. 

Walau sudah debut menjadi idol, masa lalu Sunghoon yang merupakan seorang atlet ice skating tak terlupakan. Maka, ia diberi julukan sebagai "ice prince" atau "pangeran es".

6. Baru debut, Enhypen langsung tampil di acara MAMA 2020. Sunghoon kembali menunjukkan kemampuan skaternya

6. Baru debut, Enhypen langsung tampil acara MAMA 2020. Sunghoon kembali menunjukkan kemampuan skaternya
Youtube.com/Mnet K-POP

Sunghoon dan member Enhypen lainnya resmi debut pada 30 November 2020. Walaupun baru debut, Enhypen langsung masuk menjadi line-up pengisi acara Mnet Asian Music Award 2020. 

Enhypen menunjukkan penampilan yang sangat memukau dalam acara tersebut. Penampilannya diawali dengan permainan skater dari Sunghoon. 

Penampilan skater Sunghoon ternyata memukau banyak penonton dan Kpopers dari bebagai fandom. Hingga menjadi perbincangan hangat di Twitter daan masuk menjadi trending topik. Keren banget Sunghoon! 

7. Memiliki paras yang rupawan, Sunghoon mendapat julukan visual di dalam grup Enhypen

7. Memiliki paras rupawan, Sunghoon mendapat julukan visual dalam grup Enhypen
Twitter.com/ENHYPEN_members

Berbicara tentang paras, Sunghoon memiliki paras yang rupawan. Di lihat dari samping kanan, samping kiri, atau depan, semua terlihat bagus. Tak heran banyak remaja yang menyukai idol 18 tahun ini. 

Selain itu, wajah rupawannya pun membuat sunghoon mendapat julukan sebagai salah satu visual dari grup Enhypen. 

8. Walaupun baru debut, popularitas Sunghoon dan Enhypen tak perlu diragukan. Mereka mendapat julukan "Enhypen 4th Gen hot Icon"

8. Walaupun baru debut, popularitas Sunghoon Enhypen tak perlu diragukan. Mereka mendapat julukan "Enhypen 4th Gen hot Icon"
Twitter.com/ENfoxyu

Walaupun baru debut, Sunghoon dan member Enhypen lainnya sudah mendapat julukan "Enhypen 4th Gen hot Icon". Hal tersebut dibuktikan dengan penjualan album debut Enhypen yang mencapai 500 ribu copy. Kemudian, full albumnya "Dimension:Dilemma" yang baru rilis Oktober 2021 kini sudah terjual 920 copy. 

Tidak hanya hebat dalam penjualan, saat debut pun Enhypen langsung mendapat beberapa penghargaan acara musik sebagai artis pendatang terbaik.

Seiring berjalannya waktu, Sunghoon dkk semakin berkembang hingga akhirnya berhasil memenangkan beberapa penghargaan di acara musik mingguan atas karya yang mereka rilis.

Mereka berhasil membawa pulang trofi di acara musik seperti The Show, Show Champion, dan Music Bank. 

Tak hanya itu, pada bulan Oktober 2021, Enhypen memenangkan Artist of The Year di TMA 2021. 

Sunghoon bersama grupnya ini memiliki popularitas yang tinggi di Jepang loh. Album Jepang mereka yang rilis pada Juli 2021 berhasil terjual sebanyak 250.000 copy sehingga mereka mendapat sertifikat platinum dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ) . 

Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh RIAJ pada Juli 2021 yang mencakup rilisan terbaru dari BTS, Enhypen, TWICE, dan SHINee!. 

Popularitas mereka di negara barat pun tak main-main lho, lagu dari album baru milik Sunghoon dkk berhasil menempati posisi 11 dalam Chart Billboard 200. 

9. Kini, Sunghoon mengeksplor kemampuannya menjadi MC acara musik Korea

9. Kini, Sunghoon mengeksplor kemampuan menjadi MC acara musik Korea
Twitter.com/ENHYPEN_members

Tidak pernah berpuas diri akan prestasi dan kemampuan yang didapat, Sunghoon Enhypen mulai mengeksplorasi kemampuannya dalam bidang MC. 

Saat Sunghoon merilis mini album "Border:Carnival" dan tampil di acara musik, ia mendapat kesempatan untuk menjadi MC di M countDown. Hal tersebut membuatnya deg-degan namun senang. Maka dari itu, setelah selesai acara, ia menyampaikan kepada member Enhypen bahwa ia ingin mencoba menjadi MC acara musik. 

Kemudian, ternyata tawaran menjadi MC benar-benar datang kepadanya. Ia mendapat tawaran untuk casting menjadi MC Music Bank. Ia pun melakukannya. Ternyata, Sunghoon menjadi kandidat terbaik dan terpilih menjadi MC Music Bank. 

Di hari pertama ia menjadi MC, rating acara Music Bank langsung naik lho. Dari yang biasanya 0,5% menjadi 0,8%. Rating tersebut merupakan rating tertinggi kedua untuk acara Music Bank. 

Nah itulah potret Sunghoon Enhypen sang pangeran es yang banyak digemari remaja. Semoga remaja masa kini bisa mengikuti jejak Sunghoon yang selalu berusaha dan bekerja keras untuk mencapai impiannya. 

Hal yang dilakukan Sunghoon untuk menjadi bintang Kpop pun tak mudah dan ada hal yang membuat ia bersedih dan lelah. Namun ia tak pernah menyerah. Jadi, yuk kita semangat terus untuk mimpi dan impian kita masing-masing!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk