Coba Yuk, Ma! Ini 5 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak

Segera atasi agar anak tak merasa terganggu, Ma

1 November 2020

Coba Yuk, Ma Ini 5 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut Anak
Freepik

Ada banyak permasalahan rambut yang bisa dihadapi oleh semua orang, salah satu permasalahan yang membuat jengkel dan tak nyaman adalah adanya kutu rambut.

Kutu rambut terjadi tak hanya pada orang dewasa saja, Ma, anak-anak juga sering kali menjadi sasaran kutu rambut. Hal ini terjadi karena kebersihan diri yang kurang dijaga.

Meski rambut anak terlihat bersih dan sering dicucui, bukan berarti rambutnya terbebas dari kutu, Ma. Ini bisa jadi pula sasaran kutu untuk hinggap di rambutnya. Sehingga tak jarang, Mama merasa kaget jika menemukan kutu rambut pada rambut anak.

Walaupun tidak menyebabkan penyakit serius, tetapi kutu rambut membuat anak merasa tergganggu dan dapat dengan mudah menular ke kepala orang lain. Untuk itu permasalahan rambut satu ini harus segera ditangani.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum lima cara menghilangkan kutu rambut pada anak. Coba di rumah yuk, Ma!

1. Menyisir rambut saat masih basah

1. Menyisir rambut saat masih basah
Freepik/Bilanol

Cara pertama selain rutin membersihkan rambut dengan mencucinya, Mama juga bisa mengajak anak untuk menyisir rambutnya ketika masih basah. Sebab menyisir rambut saat masih basah dapat membantu  meluruhkan telur yang menempel pada helai rambut.

Jika telur kutus berhasil diluruhkan, maka ini bisa menjadi cara untuk memberhentikan perkembangan kutu pada rambut anak, Ma. Agar membersihkan kutu dan telurnya lebih maksimal, Mama bisa menggunakan sisir serit khusus kutu rambut.

Editors' Picks

2. Menggunakan minyak zaitun

2. Menggunakan minyak zaitun
Freepik

Jika usia anak sudah cukup remaja, Mama bisa meminta anak menggunakan minyak zaitun sebagai pembasmi kutu dan telurnya. Caranya pun cukup mudah, Ma.

Mintalah anak untuk mencuci rambutnya terlebih dahulu sampai bersih, setelah itu keringkan dengan handuk. Setelah sudah kering, Mama bisa mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepalanya dan berikan pijatan lembut.

Setelah itu, tutup seluruh bagian rambut dan kepala anak menggunakan shower cap. Untuk hasil yang maksimal, diamkan ini semalaman dan bilas di pagi hari menggunakan shampo hingga bersih dan tak terasa lengket lagi.

3. Menggunakan minyak kelapa

3. Menggunakan minyak kelapa
newyorktimes.com

Tak hanya minyak zaitun yang dipercaya mampu membasmi kutu dan telurnya, minyak kelapa juga bisa Mama gunakan untuk membantu membasmi kutu pada rambut anak.

Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang mampu untuk menghilangkan kutu di rambut, terlebih rambut anak yang cukup panjang. Tak hanya membasmi kutu saja, vitamin E dalam minyak kelapa juga mampu menyehatkan dan melembutkan rambutnya, Ma.

Cara yang bisa Mama terapkan pun cukup mirip dengan penggunaan minyak zaitu, pertama Mama bisa menghangatkan 2 sdm minyak kelapa atau sesuai dengan volume rambut anak, lalu bantu oleskan pada kulit kepalanya dan berikan pijatan lembut kurang lebih 10 menit.

Setelah itu tutup kepala anak dengan shower cap dan diamkan selama semalaman. Keesokan paginya, minta anak untuk segera membilas rambutnya menggunakan shampo sampai bersih dan tak terasa lengket lagi.

4. Menggunakan asam cuka

4. Menggunakan asam cuka
Pinterest.com/Revista Arisanato

Sifat asam dari cuka juga dikenal mampu menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat, Ma. Namun karena sifatnya yang asam, gunakan dengan hati-hati agar kulit kepalanya tidak iritasi.

Untuk mengurangi kadar keasaman pada cuka, Mama bisa mencampurkannya dengan sedikit air sebelum digunakan oleh anak. Tak hanya itu, Mama juga bisa mencampurkan minyak kelapa untuk pencampuran yang maksimal.

Setelah sudah tercampur, oleskan pada kulit kepala anak sebelum tidur dan tutup kepalanya dengan shower cap. Keesokan paginya, minta anak untuk membersihkan rambutnya menggunakan shampo hingga bersih.

5. Menggunakan buah lemon

5. Menggunakan buah lemon
edisoninst.com

Buah lemon yang kaya akan vitamin C biasanya digunakan sebagai masker wajah karena khasiatnya yang dapat mencerahkan kulit. Namun tahukah Mama, ternyata buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan asam yang tinggi seperti cuka asam.

Kandungan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu dan telurnya pada rambut anak dengan cepat dan lebih aman. Caranya pun mudah, Ma. Ambil 2 buah lemon yang sudah dipotong, kemudian peras airnya.

Lalu sediakan air sebanyak 100ml dan campurkan dengan perasan air lemon tadi. Setelah keduanya sudah tercampur, Mama bisa membantu meneteskan cair lemon tersebut pada kulit kepala anak dan pijat lembut kurang lebih 10 menit.

Diamkan selama sekitar 30 sampai 40 menit, baru ajak anak untuk membilas rambutnya dengan menggunakan shampo hingga bersih.

Nah, itu tadi lima cara menghilangkan kutu rambut pada anak yang bisa Mama lakukan di rumah untuk membasmi kutu rambut pada anak. Mama bisa mencobanya secara rutin sampai kutu di rambut anak sudah hilang. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.