TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30 Singkatan Bahasa Inggris Gaul yang Sering Dipakai Anak Remaja

Sering digunakan anak dalam bermedia sosial

27 Desember 2021

30 Singkatan Bahasa Inggris Gaul Sering Dipakai Anak Remaja
Pexels/Samson Katt

Di era modern seperti sekarang ini, banyak kaum muda yang menyingkat kata-kata agar lebih praktik ketika diucapkan. Biar anak remaja mama nggak salah mengartikan saat berkomunikasi dengan temannya, mereka perlu mengetahui beberapa singkatan Bahasa Inggris gaul berikut ini.

Beberapa di antaranya mungkin sudah terdengar familiar, misalnya saja OOTD yang merupakan singkatan dari outfit of the day.

Nggak hanya itu, beberapa singkatan lain mungkin masih banyak yang belum diketahui oleh remaja.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkumkan 30 singkatan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan anak remaja saat ini.

1. OOT (out of topic)

1. OOT (out of topic)
Pexels/Katerina Holmes

Singkatan pertama yakni banyak digunakan ketika ingin memotong pembicaraan dari topik yang sedang didiskusikan. Sehingga banyak anak yang menggunakan istilah OOT atau out of topic untuk mempersingkat ucapannya.

2. OFC (of course)

2. OFC (of course)
Freepik

Selanjutnya adalah kata yang mengartikan tentu saja atau dalam Bahasa Inggris yakni of course. Kata-kata ini banyak disingkat oleh anak dengan singkatan OFC.

3. ALRD (already)

3. ALRD (already)
Freepik/rawpixel-com

Singkatan satu ini merupakan singkatan yang berarti already, atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yakni sudah. Sehingga untuk mempersingkatan penulisannya yang cukup panjang, banyak anak menggunakan kata ALRD.

4. BTW (by the way)

4. BTW (by the way)
Freepik/Seventyfour
Ilustrasi

Selain OOTD, penyingkatan BTW atau by the way juga mungkin sudah menjadi singkatan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan anak remaja. Kata ini digunakan untuk menyebutkan istilah dalam Bahasa Indonesia yang artinya, ngomong-ngomong.

5. RN (right now)

5. RN (right now)
Freepik/romeo22

Selanjutnya ada RN atau right now, di mana arti dari singkatan ini adalah sekarang juga. Sehingga untuk memudahkan penyebutannya yang cukup panjang, banyak anak mempersingkatnya menjadi RN saja.

6. NP (no problem)

6. NP (no problem)
Freepik/freepik

Singkatan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan anak remaja selanjutnya adalah NP atau no problem. Kata ini biasanya digunakan anak ketika ingin menyebutkan kata seperti, "Nggak apa kok, nggak masalah."

7. NVM (nevermind)

7. NVM (nevermind)
Pexels/Monstera

Selanjutnya ada NVM yang merupakan singkatan nevermind, atau dalam Bahasa Indonesia biasanya digunakan untuk mengakhiri ucapan karena berarti sudahlah atau lupakan saja.

8. TBH (to be honest)

8. TBH (to be honest)
Freepik/DCStudio

Kalau kata satu ini, sepertinya juga sudah tak asing bagi Mama sekalian. TBH atau to be honest menjadi singkatan Bahasa Inggris gaul yang digunakan oleh banyak orang. Kata ini digunakan untuk menyebutkan kejujuran terhadap sesuatu.

9. BM (badmood)

9. BM (badmood)
Freepik/pressfoto

Jika dalam bahasa gaul sehari-hari BM diketahui sebagai banyak mau, namun dalam singkatan gaul Bahasa Inggris BM adalah singkatan dari badmood atau menggambarkan kondisi mood yang sedang tidak baik.

10. NGL (not gonna lie)

10. NGL (not gonna lie)
Pexels/RODNAE Productions

Not gonna lie atau biasa disingkat NGL biasanya digunakan anak untuk berkata jujur selain TBH. Misalnya anak ingin mengungkapkan betapa bagusnya film yang baru ia tonton. Anak akan menyebutkan perumpamaan, "NGL Spider-Man was so cool!"

11. IDC (i don't care)

11. IDC (i don't care)
Freepik

Berikutnya ada IDC atau yang kita tahu singkatan dari i don't care. Kata ini banyak digunakan untuk mengungkapkan ketidakpedulian seseorang dengan lebih singkat.

12. ALR (alright)

12. ALR (alright)
Freepik/mdjaff

Alright merupakan kata lain untuk menyebutkan ok. Namun penulisannya yang cukup panjang membuat sebagian orang mempersingkatnya menjadi ALR.

13. IMO (in my opinion)

13. IMO (in my opinion)
Pexels/Monstera

Jika anak ingin mengungkapkan opini mereka dalam berdiskusi dengan temannya, biasanya mereka akan menggunakan kata IMO yang merupakan singkatan dari in my opinion, atau dalam Bahasa Indonesia artinya pendapatku.

14. OOC (out of character)

14. OOC (out of character)
Freepik/tirachardz

Selain OOT, ada pula OOC yang jadi singkatan Bahasa Inggris gaul lainnya. OOC sendiri singkatan dari out of character, yang biasanya digunakan ketika anak membahas karakter sebuah cerita.

Editors' Picks

15. DAM (don't ask me)

15. DAM (don't ask me)
Pexels/Monstera

Don't ask me atau DAM biasanya digunakan anak ketika mereka tidak ingin ditanya oleh orang lain. Sehingga untuk mempersingkat penulisannya yang panjang, anak lebih suka menyingkatnya dengan kata DAM.

16. FYI (for your information)

16. FYI (for your information)
Freepik/Gpointstudio

Nah, kalau kata satu ini juga mungkin sudah sangat familiar bagi Mama sekalian. FYI atau for your information banyak digunakan untuk menyebutkan informasi yang sekiranya belum orang ketahui.

17. BRB (be right back)

17. BRB (be right back)
Freepik

Selanjutnya ada BRB atau be right back, di mana penggunaan kata ini digunakan anak remaja ketika ingin melakukan sesuatu. Singkatnya jika dalam Bahasa Indonesia, anak akan mengungkapkan, "sebentar ya!"

18. CMIIW (correct me if i'm wrong)

18. CMIIW (correct me if i'm wrong)
Freepik

Penyebutkan koreksi ya jika aku salah atau dalam Bahasa Inggris correct me if i'm wrong biasanya disingkat menjadi CMIIW untuk mempermudah anak dalam menyebutkan istilah tersebut.

19. CYL (call you later)

19. CYL (call you later)
Freepik
Ilustrasi

Ketika anak ingin menyampaikan kepada temannya bahwa ia akan menghubungi nanti, biasanya mereka akan menggunakan singkatan CYL yang berarti call you later.

20. ASAP (as soon as possible)

20. ASAP (as soon as possible)
Freepik/tirachardz

Singkatan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan anak remaja berikutnya adalah ASAP, as soon as possible. Kata ini biasanya digunakan anak untuk mempersingkat ucapan secepatnya.

21. IDK (i don't know)

21. IDK (i don't know)
Freepik/benzoix

IDK atau i don't know juga jadi singkatan gaul lainnya yang banyak digunakan anak remaja. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan ketidak tahuan mereka akan sesuatu.

22. A.K.A (also know as)

22. A.K.A (also know as)
Pexels/Gustavo Fring

A.K.A atau also know as biasanya digunakan untuk menggambarkan kata alias. Untuk mempersingkatnya, sehingga dipermudah dengan menggunakan A.K.A saja.

23. LMK (let me know)

23. LMK (let me know)
Freepik/drobotdean

Berikutnya ada LMK atau let me know, yang biasanya digunakan untuk istilah beri tahu aku ya! Nah, untuk mempermudahnya, anak pun banyak menyingkat kata tersebut menjadi LMK.

24. IKR (i know right)

24. IKR (i know right)
Freepik/tirachardz

IKR atau i know right merupakan singkatan Bahasa Inggris lainnya yang banyak anak remaja gunakan. Kata ini biasanya digunakan ketika anak sudah mengetahui suatu informasi yang beredar.

25. YOLO (you only live once)

25. YOLO (you only live once)
Freepik/pch.vector

YOLO atau you only live once memang jadi moto hidup kaum muda. Mereka akan menikmati hidupnya semaksimal mungkin karena menurutnya hidup hanya sekali, sehingga jangan disia-siakan.

26. WDYT (what do you think)

26. WDYT (what do you think)
Freepik/wayhomestudio

What do you think atau biasa disingkat WDYT jadi kata gaul selanjutnya yang banyak digunakan. Untuk menanyakan pendapat orang lain, biasanya anak mempersingkat dengan sebutan WDYT.

27. WDYM (what do you mean)

27. WDYM (what do you mean)
Freepik/diana-grytsku

Selain WDYT, ada pula WDYM yang berarti what do you mean atau apa yang kamu maksud. Kata ini juga banyak disebutkan anak remaja ketika ingin menanyakan maksud dari ucapan orang lain yang tidak diketahui.

28. HMU (hit me up)

28. HMU (hit me up)
Freepik/Pressfoto

Berikutnya ada HMU atau hit me up. Kata ini biasanya diungkapkan anak ketika ingin meminta temannya mengikutsertakan dirinya. Dalam Bahasa Idonesia singkatnya kata hit me up berarti, angkut aku juga.

29. LMAO (laughing myself ass off)

29. LMAO (laughing myself ass off)
Pexels/nappy

Jika LOL atau laughing out loud menggambarkan seseorang yang tertawa, rupanya di atas LOL ada singkatan lain yakni LMAO atau laughing myself ass off yang mengungkapkan ungkapan untuk menggambarkan tertawa ngakak.

30. DIY (do it yourself)

30. DIY (do it yourself)
Freepik/Prostooleh

Terakhir, DIY atau do it yourself mungkin sudah banyak diketahui oleh Mama sekalian. Kata ini biasanya digunakan untuk membuat sesuatu dengan karya sendiri, sehingga untuk mempermudahnya disingkat menjadi DIY.

Itulah beberapa singkatan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan anak remaja saat ini. Biasanya kata-kata di atas banyak anak gunakan ketika mereka sedang menggunakan media sosial. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat digunakan oleh anak remaja mama sebagaimana mestinya ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk