10 Cara Mengatasi Rambut Berminyak pada Remaja

Rambut berminyak dapat sangat mengganggu penampilan remaja lho!

20 Januari 2021

10 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Remaja
Freepik/Kwanchaichaiudom

Menjadi remaja bisa menjadi masa yang sulit dan menakutkan. Ketika anak perempuan atau laki-laki dihadapkan pada masalah pubertas dan hormon yang meningkat, seperti perubahan bentuk tubuh, munculnya permasalahan kulit, dan perubahan emosi.

Rambut merupakan mahkota kepala manusia, baik untuk perempuan dan laki-laki. Seringkali, pubertas juga berpengaruh pada rambut remaja. Sama seperti kulit berminyak, rambut berminyak juga bisa mengganggu penampilan anak.

Rambut berminyak adalah salah satu permasalahan bagian rambut terbesar dalam kehidupan remaja. Sementara anak mungkin ingin memiliki rambut yang sehat, berkilau, dan menarik, sehingga ia perlu tahu bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Berikut ini Popmama.com akan membahas 10 cara mengatasi rambut berminyak pada anak remaja. Sebelum mengetahui caranya, penting untuk mengetahui apa faktor yang menyebabkan remaja memiliki rambut yang berminyak di bawah ini.

Penyebab Rambut Berminyak pada Remaja

Penyebab Rambut Berminyak Remaja
Freepik/Fabrikasimf

Anak remaja sangat rentan memiliki rambut berminyak karena perubahan hormon yang cepat. Meskipun semua anak mengalami perubahan hormon dengan dimulainya masa pubertas, tidak semua anak mengalami masalah rambut berminyak.

Hal ini karena setiap tubuh manusia menghadapi ketidakseimbangan hormon secara berbeda, dan beberapa remaja mungkin mengalami sedikit akibat yang tidak diinginkan dari pubertas pada rambutnya.

Genetika juga dapat memengaruhi rambut berminyak pada remaja atau tidak. Seringkali anak perempuan, yang Mama-nya mengalami masalah kulit berminyak, terutama saat menstruasi, mengeluhkan kondisi yang sama.

Tekstur rambut juga bisa memengaruhi jumlah minyak yang dihasilkan rambut. Anak laki-laki dan perempuan dengan rambut lebih tebal cenderung tidak mengalami rambut berminyak karena memiliki banyak rambut halus. Rambut halus mengandung zat untuk menyerap minyak alami.

Setelah mengetahui apa saja penyebab rambut berminyak pada remaja, kini cari tahu cara mengatasinya di bawah ini!

1. Gunakan shampo dengan pH seimbang

1. Gunakan shampo pH seimbang
Freepik

Remaja yang memiliki rambut berminyak mungkin sangat sering keramas untuk mengurangi jumlah minyak di rambut.

Walaupun rambut berminyak disarankan untuk keramas setiap hari, sangat penting bagi anak untuk menggunakan sampo profesional, yang berbahan dasar alkali, memiliki pH seimbang, dan dirancang khusus untuk rambut berminyak.

Shampo organik juga bermanfaat untuk melawan minyak, karena terdiri dari bahan-bahan alami yang akan membantu mengurangi produksi minyak di rambut.

2. Bilas rambut hingga bersih

2. Bilas rambut hingga bersih
Freepik/Jcomp

Ini mungkin terdengar mudah, tetapi jika anak memiliki rambut berminyak, pastikan membilas shampo secara menyeluruh dengan air hangat.

Shampo yang tertinggal di kulit kepala dapat menyebabkan kulit kepala mengering, yang mungkin dapat memperburuk keadaan. Salah satu kesalahpahaman umum tentang rambut berminyak adalah bahwa rambut tersebut dihasilkan oleh kulit kepala yang berminyak.

Menurut Hairfinder.com, pada kenyataannya, rambut berminyak disebabkan oleh kulit kepala yang kering sehingga membutuhkan kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk mencegah kulit kepala kering, pastikan untuk tidak fokus memijat sampo ke kulit kepala dalam waktu yang lama, dan coba berkonsentrasi pada kebersihan rambut itu sendiri. Selain itu, penggunaan sampo yang mengandung tea tree oil akan membantu meringankan kulit kepala yang kering, penyebab utama rambut berminyak.

3. Gunakan perawatan minyak pada kulit kepala

3. Gunakan perawatan minyak kulit kepala
Freepik/Maksymiv-yura

Ini mungkin terdengar seperti hal terakhir yang diperlukan untuk mengontrol rambut berminyak, tetapi dengan memijat perawatan minyak di kulit kepala dapat membantu melembabkan kulit kepala dan menyediakan beberapa minyak alami esensial yang hilang.

Solusi ini juga dapat menghindari kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih.

Editors' Picks

4. Jangan menggunakan kondisioner pada kulit kepala

4. Jangan menggunakan kondisioner kulit kepala
Freepik/Topntp26

Jika remaja mama mencoba mengontrol rambut berminyak, pahami bahwa kondisioner dirancang untuk mengembalikan kelembapan pada rambut dan karena rambut berminyak memiliki kelembapan yang berlebihan, memakai kondisioner di kulit kepala hanya akan menambah minyak itu sendiri.

Jika anak merasa rambut memang membutuhkan kondisioner, aplikasikan sedikit kondisioner hanya pada ujung rambut yang kering dan bermasalah, hindari bagian akar atau kulit kepala rambut.

5. Hindari sering menyisir atau menyentuh rambut

5. Hindari sering menyisir atau menyentuh rambut
Freepik/Cookie-studio

Bagi remaja perempuan atau laki-laki yang suka menyisir rambut dengan tangan, kini harus mulai dikurangi dan dihindari sebisa mungkin. Karena sering menyikat atau 'menyentuh' rambut secara terus menerus dapat merangsang kelenjar minyak di kulit kepala untuk menghasilkan lebih banyak minyak yang diproduksi.

6. Minum banyak air

6. Minum banyak air
Freepik/Renestevensdg

Remaja tidak terbiasa minum air yang cukup dan seringkali memilih mengabaikan anjuran medis untuk minum delapan gelas air sehari.

Minum air akan membantu mengatasi berbagai penyakit, termasuk membantu menghilangkan rambut berminyak, karena meminum banyak cairan akan membuat kulit kepala kering menjadi lembap, yang selanjutnya membuat kelenjar minyak tidak memproduksi minyak berlebihan.

7. Gunakan Magnesium Sulfida atau garam epsom

7. Gunakan Magnesium Sulfida atau garam epsom
Shayandcompany.com

Magnesium sulfida, atau dikenal sebagai Garam Epsom, dapat menghilangkan racun dan minyak berlebih dari kulit kepala dan mengurangi jumlah minyak di rambut.

Dianjurkan untuk mencampurkan empat sendok teh garam epsom ke dalam setengah cangkir shampo dan, jika digunakan secara teratur, kandungan magnesium sulfida akan membantu mengatur produksi minyak.

8. Oleskan bedak tabur ke rambut

8. Oleskan bedak tabur ke rambut
Freepik/Ropisme

Cara ini mungkin sudah familiar dikalangan remaja dan orang dewasa. Jika remaja harus pergi terburu-buru, ada beberapa solusi 'perbaikan cepat' untuk mengendalikan rambut berminyak.

Menaburkan bedak tabur ke rambut dan menyisirnya untuk mencegah kusut, dapat membantu memberikan rambut yang lebih bervolume karena bedak akan menyerap sebagian minyak di rambut. Namun pilih bedak tabur yang translucent atau bedak bayi agar rambut tetap mudah diatur.

9. Gunakan pembilas alami

9. Gunakan pembilas alami
Freepik/Azerbaijan-stockers

Solusi 'perbaikan cepat' lainnya termasuk membilas rambut dengan air lemon, cuka, teh hitam,dan bahkan alkohol ke rambut, namun hindari bagian kulit kepala. Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan satu bagian bahan alami saja yang remaja bisa putuskan, dan campur dengan 1:4 air. Cara ini dapat membantu mengatasi rambut yang berminyak.

10. Mengubah pola makan dan mengonsumsi makanan yang sehat

10. Mengubah pola makan mengonsumsi makanan sehat
Freepik

Umumnya remaja sulit mengonsumsi makanan sehat, namun mengonsumsi makanan sehat penting bagi remaja yang mengalami permasalahan rambut, seperti rambut berminyak, rambut kering, atau hanya rambut yang tidak sehat dan kusut.

Ubah pola makan anak dan berikan asupan yang mengandung banyak protein, buah dan sayuran segar. Sambil membatasi jumlah produk susu dan camilan manis, cara ini akan meningkatkan tampilan rambut remaja.

Vitamin E juga merupakan vitamin penting dalam menjaga rambut tetap sehat dan berkilau, jadi dengan memasukkan makanan kaya Vitamin E ke dalam makanan harian remaja mama, seperti nasi merah dan kacang-kacangan, akan membantunya mendapatkan rambut indah berkilau

Nah itu dia, 10 cara untuk mengatasi rambut berminyak pada remaja. Ingat, bahwa pubertas tidak berlangsung selamanya dan hanya beberapa waktu yang dilalui oleh remaja. Sehingga bertambahnya usia anak dapat mengatasi permasalahan ini, serta anak juga semakin memahami bagaimana cara menjaga kesehatan dan kebersihan rambutnya.

Semoga informasinya bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.