Eksklusif: Sukses Jadi Pengisi Suara Nussa, Muzakki Ramdhan Bagikan Tips untuk Dubber Pemula

Dukungan penuh orangtua membuat Muzakki bisa mengembangkan bakatnya hingga saat ini

29 Juli 2021

Eksklusif Sukses Jadi Pengisi Suara Nussa, Muzakki Ramdhan Bagikan Tips Dubber Pemula
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Serial animasi Indonesia, Nussa dan Rara memang menjadi salah satu tayangan yang mengedukasi serta digemari oleh banyak orang. Tak hanya anak-anak, tak jarang orang dewasa pun mengikuti jalan cerita dari Nussa dan Rara di setiap episodenya. 

Muzakki Ramdhan (11) menjadi salah satu anak yang berkontribusi dalam serial animasi Nussa. Ia berperan langsung untuk mengisi suara Nussa, baik di dalam serial atau filmnya yang akan segera tayang secara perdana. 

Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021, Popmama.com menghadirkan Popmama Little Stardengan tema 'Anak Indonesia Harus Bahagia'. 

Popmama pun berkesempatan untuk mewawancarai Muzakki Ramdhan sebagai salah satu anak berprestasi di Indonesia. Sebagai seorang dubber atau pengisi suara, Muzakki berbagi terkait pengalaman serta tips untuk anak-anak Indonesia. 

Untuk mengenal lebih jauh terkait Muzakki sebagai anak berprestasi, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cerita menariknya. 

Disimak ya, Ma!

Muzakki Ramdhan Mendapatkan Dukungan Penuh dari Kedua Orangtuanya

Muzakki Ramdhan Mendapatkan Dukungan Penuh dari Kedua Orangtuanya
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Di usianya yang di bulan Agustus mendatang sudah menginjak 12 tahun, Muzakki Ramdhan telah melakukan eksplorasi dengan bakat-bakatnya di dunia hiburan. 

Jika Mama sempat menonton film Gundala (2019), Muzakki yang juga sebagai seorang aktor cilik memperlihatkan kepiawaiannya berakting dengan memerankan tokoh Sancaka (Gundala) kecil. Berkat film tersebut, Muzakki berhasil meraih Piala Maya 2019 untuk kategori Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih dalam film Gundala

Tak hanya pandai memerankan sebuah karakter tertentu, Muzakki juga telah menjadi voice over untuk beberapa iklan. Selain mengisi suara Nussa, ia juga sukses menjadi pengisi suara di Adit Sopo Jarwo The Movie dengan karakter Adit. 

Banyaknya pengalaman dari Muzakki sejauh ini tentu tidak luput dari dukungan orangtuanya. Muzakki yang dikenal dekat sekali dengan sang Mama pun mengakui hal tersebut. 

"Ketika diapresiasi itu semakin membuatku menjadi lebih bersemangat," ucap Muzakki. 

Dari hal-hal kecil seperti ditemani terus oleh sang Mama hingga merasa diapresiasi, Muzakki menjadi mendapatkan dukungan serta energi positif dari orang-orang terdekatnya. 

Editors' Picks

1. Usahakan untuk tenang dan mengikuti panduan yang ada 

1. Usahakan tenang mengikuti panduan ada 
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Salah satu tips yang dibagikan oleh Muzakki Ramdhan ketika melakukan sesi interview secara virtual bersama Popmama.com, yakni usahakan untuk tetap tenang dan mengikuti panduan yang sudah ada. 

"Menurutku, belajar intonasi sebenarnya menjadi hal yang penting. Kalau usianya masih kecil pun pasti akan dituntun dan ada panduan tersendiri. Dari situ nanti diajarkan terkait pelafalan, nada hingga intonasi," jelas Muzakki. 

Menurut pribadinya, ketika ada panduan tersebut secara tidak langsung bisa lebih mudah mengikuti dan percaya diri. 

"Kita juga bisa lebih tenang dan nggak takut, bahkan merasa keribetan sendiri," tambahnya. 

2. Penting sekali untuk menjaga kualitas suara

2. Penting sekali menjaga kualitas suara
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Berperan dan mengisi suara Nussa membuat Muzakki Ramdhan terhanyut dalam karakter yang diperankannya. Bukan hanya mengisi suara dan mengikut skrip saja, ia bahkan menjadi lebih banyak tahu terkait sisi yang lebih emosional dari sosok Nussa itu sendiri. 

"Sebenarnya ada banyak pelajaran dan ilmu yang didapat dari karakter Nussa itu sendiri, mulai dari cara bersikap hingga pembelajaran terkait agama," jelas Muzakki. 

Terkait tips selanjutnya dari seorang Muzakki ketika anak-anak ingin belajar menjadi pengisi suara, yakni penting sekali untuk menjaga kualitas suara. 

"Dikarenakan harus mengisi sebuah suara, kita penting sekali untuk menjaga kualitas suara. Misalnya usahakan nggak makan gorengan. Terus ketika mau take usahakan kualitas suaranya memang benar-benar harus dijaga, salah satunya dengan minum air hangat," ucap Muzakki. 

Dikarena modalnya memang ada di suara, Muzakki pun mengingatkan untuk penting sekali menjaga kualitas suara agar tidak terjadi perubahan atau serak. 

3. Belajar intonasi dan ekspresi dari film-film animasi

3. Belajar intonasi ekspresi dari film-film animasi
Instagram.com/m.u.z.a.k.k.i

Selain berperan sebagai Nussa, Muzakki memang menjadi salah satu pengisi suara Adit Sopo Jarwo The Movie. Layaknya anak-anak yang mencoba berbagai pengalaman baru, Muzakki pun memiliki tantangan tersendiri saat menjadi seorang dubber. 

"Sebenarnya kesulitan untuk saya sendiri itu ketika ada scene yang harus bernyanyi. Saya sebenarnya memang nggak bisa bernyanyi, apalagi kalau ada nada-nada tinggi," ucap Muzakki. 

Meskipun begitu, ia sangat menikmati segala aktivitas pekerjaannya dan mau terus berusaha untuk belajar dari berbagai pengalaman-pengalaman yang ada. 

Perihal tips terakhir yang dibagikan oleh Muzakki untuk anak-anak Indonesia, ia mengatakan bahwa penting sekali buat memperbanyak referensi film-film animasi. Menurut Muzakki, film yang ditonton pada akhirnya bisa memberikan pembelajaran baru mengenai sebuah intonasi dan ekspresi. 

"Untuk kamu yang ingin menjadi seorang dubber, penting sekali memang menjaga suara. Selain itu, coba perbanyak referensi film-film termasuk animasi karena kita bisa belajar soal intonasi dan ekspresi. Misalnya ekspresi marah atau lagi bahagia itu seperti apa bentuk intonasi yang harus dikeluarkan," jelas Muzakki. 

Dari film-film animasi tersebut, Muzakki yakin kalau ada banyak hal yang bisa dieksplor dan dijadikan pembelajaran baru. 

Di tengah pandemi seperti sekarang, Muzakki berpesan kepada anak-anak Indonesia yang bercita-cita ingin menjadi seorang dubber. 

"Raih mimpi kalian tanpa malu untuk eksplor berbagai hal yang bisa mendukung cita-citamu, apalagi kalau mau jadi dubber atau pengisi suara lainnya," tutupnya. 

Nah, itulah beberapa cerita sekaligus tips dari Muzakki Ramdhan. Semoga ada banyak hal yang bisa dipetik dan dijadikan pembelajaran untuk si Kecil ya, Ma. 

Spesial Hari Anak: #Popmama Little Star 2021 – Nyimas Bunga Cinta, Muzakki Ramdhan dan Lifia Laeticia

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Intern Writer - Muhammad Fria Fachrama Sumitro, Samantha Elisa Gracia, Annita Rahmawati Dewi & Natalia Adinda Putri Danumulyo

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Popmama Little Star
Millennial Mama

Popmama Little Star

Anak Indonesia harus bahagia!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.