Arti Cringe dalam Bahasa Gaul dan Bagaimana Penggunaannya yang Tepat

Hati-hati jadi cringe kalau kamu salah mengartikan dan menggunakannya, lho

3 Juli 2022

Arti Cringe dalam Bahasa Gaul Bagaimana Penggunaan Tepat
Freepik/nakaridore

Anak muda sering menggunakan istilah-istilah kekinian untuk berkomunikasi. Kadang menggunakan singkatan, akronim, kata yang dibalik, dan kata yang diplesetkan. Sering juga menggunakan bahasa Inggris.

Biasanya istilah-istilah tersebut disebut slang atau bahasa gaul. Tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia memiliki slang.

Banyak sekali slang yang pernah “ngetren” di Indonesia, seperti woles dan kerad. Sekarang pun banyak slang yang sedang tren, salah satunya “cringe”.

Kata “cringe” memiliki arti yang beragam, lho. Walaupun arti sebenarnya lebih pada hal yang menyeramkan atau aneh.

Artinya secara umum memang sedikit berbeda dengan artinya ketika digunakan sebagai slang. Maka dari itu, kamu harus hati-hati ketika menggunakan kata ini. Jangan sampai niat hati ingin keren, tapi malah kamu yang jadi cringe karena salah mengartikan dan menggunakannya.

Nah, apa ya arti “cringe”? Apa saja bentuk ungkapan “cringe” dalam bahasa gaul? Bagaimana penggunaannya di Indonesia?

Yuk, simak arti cringe dalam bahasa gaul dan bagaimana penggunaannya yang tepat yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini.

Editors' Picks

1. Arti “cringe”

1. Arti “cringe”
Freepik/8photo

Kata “cringe” berasal dari bahasa Inggris. Jika dilihat arti sebenarnya dari laman dictionary.cambridge.org, “cringe” berarti ‘tiba-tiba menjauh dari seseorang atau sesuatu karena takut’, ‘merasa sangat malu’, ‘merasa gugup atau malu tentang sesuatu’, ‘ngeri atau takut terhadap seseorang yang tampak kuat dan berbahaya’.

Jika dilihat dari penggunaannya yang dilansir dari laman urbandictionary.com, “cringe” digunakan ketika kamu merasa sangat malu atau jijik terhadap sesuatu yang memalukan atau menjijikkan.

Kata ini juga sering ditunjukkan dengan ekspresi meringis atau bergidik ketika melihat sesuatu yang memalukan atau menjijikkan. Bisa juga ditunjukkan dengan sikap menekuk wajah karena merasa jijik, geli, kaget, atau takut.

Ada juga lho yang menunjukkan ekspresi cringe untuk mengungkapkan rasa aneh saat melihat seseorang bertingkah aneh atau garing. Banyak kan arti “cringe”?

2. Bentuk-bentuk ungkapan “cringe” dalam bahasa gaul

2. Bentuk-bentuk ungkapan “cringe” dalam bahasa gaul
Freepik/rawpixel.com

Saat ini, kamu pasti sering melihat ungkapan “cringe” di media sosial atau mendengarnya langsung ketika teman-temanmu berbicara. Namun, selain kata “cringe” sendiri, ada ungkapan-ungkapan lain yang menggunakan kata “cringe”, lho.

Seperti kata “cringy” dan “cringeworthy”. Pernah dengar?

Kedua kata ini juga sering digunakan dengan arti yang serupa. Dilansir dari laman urbandictionary.com, “cringy” berarti ‘seseorang atau sesuatu yang membuat kamu malu atau canggung’.

“Cringeworthy” artinya ‘seseorang atau sesuatu yang membuatmu cringe maksimal hingga tidak ada kata-kata lain selain cringeworthy yang pas untuk mengekspresikannya’.

3. Penggunaan “cringe” di Indonesia

3. Penggunaan “cringe” Indonesia
Freepik/cookie_studio

Nah, bagaimana ya penggunaannya di Indonesia? Ternyata, di Indonesia kata “cringe” tidak hanya digunakan untuk mengungkapkan rasa malu atau jijik terhadap sesuatu, lho.

Di Indonesia, kata “cringe” juga digunakan saat kita melihat sesuatu yang dinilai tidak sesuai, ketinggalan zaman, berlebihan, atau norak.

Misalnya, saat kamu melihat anak kecil berpacaran dengan panggilan sayang Ayah-Bunda dan kamu merasa malu atau jijik sendiri dengan hal itu. Di saat seperti ini, kamu bisa menggunakan kata “cringe”.

Kamu juga bisa menggunakan ungkapan ini ketika kamu melihat kejadian yang benar-benar canggung sehingga kamu merasa malu sendiri. Tidak hanya dengan ucapan, kamu bisa mengungkapkan “cringe” dengan ekspresi.

Contohnya seperti meme-meme yang bererdar di media sosial. Banyak meme yang menggunakan gambar seseorang sedang mengerutkan dahi atau berekspresi jijik untuk mengungkapkan “cringe”.

Itulah arti cringe dalam bahasa gaul dan bagaimana penggunaannya yang tepat. Sekarang, kamu sudah tahu arti dan penggunaan bahasa gaul yang satu ini. Kamu nggak akan jadi cringe deh karena salah mengartikan dan menggunakannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk