TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa Itu TBL, IBL, CBL, Singkatan Bahasa Gaul di Media Sosial

Ada banyak tren singkatan bahasa gaul yang viral, apa saja turunannya?

18 September 2022

Apa Itu TBL, IBL, CBL, Singkatan Bahasa Gaul Media Sosial
Freepik/Rawpixel.com

Majunya teknologi membuat penggunaan internet, khususnya media sosial semakin marak digunakan berbagai kalangan. Dengan berkembangnya teknologi internet, masyarakat pun semakin dimudahkan dengan ragam informasi baru yang terkini dan juga viral.

Seperti baru-baru ini, para pengguna media sosial ramai menggunakan istilah singkatan dalam bahasa gaul seperti TBL yang mana memiliki arti Takut Banget Loh.

Tak sampai di situ saja, penggunaan istilah singkatan lain pun mulai bermunculan dan akhirnya viral di kalangan remaja.

Meski penggunaan singkatan dalam bahasa gaul tersebut sudah ramai digunakan banyak orang, tetapi tak sedikit remaja yang masih bertanya-tanya dengan apa itu TBL, IBL, TB, SBL, CBL, NBL, HBL, KDL, LBL?

Untuk mengetahui arti dari turunan singkatan dalam bahasa gaul yang tengah viral itu, yuk simak informasi selengkapnya yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini. Anak remaja mama sudah mengetahuinya belum, nih?

1. Arti dari singkatan istilah yang sedang viral

1. Arti dari singkatan istilah sedang viral
Freepik/rawpixel.com

Pada awalnya, netizen diramaikan dengan istilah singkatan TB dan TBL yang memilikir arti Takut Banget dan Takut Banget Loh. Setelah singkatan yang disebut sebagai bahasa gaul itu viral, kemudian munculah turunan singkatan istilah lain yang kian ramai digunakan di internet.

Lantas, apa saja turunan singkatan istilah yang tengah viral tersebut. Berikut beberapa di antaranya beserta artinya:

  • TB: Takut Banget
  • TBL: Takut Banget Loh
  • IBL: Iri Banget Loh
  • SBL: Sebel Banget Loh
  • CBL: Cape Banget Loh
  • NBL: Ngakak Banget Loh
  • HBL: Halu Banget Loh
  • KDL: Kasian Deh Loh
  • LBL: Love Banget Loh

2. Awal mula singkatan TBL viral

2. Awal mula singkatan TBL viral
Tiktok.com/bondol_jpg

Sebelum singkatan-singkatan di atas viral di media sosial, istilah bahasa gaul tersebut diketahui dicetuskan oleh salah seorang kreator TikTok dengan username @bondol_jpg.

Melalui video yang dibagikannya, ia awalnya melakukan stich video salah seorang kreator lain yang menanyakan "sebutkan 1 singkatan yang menurut kalian nggak penting". Lelaki yang kini akrab disapa Bondol menjawab dengan singkatan TB dan juga TBL yang memiliki arti Takut Banget dan Takut Banget Loh.

Pada akhir video yang diunggahnya, Bondol menyebutkan, "kayak nggak penting tapi penting". Kini, video yang diunggahnya telah ditonton oleh lebih dari 16juta penonton. 

3. Singkatan tersebut kemudian trending di Twitter

3. Singkatan tersebut kemudian trending Twitter
Tiktok.com/bondol_jpg

Video yang diunggah Bondol tersebut sampai saat itu terhitung sudah 16juta penonton yang melihat. Usai videonya viral, netizen pun ramai-ramai mengikuti singkatan tersebut untuk digunakan pada cuitan melalui Twitter.

Sampai beberapa hari setelah video itu viral, singkatan TBL kemudian memuncaki trending nomor 1 di media sosial Twitter.

Tak henti sampai singkatan TB dan TBL, netizen pun mulai menggunakan turunan singkatan lain yang terinspirasi dari kedua singkatan sebelumnya.

Sampai akhirnya, kata seperti IBL, CBL, NBL, HBL, KDL, dan turunan lainnya mulai ramai digunakan.

Itu dia arti dari singkatan istilah yang viral di internet. Jadi, sudah tahu apa arti TB, TBL, IBL, dan singkatan gaul lainnya, kan? Semoga istilah tersebut bisa digunakan secara bijak agar tidak salah penyampaian pada orang lain ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk