7 Channel YouTube untuk Anak Belajar Pronunciation Bahasa Inggris

Belajar pronunciation atau pelafalan dapat membuat anak menjadi lebih fasih berbahasa Inggris

27 Juli 2021

7 Channel YouTube Anak Belajar Pronunciation Bahasa Inggris
Freepik/ArthurHidden

Bahasa Inggris menjadi bahasa universal yang digunakan hampir di setiap negara ketika bertemu dan berbicara dengan orang asing. Inilah mengapa yang membuat anak, sejak kecil sudah mempelajari bahasa Inggris, baik di rumah maupun di sekolah.

Tetapi belajar bahasa Inggris tak hanya seputar kosa kata saja, ada hal lain yang tak boleh anak lewatkan, yaitu pronunciation alias pelafalan.

Dengan pelafalan yang baik dan benar, membantu anak dalam menyampaikan pesan pada lawan bicara, dan lebih mudah memahami apa pesan tersebut.

Untuk membantu Mama dalam mengajari anak seputar pronunciation, kali ini Popmama.com akan membahas seputar tujuh channel YouTube yang bisa Mama sakskan bersama anak untuk menambah pengetahuannya seputar pronunciation bahasa Inggris.

Simak di bawah ini ya, Ma!

1. Clear English Corner with Keenyn Rhodes

Channel bernama Clear English Corner with Keenyn Rhodes adalah milik seorang perempuan bernama Keenyn Rhodes merupakan pelatih pengucapan dan percakapan bahasa Inggris.

Saluran YouTube-nya didedikasikan untuk membantu anak dalam berbicara bahasa Inggris-Amerika dengan jelas dan percaya diri.Ia juga akan memberi anak berbagai tips-tips yang menarik agar ia bisa lancar dan jelas melafalkan kata menggunakan aksen Amerika.

Selain melatih pelafalan, banyak video dari Rhodes yang membahas seputar melatih percakapan anak untuk sehari-hari. Materi yang disampaikan olehnya juga jelas dan tidak terburu-buru, sehingga membuat anak lebih mudah memahami pelafalan yang tepat 

2. English School Online

Jika anak tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris dengan aksen British, maka Mama bisa menunjukkan channel YouTube bernama English School Online.

Di sini anak akan belajar bersama Michael Roberts seorang pelatih pengucapan bahasa Inggris, yang membantu anak untuk mempelajari pengucapan bahasa Inggris dengan British Accent Method.

Metode tersebut membantu anak untuk meningkatkan aksen British dengan cepat dan terhindar dari kesalahan, serta membuat pengucapan bahasa Inggris menjadi sederhana.

Dalam salurannya anak akan melihat penggunaan bahasa Inggris secara lengkap dan beragam, misalnya anak akan menemukan pembahasan bagaimana cara mengucapkan here, hour, either dalam aksen British yang jelas dan tepat.

Editors' Picks

3. ETJ English

Channel YouTube selanjutnya yang dapat mengajari anak pronunciation bahasa Inggris adalah ETJ English. Sama seperti sebelumnya, channel yang satu ini juga cocok bagi anak yang ingin mendalami bahasa Inggris dengan aksen British.

Pemilik channel ini adalah Elliott Giles eorang pelatih pengucapan online/pelatih aksen. Ia dapat membantu anak untuk berbicara bahasa Inggris dengan jelas dan percaya diri dengan RP British Accent yang modern, sehingga dapat digunakan sehari-hari.

Giles akan mengajarkan anak dari fonetik hingga ucapan dan intonasi yang terhubung, dengan beberapa ekspresi baru dalam bahasa Inggris-British. Tak hanya mempelajari pronunciation dalam bahasa Inggris, Giles juga akan memberikan tips dan motivasi untuk terus semangat belajar bahasa Inggris.

4. mmmEnglish

Channel selanjutnya adalah mmmEnglish yang dipandu oleh Emma, seorang pelatih kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris. 

Sesuai dengan keahliannya, Emma akan membantu para siswa di seluruh dunia untuk membangun kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk berbicara bahasa Inggris dengan mudah.

Dalam saluran ini, anak akan menemukan lebih dari 200 pelajaran bahasa Inggris yang akan membantunya membangun kosakata, mengembangkan pengucapan yang lebih alami, meningkatkan akurasi tata bahasa, melatih keterampilan bahasa fungsional, dan mencapai kelancaran percakapan.

5. Pronunciation with Emma

Pronunciation with Emma adalah sebuah channel YouTube yang membahas seputar pelafalan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan aksen British yang dipandu oleh Emma Walker yang telah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun.

Emma telah menyiapkan berbagai video pembahasan yang paling dasar, seperti cara mengucapkan alfabet, huruf vokal, huruf konsonan, pelafalan, dan sebagainya. Sehingga cocok untuk diperlajari oleh anak yang baru saja memulai belajar bahasa Inggris, khususnya aksen British.

6. Shaw English Online

Selanjutnya adalah Shaw English Online. Channel ini dimiliki oleh Robin Shaw yang merupakan guru bahasa Inggris selama 20 tahun.

Di saluran YouTube ini, ada ratusan video bahasa Inggris gratis yang membantu anak dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, mulai dari mempelajari percakapan bahasa Inggris, pengucapan, dan kosa kata. 

Setiap minggunya, anak juga akan melihat tiga video dengan materi baru yang menarik dan juga informatif.

7. Tarle Speech & Language Services – English Pronunciation

Pada channel ini anak akan dipandu oleh Jennifer Tarle dari Tarle Speech and Language untuk melalui pelajaran pengucapan bahasa Inggris cepat dengan tips agar anak terdengar lebih jelas dalam waktu singkat.

Dengan menyaksikan beberapa videonya, anak dapat meningkatkan aksennya dalam berbahasa Inggris-Amerika, dan berbicara dengan jelas dengan pelajaran pengucapan bahasa Inggris.

Anak akan menemukan berbagai macam video yang menjelaskan cara pelafalan bahasa Inggris yang hampir mirip-mirip seperti Mass, Mask, dan Mosque, sehingga anak akan mengerti bagaimana cara mengucapkannya dengan berbeda dan jelas.

Itulah tujuh channel YouTube yang dapat mengajarkan anak pronuncation dalam bahasa Inggris. Jika dilakukan secara rutin, anak bisa meningkatkan kemampuannya dan tentunya menjadi lebih percaya diri dalam melakukan percakapan bahasa Inggris.

Selamat belajar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.