Jadi Pemimpin di Usia Muda, Jungwon Enhypen Dapat Nasihat dari RM BTS

Sesama leader dari boy group yang beranggotakan 7 oarang

23 September 2021

Jadi Pemimpin Usia Muda, Jungwon Enhypen Dapat Nasihat dari RM BTS
Twitter.com/enhypenweverse

Enhypen merupaka boy group asal Kore Selatan yang debut pada akhir 2020 tahun lalu. Grup ini berangotakan 7 orang. Mereka semua debut melalui acara survival show I-Land.

Setelah terbentuk grup untuk debut, member Enhypen berdiskusi untuk menentukan pemimpin grup. Tak hanya itu, mereka pun melakukan tes MBTI. Hasil akhirnya, Jungwon lah yang terpilih menjadi leader

Ia menjadi leader di usianya yang masih 16 tahun. Ia pun termasuk member termuda kedua di dalam grupnya.

Tak jarang ia sering kali mengalami kesulitan. Sebab, ini adalah waktu-waktu awal di mana ia harus membiasakan diri sebagai seorang leader. 

Di tengah menghadapi masa sulit, ternyata Jungwon mendapat nasihat dari RM BTS. NAsihat tersebut selalu melekat di dalam pikiran Jungwon hingga saat ini. 

Keddekatan antara member ENhypen dengan BTS ini terjalin karena mereka berada di dalam label yang sama HYBE Label. Namun, keduanya memiliki agensi yang berbeda, BTS berada di bawah BigHit Entertainment dan Enhypen berada di bawah Belift Lab. 

BTS juga sudah mengetahui beberapa member Enhypen sejak mereka belum debut.

Pasalnya, anggota BTS hadir di acara final survival show I-Land di mana awal mula member Enhypen terpilih untuk debut menjadi idola. 

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum pesan RM BTS untuk Jungwon Enhypen, simak yuk!

1. Pesan dari RM buat Jungwon

1. Pesan dari RM buat Jungwon
Twitter.com/BTSupdate_7
RM BTS (kiri) & Jungwon Enhypen (kanan)

Menjadi pemimpin di dalam grup bukanlah hal yang mudah. Setiap orang memiliki pemikiran dan pendapat masing-masing. Belum lagi member Enhypen berasal dari berbagai negara yang berbeda. Ada Jay dari US, Jake dari Australia dan Ni-Ki dari Jepang. Hal itu membuat mereka pasti memiliki kebiasaan yang jauh berbeda. 

Selain itu, kondisi dunia Kpop kini semakin berkembang dan persaingan pun semakin ketat, termasuk untuk mereka pendatang baru seperti Enhypen. 

Tentunya hal tersebut menjadi beban dan  tantangan tersendiri untuk Jungwon sebagai pemimpin. 

Namun, di masa sulit, setiap member Enhypen saling mendengar kesulitan satu sama lain, memberi pertolongan dan dukungan. 

Tak hanya dari dalam grup, nyatanya dalam melewati masa sulit tersebut, Jungwon mendapat bantuan dari RM BTS berupa nasihat yang sangat berharga. 

“Ketika aku melalui masa sulit, RM Sunbaenim (panggilan untuk senior) mengatakan kepadaku, 'seorang pemimpin adalah seseorang yang mendorong dari belakang tim, bukan menarik dari depan', " tutur Jungwon. 

"Itu benar-benar melekat pada ingatanku, karena menurutku itu sangat mengesankan. Hingga akhirnya terukir di kepalaku sejak itu,”  lanjutnya. 

Editors' Picks

2. RM telah memimpin grupnya selama 8 tahun, sedangkan Jungwon sudah memimpin grupnya selama 1 tahun 

2. RM telah memimpin grup selama 8 tahun, sedangkan Jungwon sudah memimpin grup selama 1 tahun 
Twitter.com/enhypenweverse
Jungwon Enhypen (kiri) & RM BTS (kanan)

RM BTS memberikan saran kepada Jungwon tentang kepemimpinan karena ia memang telah berpengalaman. RM telah menjadi pemimpin grup selama 8 tahun. 

Boy group BTS yang dipimpin oleh RM telah debut sejak tahun 2013. Itu sebabnya RM telah menjadi pemimpin grup selama 8 tahun. 

Sedangkan Jungwon baru memulai debut bersama Enhypen sejak Oktober 2020. 

Terhitung sampai hari ini Jungwon sudah memimpin grupnya selama satu tahun. 

3. Sama seperti RM, Jungwon juga memimpin 6 member Enhypen

3. Sama seperti RM, Jungwon juga memimpin 6 member Enhypen
Weverse.onelink.me
Jungwon Enhypen (kiri) & RM BTS (kanan)

Enhypen memiliki grup beranggotakan 7 orang, salah satunya yakni leader, Jungwon. 6 orang lainnya merupakan anggota grup. Mereka adalah Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo dan Ni-Ki. 

BTS pun memiliki anggota 7 orang, RM sebagai leader dan 6 lainnya merupakan anggota grup. Mereka adalah Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jungkook. 

4. Jungwon dan member Enhypen lainnya menjadikan BTS sebagai anutan 

4. Jungwon member Enhypen lain menjadikan BTS sebagai anutan 
Twitter.com/0209feed

Jungwon dan member Enhypen lainnya mengatakan ingin mengikuti pencapaian dan sikap yang dimiliki BTS sebagai seorang artis.

Bahkan sebelum debut menjadi idol pun, beberapa member Enhypen pun sudah mengidolakan BTS dan ikut trainee karena ingin menjadi pemusik seperti BTS. 

5. Selain mendapat nasihat, Jungwon pun mendapat hadiah kaktus dari RM

5. Selain mendapat nasihat, Jungwon pun mendapat hadiah kaktus dari RM
Twitter.com/RMBASEINA

Sebelum debut menjadi idol Kpop, Jungwon menjadi trainee di BigHit Entertainment, agensi BTS saat ini. Ia menjalani masa pelatihan selama 1 tahun 4 bulan.

Setelah menjalani masa pelatihan, ia mendapat kesempatan untuk mengikuti acara survival show I-Land.

Di episode ke 7 acara tersebut, BTS hadir untuk memberikan hadiah kepada para peserta survival show tersebut.

Dari sekian banyaknya hadiah, Jungwon mendapat hadiah dari RM BTS yang berisikan 2 kaktus. Hingga kini, Jungwon masih merawat kaktus pemberian RM tersebut. Ia memberi nama Injang dan Garden.

Namun, sayangnya saat ini Injang sudah mati. Jungwon menggantinya dengan kaktus baru yang ia beri nama Miniwon.

Semoga kedepannya Jungwon dapat menjadi pemimpin yang sangat hebat untuk grupnya dan Enhypen bisa menjadi next generation dari BTS. 

Selain itu, pesan yang diberikan oleh RM ke Jungwon dapat Mama berikan juga kepada anak-anak Mama yang ingin mulai belajar memimpin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.